Bolaindonesia

Profil Muhammad Nabil Asyura, Striker Timnas Indonesia U-16 yang Cetak Hattrick ke Gawang Singapura

Nabil Asyura tampil menggila dengan mencetak tiga gol ke gawang Singapura U-16

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 Muhammad Nabil Asyura saat lawan Singapura di Piala AFF U-16 2022. (Instagram/@pssi)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 Muhammad Nabil Asyura saat lawan Singapura di Piala AFF U-16 2022. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Striker timnas Indonesia U-16, Muhammad Nabil Asyura, sukses mencuri perhatian publik seusai mencatatkan hattrick ke gawang Singapura pada laga lanjutan Grup A Piala AFF U-16 2022.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (3/8/2022) itu, Nabil Asyura sukses menjadi pemain yang paling menonjol karena sukses menjaringkan tiga gol dan membawa timnas U-16 menang 9-0 atas Singapura.

Gol bagi Garuda Asia lainnya dicetak oleh brace Kafiatur Rizky. Kemudian Kemudian Hanif Ramadhan, Riski Afrisal, Waliy Marifad, dan I Komang Ananta Krisna masing-masing menyumbang satu gol.

Berhasil mencetak tiga gol dalam satu pertandingan, Nabil Asyura mengaku dirinya senang sekaligus terharu. Sebab, menurutnya tak mudah untuk mengalahkan Singapura U-16.

"Perasaan saya senang banget terus terharu rasanya," ucap Nabil Asyura seusai pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

"Pertandingan melawan Singapura, menurut saya cukup bagus Singapura. Mereka juga kompak, selalu semangat," imbuh pemain berusia 16 tahun ini.

Sebetulnya, ini bukan kali pertama bagi Nabil Asyura mencatatkan pertandingan bersama timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-16 2022.

Sebab, saat menghadapi Filipina pada laga perdana Grup A, Nabil sempat mendapat kesempatan bermain dari pelatih Bima Sakti meski menjadi pengganti.

Pada laga itu, Nabil juga sebetulnya berhasil mencatatkan sejumlah peluang. Sayangnya, belum ada satu pun yang sukses dikonversi menjadi gol.

Profil Muhammad Nabil Asyura

Muhammad Nabil Asyura merupakan pesepak bola muda berbakat yang berasal dari Sumatera Barat. Dia tercatat lahir di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Dari catatan yang dihimpun dari Transfermarkt, Nabil Asyura memiliki postur setinggi 176 cm. Dia sudah dibina secara intensif sejak bergabung dengan sekolah sepak bola (SSB) Arafah Payakumbuh.

Setelah itu, Nabil Asyura juga tercatat pernah berlatih bersama tim Gasliko Limapuluh Kota pada ajang Piala Soeratin di level Provinsi Sumatera Barat.

Sebelum bergabung ke timnas Indonesia U-16, Nabil sempat menjadi salah satu pemain yang memperkuat tim PSP Padang U-15. Di klub ini, ia sukses mengantarkan timnya merebut peringkat ketiga di ajang Piala Soeratin 2021/2022.

Pada kejuaraan level junior di bawah naungan PSSI tersebut, Nabil berhasil menyabet gelar sebagai pencetak gol terbanyak karena sukses menjaringkan sembilan gol untuk PSP Padang U-15.

Kiprah gemilangnya itu kemudian turut mengantarkan pemain berusia 16 tahun ini untuk bergabung ke Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) daerah.

Selebihnya, tak banyak informasi yang bisa diperoleh menyoal latar belakang Muhammad Nabil Asyura. Sebab, dia masih berusia muda dan belum banyak diulas oleh media.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini