Bolaindonesia

Bima Sakti Ungkap Rahasia di Balik Tendangan Bebas Ciamik Riski Afrisal

Selain Riski Afrisal, Timnas Indonesia U-16 masih punya dua eksekutor lagi

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto

Winger Timnas Indonesia U-16, Riski Afrisal, dalam pertandingan melawan Myanmar. (Dok. PSSI)
Winger Timnas Indonesia U-16, Riski Afrisal, dalam pertandingan melawan Myanmar. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengungkap rahasia di balik tendangan bebas ciamik Riski Afrisal ke gawang Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022). Semua itu, berkat latihan 'set piece'.

Timnas Indonesia U-16 berhasil melaju ke final Piala AFF U-16 2022. Skuad Garuda Asia menang via adu penalti setelah imbang 1-1 di babak normal.

Awalnya anak asuh Bima Sakti kecolongan gol lebih dulu lewat sepakan Nay Min Htet memanfaatkan antisipasi Andrika Fathir Rachman yang kurang sempurna jelang berakhirnya babak pertama.

Timnas Indonesia U-16 yang tertinggal terus menggempur pertahanan Myanmar U-16 yang sangat rapat. Nyaris frustasi, akhirnya gol yang ditunggu-tunggu tiba juga lewat tendangan bebas apik Riski Afrisal pada menit ke-69.

Menariknya gol tendangan bebas ini merupakan gol pertama timnas Indonesia U-16 yang lahir dari bola mati sepanjang Piala AFF U-16 2022.

Bima Sakti kemudian mengungkapkan bahwa Afrisal memang disiapkan unruk mengambil tendangan penalti. Ada dua pemain lain yang sudah melakukan latihan tendangan bebas sejak awal turnamen.

"Kami sudah lakukan latihan (set piece) sejak awal. Antara Kafiatur, Afrisal, kemudian Kaka bisa mengambil posisi tendangan bebas," ucap Bima Sakti saat ditemui di Stadion Maguwoharjo pada Kamis (11/8/2022).

Tentunya skema bola mati ini bisa menjadi andalan timnas Indonesia U-16 untuk menghadapi Vietnam U-16 di laga final. Jika serangan buntu, maka Garuda Asia bisa saja mengejutkan anak asuh Nguyen Quoc Tuan lewat skema bola mati yang sudah dipersiapkan.

Adapun pertandingan Piala AFF U-16 2022 antara timnas Indonesia U-16 vs Vietnam U-16 bakal digelar pada Jumat (12/8/2022) di Stadion Maguwoharjo pukul 20.00 WIB.

Berita Terkait

Berita Terkini