Bolaindonesia

Piala AFF U-16 2022: Nasib Thailand dan Australia Terancam, Indonesia Berpeluang Besar Lolos ke Semifinal

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam di laga penentuan untuk lolos ke semifinal pada Sabtu (6/8/2022).

Rauhanda Riyantama

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 Muhammad Nabil Asyura saat lawan Singapura di Piala AFF U-16 2022. (Instagram/@pssi)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 Muhammad Nabil Asyura saat lawan Singapura di Piala AFF U-16 2022. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 tengah berbunga-bunga di Piala AFF U-16 2022 ini, menyusul hasil buruk yang didapat para kompetitornya seperti Thailand dan Australia.

Gelaran Piala AFF U-16 2022 menghadirkan beragam kejutan dari pertandingan-pertandingan yang telah dijalani.

Salah satu kejutan datang dari dua kampiun terbanyak ajang ini, yakni Thailand dan Australia dari grup B dan grup C.

Dua tim yang punya rekam jejak bagus di ajang ini secara mengejutkan tengah terseok-seok dalam melakoni laga di fase grup.

Thailand yang berstatus tim kuat di Asia Tenggara, tengah terpuruk di posisi kedua grup B di belakang Timor Leste dengan perolehan poin yang sama dalam dua pertandingan.

Tim yang telah menjuarai ajang ini sebanyak 3 kali tersebut, baru mengumpulkan 4 poin dari dua laga usai menang 5-0 atas Brunei Darussalam dan bermain imbang 1-1 dengan Laos.

Meski punya poin yang sama dengan pemuncak klasemen grup B, Thailand harus tertahan di peringkat kedua karena kalah selisih gol dari Timor Leste yang seri 1-1 dengan Laos dan menang 10-0 atas Brunei Darussalam.

Hampir bernasib sama dengan Thailand, Australia yang telah menjuarai ajang ini sebanyak dua kali, malah terseok-seok di grup C usai menelan kekalahan 2-3 dari Myanmar.

Karena hasil ini, Australia harus puas duduk di peringkat ketiga grup C, di belakang Myanmar dan Malaysia selaku pemuncak klasemen.

Dengan catatan itu, Thailand dan Australia harus memenangkan laga tersisa demi lolos ke babak semifinal. Jika gagal, maka hal ini akan menguntungkan Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia U-16 Diuntungkan

Laju buruk yang diterima Thailand dan Australia di Piala AFF U-16 2022 sejauh ini bisa membuka jalan bagi Timnas Indonesia U-16 ke semifinal terbuka lebar.

Mudahnya, Thailand dan Australia harus memenangkan laga tersisa demi bisa merebut tiket ke semifinal.

Thailand harus mengalahkan Timor Leste di laga terakhir jika ingin lolos. Sedangkan Australia harus menang atas Kamboja dan Malaysia untuk lolos fase grup.

Mengingat hanya juara grup dan Runner Up grup terbaik yang bakal lolos ke semifinal, maka kondisi Thailand dan Australia ini bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia U-16 untuk lolos.

Jika Thailand gagal mengalahkan Timor Leste dan finis peringkat kedua, atau Australia hanya mampu finis di peringkat kedua, maka posisi Runner Up grup terbaik bisa direbut Timnas Indonesia U-16 andai kalah dari Vietnam di laga terakhir.

Andai pun Timnas Indonesia U-16 menang atas Vietnam dan Thailand serta Australia hanya finis di peringkat kedua, tim arahan Bima Sakti tetap diuntungkan.

Sebab, Thailand dan Australia berpotensi tersingkir di fase grup, sehingga akan membuka jalan bagi  Timnas Indonesia U-16 untuk menjuarai ajang ini.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini