Bolaindonesia

Belum Pernah Bela Timnas, Dua Kiper Indonesia Ini Justru Laku di Luar Negeri

Salah satunya bahkan di Jepang

Irwan Febri Rialdi

Ryu Nugraha, kiper asal Indonesia yang merumpul di Liga Jepang. (Instagram/ryuu0406)
Ryu Nugraha, kiper asal Indonesia yang merumpul di Liga Jepang. (Instagram/ryuu0406)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain asal Indonesia yang berkarier di luar negeri ternyata tak hanya pemain di posisi tengah atau depan saja, tetapi juga di sektor penjaga gawang.

Sebab, ada beberapa pesepak bola asal Indonesia utamanya yang posisi bermainnya sebagai kiper yang saat ini tengah meniti karier di luar negeri.

Memang, jumlah penjaga gawang asal Indonesia yang berkarier di luar negeri tak sebanyak posisi lainnya. Namun, tetap saja ini berdampak positif jika ada semakin banyak kiper asal Indonesia yang bermain abroad.

Meski demikian, dua pemain ini belum pernah membela Timnas Indonesia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan dua penjaga gawang asal Indonesia yang tengah meniti karier di luar negeri.

1. Nauval Diaz Nugroho Saputro

Saat ini, penjaga gawang Indonesia, Nauval Diaz Nugroho Saputro, tengah meniti kariernya di kompetisi sepak bola Timor Leste bersama Assalam FC.

Sebelumnya, dia sudah menjadi bagian dari skuad Assalam FC sejak 20 Januari 2021. Ketika itu, klub ini merekrut tiga pesepak bola asal Indonesia.

Selain Nauval Diaz, dua pemain lainnya yang saat itu juga merapat ialah Riki Nata Permana dan Romzie Naga Alfikri. Setelah itu, Nauval menjalani masa peminjaman bersama klub Liga 2, Hizbul Wathan FC.

Akan tetapi, sepanjang penyelenggaraan kompetisi kasta kedua itu, Nauval tak mendapatkan satu pun kesempatan bermain hingga akhirnya kembali ke Assalam FC.

Kiprah Nauval Diaz masih akan berlangsung panjang mengingat saat ini pemain kelahiran 19 Juni 2003 itu masih berusia 19 tahun.

2. Ryu Nugraha

Selain Nauval Diaz, penjaga gawang asal Indonesia lainnya yang kini tercatat tengah berkarier di luar negeri ialah Ryu Nugraha. Ia bermain bersama klub Divisi 3 Jepang, Nagano Parceiro.

Meskipun demikian, sampai saat ini Ryu Nugraha belum pernah mendapatkan kesempatan bermain bersama Nagano Parceiro. Ia justru pernah dilepas dengan status pinjaman ke Fukui United, klub kasta kelima di Liga Jepang.

Di klub ini, Ryu berhasil mendapatkan 12 kali kesempatan bermain. Dari seluruh aksinya itu, ia mampu mencatat dua kali clean sheet dan 14 kalo kebobolan.

Saat kembali dari masa peminjaman itu, Ryu tetap saja belum mendapatkan kesempatan tampil bersama Nagano Parceiro.

Saat ini, perjalanan kariernya memang masih panjang. Sebab, Ryu Nugraha masih berusia 22 tahun. Tentu Ryu diharapkan terus mengasah kemampuannya selama berkarier di Liga Jepang.

Jika Ryu mulai mendapat kesempatan bermain secara reguler di Jepang, maka hal ini akan berdampak positif bagi stok penjaga gawang timnas Indonesia.

Nadeo Argawinata, Ernando Ari Sutaryadi, hingga Muhammad Riyandi akan mendapatkan kompetitor baru sehingga persaingan di bawah mistar gawang semakin ketat.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini