Bolaindonesia

Hasil Piala AFF U-16 2022: Indonesia Permalukan Vietnam, Lolos ke Semifinal!

Sempat tertinggal, Timnas Indonesia U-16 mampu permalukan Vietnam dengan skor 2-1.

Irwan Febri Rialdi

Timnas Indonesia U-16 usai mengalahkan Vietnam. (Dok. PSSI)
Timnas Indonesia U-16 usai mengalahkan Vietnam. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Hasil Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 sukses mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1 laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022 yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/2022) malam WIB. 

Arkhan Kaka Putra dan Nabil Asyura menjadi pahlawan bagi skuad Garuda Asia --julukan Timnas Indonesia U-16 di laga ini.

Dengan tambahan tiga poin, Timnas Indonesia U-16 lolos ke semifinal sebagai pemuncak klasemen Grup A dengan torehan 9 poin dari tiga pertandingan.

Sementara Vietnam yang finis di posisi runner-up, masih menunggu hasil grup lain untuk memperebutkan status runner-up terbaik demi mengisi satu slot di semifinal Piala AFF U-16 2022.

Jalannya pertandingan

Duel Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam berlangsung sengit sejak bola digulirkan. Indonesia yang tampil penuh percaya diri melancarkan tekanan sejak awal laga.

Operan-operan pendek menjadi andalan tim asuhan Bima Sakti dalam upaya mereka membongkar pertahanan Vietnam.

Sementara Vietnam masih mencoba mencari celah di barisan pertahanan Garuda Asia. Sulit sekali bagi Vietnam masuk ke area penalti Timnas Indonesia U-16 di babak pertama ini.

Menggempur lawan bertubi-tubi, timnas Indonesia U-16 nampak kesulitan mencetak gol. Selain pertahanan Vietnam dijaga cukup ketat, penjaga gawang Phan Dinh Hai juga tampil impresif.

Segala upaya telah dicoba dari mulai bermain bola pendek, panjang, hingga tendangan jarak jauh dan tak satupun yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Lewat serangan balik cepat dari sisi kiri lapangan, Vietnam justru mendapat peluang terbaik di babak pertama ini. Wasit menunjuk titik penalti di menit 41 setelah pemain Vietnam dijatuhkan di kotak terlarang.

Nguyen Cong Phuong yang maju sebagai algojo dengan tenang berhasil menundukkan Andrika Fathir sekaligus menutup babak pertama dengan skor 0-1.

Di awal babak kedua, tekanan bertubi-tubi langsung dilancarkan Garuda Asia. Upaya anak-anak asuh Bima Sakti pun terbayar dalam waktu singkat.

Memasuki menit ke-51 Timnas Indonesia U-16 berhasil menyeimbangkan kedudukan. Berawal dari umpan silang, Arkhan Kaka Putra yang tidak terkawal dengan leluasa menanduk bola ke dalam gawang Vietnam.

Tidak berselang lama Indonesia berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1. Nabil Asyura mencetak gol indah.

Tidak puas dengan keunggulan satu gol, para penggawa Garuda Asia tak mengendurkan serangan.

Sementara Vietnam terus berupaya untuk menyeimbangkan papan skor. Di awal menit ke-80, Vietnam berhasil menjebol gawang Indonesia.

Namun gol tersebut dianggap tidak sah oleh wasit karena ketika Andrika menangkap bola, pemain Vietnam menabrak dari belakang dan menyebabkan pemain dan bola masuk ke dalam gawang.

Di menit akhir pertandingan Vietnam semakin intens menyerang. Namun hingga peluit panjang tanda berakhirnya laga dibunyikan, skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia tetap bertahan.

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-16 (4-3-3): Andrika Fathir; Rizdjar Subagja, Muhammad Iqbal Gwijangg, Habil Abdilla, Sulthan Zaky Pramana; Mokhammad Hanif Ramadhan, Muhammad Kafiatur Rizky, Narenra Tegas Islami; Muhammad Riski Afrisak, Arkhan Kaka, Muhammad Nabil Asyura.

Pelatih: Bima Sakti.

Vietnam (4-3-3): Phan Dinh Hai; Khuc Trung Hieu, Nguyen Cong Phuong, Nguyen Trong Tuan, Nguyen Huu Trong; Huynh Van Danh, Bui Hoang Son, Le Dinh Long Vu; Phan Thanh Duc Thien, Nguyen Luong Tuan Khai, Le Van Thuan.

Pelatih: Nguyen Quoc Tuan.

Berita Terkait

Berita Terkini