Bolaindonesia

4 Pelatih Asing Bisa Jadi Opsi Pengganti Robert Alberts, Ada Eks Persib Bandung

Kandidat pengganti Robert Alberts.

Husna Rahmayunita

Pelatih PSIM Yogyakarta, Vladimir Vujovic, saat memberi keterangan pers menjelang pertandingan kontra Mitra Kukar, Selasa (25/6/2019). (Dok. Media Offiver PSIM).
Pelatih PSIM Yogyakarta, Vladimir Vujovic, saat memberi keterangan pers menjelang pertandingan kontra Mitra Kukar, Selasa (25/6/2019). (Dok. Media Offiver PSIM).

Bolatimes.com - Kabar mengejutkan datang dari Liga 1 musim 2022/2023, di mana Persib Bandung berpisah dengan sang pelatih, Robert Alberts. Sederet pelatih asing digadang-gadang bisa menggantikan posis Robert Alberts.

Perpisahan juru taktik asal Belanda itu diketahui dari laman resmi klub, usai pelatih asal Belanda itu memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih.

Robert Alberts memutuskan angkat kaki setelah hasil minor yang diraih Persib dalam tiga laga awal Liga 1 musim 2022/2023 ini.

Dalam tiga pertandingan awal itu, Persib hanya mampu sekali imbang dan dua kali kalah, sehingga harus puas duduk di peringkat ke-17 klasemen sementara Liga 1.

Atas hasil minor itu, desakan agar eks pelatih PSM Makassar itu mundur pun bergema, terutama dari para pendukung Persib, yang berujung mundurnya Robert Alberts.

Kini untuk sementara, Persib menunjuk Budiman selaku asisten pelatih untuk menjadi pelatih interim di lanjutan Liga 1.

Budiman akan mengawali kiprahnya sebagai pelatih interim saat Persib menghadapi PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (13/8).

Meski punya pelatih interim, Persib juga tengah mencari pelatih baru yang cocok untuk memimpin tim hingga Liga 1 musim ini usai.

Sederet nama pun muncul ke permukaan, di mana pelatih asing disebut-sebut akan ditunjuk untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Robert Alberts.

Kira-kira, siapa saja pelatih asing yang bisa dilirik oleh Persib?

1. Paul Munster

Pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster dalam jumpa pers usai pertandingan melawan Bali United di Stadion Patriot, Bekasi, Jumat (13/9/2019). (Dok. Bhayangkara FC)
Pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster dalam jumpa pers usai pertandingan melawan Bali United di Stadion Patriot, Bekasi, Jumat (13/9/2019). (Dok. Bhayangkara FC)

Nama Paul Munster tentu tak asing di telinga penikmat sepak bola Indonesia. Sebab, dirinya pernah menukangi Bhayangkara FC sejak 2019 hingga 2022.

Pria berkebangsaan Swedia ini merupakan salah satu pelatih asing yang masih muda, namun terbilang berprestasi.

Hal ini ditunjukkannya kala membesut Bhayangkara FC, di mana ia mampu membawa The Guardian selalu finis di lima besar Liga 1.

Pengalamannya menukangi Bhayangkara FC pun menjadi CV mentereng yang bisa dipertimbangkan Persib dalam mencari pelatih baru.

2. Mario Gomez

Nama Mario Gomez bukanlah nama asing bagi Persib dan para pendukungnya. Ia dulunya merupakan pelatih Maung Bandung di musim 2017/18.

Namun karena satu dua alasan, Mario Gomez kemudian dipecat oleh Persib. Kepergiannya sendiri banyak disesalkan oleh para pendukung Maung Bandung.

Ia mampu membawa Persib bersaing di papan atas, dan kemudian finis di peringkat ke-4 klasemen Liga 1 musim 2018.

Namanya kini kembali mencuat dan dijagokan para pendukung Persib, agar bisa menukangi tim kebanggaan ibu kota Jawa Barat tersebut.

3. Dragan Djukanovic

Pelatih PSIS Semarang Dragan Djukanovic (kanan). ANTARA/HO-MO PSIS Semarang/aa. (Handout Media Officer PSIS Semarang)
Pelatih PSIS Semarang Dragan Djukanovic (kanan). ANTARA/HO-MO PSIS Semarang/aa. (Handout Media Officer PSIS Semarang)

Dragan Djukanovic bisa menjadi salah satu opsi Persib, mengingat pengalamannya yang mumpuni kala melatih di Indonesia.

Diketahui, Dragan dulunya merupakan pelatih PSIS Semarang. Di bawah arahannya, Laskar Mahesa Jenar tampil cukup apik musim lalu.

Saat ini, Dragan sendiri tengah berstatus tanpa klub. Sehingga dirinya pun bisa saja direkrut Persib dengan mudah di tengah kompetisi saat ini.

4. Vladimir Vujovic

Vladimir Vujovic merupakan mantan penggawa Persib. Ia sempat berkarier bersama Maung Bandung sejak 2014 hingga 2017.

Kini di usia yang telah 40 tahun, Vujovic menekuni dunia kepelatihan, di mana saat ini dirinya tercatat menukangi tim Lebanon, Salam Zgharta.

Kiprahnya sebagai mantan pemain Persib dan pemahamannya sebagai pemain di Liga Indonesia, membuatnya masuk menjadi salah satu opsi yang dipertimbangkan Si Pangeran Biru sebagai pelatih.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini