Boladunia

5 Pemain Timnas Curacao Sukses Tembus Liga Top Eropa, Satu Lagi di Manchester United

Pendudukannya sekitar 100 ribu saja, tapi Curacao punya pemain di liga top Eropa. Satu di Manchester United

Irwan Febri Rialdi

Pemain Manchester United, Tahith Chong. [@tahithchong / Instagram]
Pemain Manchester United, Tahith Chong. [@tahithchong / Instagram]

Bolatimes.com - Timnas Curacao bukan lawan sembarangan bagi Timnas Indonesia. Sebab, secara peringkat, negara bekas jajahan Belanda ada di atas Indonesia.

Ranking FIFA Curacao lebih baik dari timnas Indonesia yakni 84 berbanding 155 dunia, Curacao juga memiliki banyak pemain yang berkarier di liga top Eropa.

Meski cuma memiliki penduduk sekitar 100 ribu orang, beberapa penggawa timnas Curacao seperti Kenji Gorre, Kevin Felida, Jurien Gaari, Vurnon Anita dan Juninho Bacuna sukses menembus liga top Eropa.

Kenji Gorre yang saat ini bermain untuk klub Liga Portugal, Boavista, sempat berkarier di Inggris bersama Swansea City pada 2015 silam.

Sementara Kevin Felida, Jurien Gaari dan Vurnon Anita merupakan penggawa dari tim Eredivisie atau Liga Belanda, RKC Waalwijk.

Sedangkan Juninho Bacuna saat ini berkompetisi di Liga Inggris dengan memperkuat tim Championship, Birmingham City.

Winger belia Manchester United, Tahith Chong (foto: Sky Sports)
Winger belia Manchester United, Tahith Chong (foto: Sky Sports)

Di luar nama-nama itu, timnas Curacao sejatinya memiliki nama lain yang juga berkompetisi di liga top Eropa. Bahkan, pemain ini bermain di klub raksasa Liga Inggris, Manchester United.

Dia adalah Tahith Chong, winger muda Manchester United yang dalam beberapa musim terakhir, kerap menjalani masa peminjaman di tim-tim besar seperti Werder Bremen, Club Brugge dan Birmingham City.

Merujuk data Transfermarkt, Tahith Chong yang kini berusia 22 tahun, tercatat telah membela tim senior Manchester United sebanyak 16 kali di semua kompetisi dengan torehan dua assist.

Meski punya portofolio mentereng, Tahith Chong nyatanya belum pernah membela timnas Curacao. Pemain yang lahir di Ibu kota Curacao, Willemstad, lebih memilih peruntungan di Belanda.

Ya, kedua orang tua Tahith Chong berasal dari Curacao tetapi sang pemain memilih untuk memperkuat timnas Belanda. Sejauh ini, dua sudah bermain disemua kelompok umur Tim Oranje dari U-15, U-16, U-17, U-19, U-20, hingga U-21.

Namun sayangnya, kesempatan Tahith Chong untuk membela timnas senior Belanda belum juga terbuka. Hal itu membuat isu bahwa dirinya ingin mengganti kewarganegaraan menjadi Curacao menyeruak.

Melansir De Telegraf via UnitedFocus, Rabu (3/8/2022), Tahith Chong disebut pernah masuk ke dalam skuad bayangan timnas Curacao jelang tampil di ajang Gold Cup tahun lalu.

Namun, pada akhirnya nama Chong menghilang dari daftar resmi timnas Curacao dan hingga kini masih berstatus sebagai warga negara Belanda.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sebelumnya memastikan timnas Indonesia akan menghadapi Curacao dua kali pada laga persahabatan FIFA Matchday periode September mendatang.

Hal itu disampaikan Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Dia menyebut pihaknya hingga kini masih terus berkomunikasi dengan Curacao terkait laga tersebut.

"Dua pertandingan bulan September rencananya menghadapi Curacao," ujar Yunus Nusi di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (31/7/2022) sebagaimana dikutip dari Antara.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini