Bolaindonesia

Dua Bek Kena Kartu Merah, Ini Prediksi Susunan Pemain PSM Makassar vs Kuala Lumpur City FC

Prediksi pemain yang akan diandalkan PSM Makassar lawan Kuala Lumpur City.

Husna Rahmayunita

Para pemain PSM Makassar melakukan selebrasi. [psmmakassar.co.id]
Para pemain PSM Makassar melakukan selebrasi. [psmmakassar.co.id]

Bolatimes.com - PSM Makassar sudah dipastikan akan menghadapi Kuala Lumpur City FC di partai final Piala AFC 2022 Zona ASEAN.

Kuala Lumpur City FC sendiri memastikan diri lolos ke final zona ASEAN usai mengalahkan wakil Vietnam, Viettel FC, lewat babak adu penalti.

Duel yang berlangsung di Stadion Thong Nhat, Ho, Chi Minh City, Vietnam, Rabu (10/8/2022), itu berlangsung imbang 0-0 hingga harus ke babak adu penalti.

Kuala Lumpur City FC akhirnya berhasil mengalahkan Viettel dengan skor 6-5. Mereka akan bertemu dengan PSM yang sudah memastikan diri lolos ke final lebih dulu.

PSM mengalahkan wakil Malaysia, Kedah Darul Aman FC 2-1 pada babak semifinal di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (9/8/2022) malam. Kemenangan untuk satu-satunya wakil Indonesia di Piala AFC itu tercipta berkat gol dari Yakob Sayuri pada menit 31 dan gol Yuran Fernandes pada menit 54.

Kelolosan PSM ke final Piala AFC 2022 Zona ASEAN ini sayangnya harus dibayar mahal dengan dua pemain yang mendapat kartu merah.

Yuran dan Mannan pun berpotensi tidak bisa bermain di laga final yang dijadwalkan berlangsung pada 24 Agustus 2022 mendatang.

Hal ini dikarenakan regulasi yang ada di Piala AFC 2022. Disebutkan dalam Pasal 62.1.4, pemutihan kartu hanya berlaku untuk kartu kuning.

"Setiap pemain yang berpartisipasi atau ofisial yang berpartisipasi yang menyelesaikan final Zona dengan hanya menerima satu (1) peringatan tidak akan membawa peringatan tersebut ke Final Zona," bunyi peraturan AFC tersebut.

Ini artinya hanya pemain-pemain yang mendapatkan 1 kartu kuning saja yang akan mendapatkan pemutihan kartu di laga final Piala AFC 2022 Zona ASEAN nanti.

Setidaknya ada 3 pemain PSM Makassar yang mendapat kartu kuning di laga semifinal kemarin, di antaranya Wiljan Pluim, M. Arfan, dan kiper Arya Pratama.

Nah, tidak hadirnya Yuran dan Mannan menjadi kerugian besar buat PSM karena kedua pemain ini sudah menjadi andalan di Liga 1 dan Piala AFC.

Meski begitu, Bernando Tavares harus tetap memutar otak untuk bisa menurunkan skuad terbaik melawan Kuala Lumpur nanti.

Menilik pertemuan pertama, Tavares memasang skema 5 bek dalam formasi 5-3-2. Hal ini berbeda dengan dua laga Piala AFC lainnya di mana Tavares menerapkan formasi 3-5-2 dan 3-4-1-2.

Untuk mengatasi absennya dua pemain di lini belakang, PSM bisa menerapkan formasi 4-3-1-2. Tavares bisa memasang duet Erwin Gutawa dan Dallen Doke di lini belakang.

Untuk dua bek sayap, bisa dipasang Rizky Eka Pratama dan Yance Sayuri. Sementara di lini tengah, bisa dipasang Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, dan Rasyid Bakri.

Untuk lini depan, Muhammad Arfan bisa menjadi playmaker di belakang dua penyerang yaitu Everton Nascimento dan Wiljan Pluim. 

Prediksi Formasi PSM vs Kuala Lumpur City FC.

Formasi: 4-3-1-2

Kiper: R. Arya Pratama

Bek: Erwin Gutawa, Dallen Doke, Rizky Eka Pratama, Yance Sayuri

Tengah: Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, Rasyid Bakri

Depan: Muhammad Arfan, Wiljan Pluim, Everton

Berita Terkait

Berita Terkini