Bolaindonesia

Viral Sosok Bang Udin, Tukang Bubur Difabel yang Raih Medali Emas di ASEAN Para Games 2022

Bang Udin raih emas cabor panahan di ASEAN Para Games 2022.

Rauhanda Riyantama

Kisah Bang Udin, tukang bubur yang dapatkan medali emas di ASEAN Para Games 2022. (Twitter/@drhaltekehalte)
Kisah Bang Udin, tukang bubur yang dapatkan medali emas di ASEAN Para Games 2022. (Twitter/@drhaltekehalte)

Bolatimes.com - Media sosial sedang digemparkan kabar tukang bubur difabel yang sabet emas di ASEAN Para Games 2022. Ia bernama Bang Udin yang dulunya berjualan di Sarinah, namun kini beralih jadi atlet panahan akibat kecelakaan yang membuat tangannya diamputasi.

Sosok Bang Udin menjadi viral di Twitter setelah diungkap oleh seorang warganet @cis*****ker, melalui sebuah thread. Awalnya, ia bercerita tentang seorang tukang bubur yang sudah lama tidak ditemuinya karena sudah pindah kantor.

Tukang bubur yang akrab disapa Bang Udin ini sudah lama berjualan di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat dan sering jadi langganan banyak orang. Setiap pagi, ia rupanya kerap menyantap bubur ayam Bang Udin yang terkenal lezat.

Tak berapa lama, Bang Udin mengalami kecelakaan yang membuat tangannya harus diamputasi. Tak patah arang, Bang Udin tetap berjualan bubur dengan ceria dan semangat.

"Dulu waktu kerja di Sarinah, tiap pagi makan bubur ayam Bang Udin, enak banget. Suatu hari Bang Udin kecelakaan dan kehilangan 1 tangan, tapi Bang Udin tetap ceria dan semangat." tulis akun @cis*****ker tersebut. 

Cisca pun mengungkap dirinya sudah tidak bertemu dengan tukang bubur langganannya tersebut karena sudah berpindah tugas ke kantor lain.

"Sejak gak di Sarinah, gak ketemu lagi. Tapi katanya udah gak jualan langsung, gerobaknya ada yang ngurusin," lanjutnya.

Lama tak berkabar dengan Bang Udin, tiba-tiba warganet ini mendapatkan informasi bahwa tukang bubur langganannya kini sudah menjadi atlet panahan. Bang Udin bahkan terlibat sebagai salah satu atlet di pagelaran ASEAN Para Games 2022.

Tak main-main, Bang Udin bahkan berhasil meraih medali emas dalam ASEAN Para Games yang digelar di Solo, Jawa Tengah sejak 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022 mendatang.

"Ternyata Bang Udin jadi atlet para-archery, dan barusan dapat kabar kalo Bang Udin aka Kholidin adalah salah satu penyumbang medali emas buat Indonesia di ASEAN Para Games 2022," ungkapnya dengan senang di Twitternya.

Sontak, thread warganet tersebut langsung mendapat beragam reaksi dari warganet. Hingga berita ini dipublikasikan, cuitan itu telah mendapatkan atensi warganet, yakni mendapatkan 3 ribu retweet dan 14 ribu tanda suka.

Banyak dari warganet yang juga merupakan pelanggan dari bubur Bang Udin ini. Beberapa dari mereka mengaku terharu dengan perjuangan Bang Udin yang membuatnya bisa mencapai prestasi tertinggi di pagelaran disabilitas terbesar di Asia Tenggara ini.

"Dulu sering banget beli sarapan bubur di sini (soalnya kalau yang depan Salero selalu penuh). Bang Udin orangnya friendly banget sih terus ngasih topping gak pelit dan kalau lagi gak ada kembalian, disuruh bayar nanti aja kalau udah ada uang pas. Seneng banget baca berita ini," cerita warganet.

"Merinding! Aku pecinta bubur bang Udin sewaktu kerja di APP. Keren banget ini," tulis warganet lainnya.

Kisah inspiratif Bang Udin ini pun banyak diapresiasi oleh warganet. Bahkan, beberapa media pun meliput perjuangan Bang Udin yang bernama asli Kholidin ini. Ia bahkan menjadi tim panahan andalan Indonesia.

Banyak dari mereka yang terinspirasi karena kemampuan Bang Udin yang luar biasa, meskipun memiliki keterbatasan. Sosok Bang Udin tentu menjadi inspirasi untuk tidak pernah berhenti berjuang.

"So proud of you Bang Udin, YOU ARE AN INSPIRATION! CONGRATSSSS," kata warganet memberikan selamat kepada Bang Udin.

(Kontributor: Dea Nabila)

Berita Terkait

Berita Terkini