Belum Pernah Bela Timnas, Dua Kiper Indonesia Ini Justru Laku di Luar Negeri

Salah satunya bahkan di Jepang

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 03 Agustus 2022 | 09:51 WIB
Ryu Nugraha, kiper asal Indonesia yang merumpul di Liga Jepang. (Instagram/ryuu0406)

Ryu Nugraha, kiper asal Indonesia yang merumpul di Liga Jepang. (Instagram/ryuu0406)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain asal Indonesia yang berkarier di luar negeri ternyata tak hanya pemain di posisi tengah atau depan saja, tetapi juga di sektor penjaga gawang.

Sebab, ada beberapa pesepak bola asal Indonesia utamanya yang posisi bermainnya sebagai kiper yang saat ini tengah meniti karier di luar negeri.

Memang, jumlah penjaga gawang asal Indonesia yang berkarier di luar negeri tak sebanyak posisi lainnya. Namun, tetap saja ini berdampak positif jika ada semakin banyak kiper asal Indonesia yang bermain abroad.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Curacao Sukses Tembus Liga Top Eropa, Satu Lagi di Manchester United

Meski demikian, dua pemain ini belum pernah membela Timnas Indonesia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan dua penjaga gawang asal Indonesia yang tengah meniti karier di luar negeri.

1. Nauval Diaz Nugroho Saputro

Baca Juga: Akhirnya, PT LIB Umumkan Kapan Liga 2 2022 Digelar

Saat ini, penjaga gawang Indonesia, Nauval Diaz Nugroho Saputro, tengah meniti kariernya di kompetisi sepak bola Timor Leste bersama Assalam FC.

Sebelumnya, dia sudah menjadi bagian dari skuad Assalam FC sejak 20 Januari 2021. Ketika itu, klub ini merekrut tiga pesepak bola asal Indonesia.

Selain Nauval Diaz, dua pemain lainnya yang saat itu juga merapat ialah Riki Nata Permana dan Romzie Naga Alfikri. Setelah itu, Nauval menjalani masa peminjaman bersama klub Liga 2, Hizbul Wathan FC.

Baca Juga: Prediksi Timnas Indonesia U-16 vs Singapura, Garuda Asia bakal Menang Mudah?

Akan tetapi, sepanjang penyelenggaraan kompetisi kasta kedua itu, Nauval tak mendapatkan satu pun kesempatan bermain hingga akhirnya kembali ke Assalam FC.

Kiprah Nauval Diaz masih akan berlangsung panjang mengingat saat ini pemain kelahiran 19 Juni 2003 itu masih berusia 19 tahun.

2. Ryu Nugraha

Baca Juga: Teja Paku Alam Berpeluang Tampil Lawan Borneo FC, Persib Bandung Auto Menang?

Selain Nauval Diaz, penjaga gawang asal Indonesia lainnya yang kini tercatat tengah berkarier di luar negeri ialah Ryu Nugraha. Ia bermain bersama klub Divisi 3 Jepang, Nagano Parceiro.

Meskipun demikian, sampai saat ini Ryu Nugraha belum pernah mendapatkan kesempatan bermain bersama Nagano Parceiro. Ia justru pernah dilepas dengan status pinjaman ke Fukui United, klub kasta kelima di Liga Jepang.

Di klub ini, Ryu berhasil mendapatkan 12 kali kesempatan bermain. Dari seluruh aksinya itu, ia mampu mencatat dua kali clean sheet dan 14 kalo kebobolan.

Saat kembali dari masa peminjaman itu, Ryu tetap saja belum mendapatkan kesempatan tampil bersama Nagano Parceiro.

Saat ini, perjalanan kariernya memang masih panjang. Sebab, Ryu Nugraha masih berusia 22 tahun. Tentu Ryu diharapkan terus mengasah kemampuannya selama berkarier di Liga Jepang.

Jika Ryu mulai mendapat kesempatan bermain secara reguler di Jepang, maka hal ini akan berdampak positif bagi stok penjaga gawang timnas Indonesia.

Nadeo Argawinata, Ernando Ari Sutaryadi, hingga Muhammad Riyandi akan mendapatkan kompetitor baru sehingga persaingan di bawah mistar gawang semakin ketat.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak