5 Pemain Timnas Curacao Sukses Tembus Liga Top Eropa, Satu Lagi di Manchester United

Pendudukannya sekitar 100 ribu saja, tapi Curacao punya pemain di liga top Eropa. Satu di Manchester United

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 03 Agustus 2022 | 09:40 WIB
Pemain Manchester United, Tahith Chong. [@tahithchong / Instagram]

Pemain Manchester United, Tahith Chong. [@tahithchong / Instagram]

Bolatimes.com - Timnas Curacao bukan lawan sembarangan bagi Timnas Indonesia. Sebab, secara peringkat, negara bekas jajahan Belanda ada di atas Indonesia.

Ranking FIFA Curacao lebih baik dari timnas Indonesia yakni 84 berbanding 155 dunia, Curacao juga memiliki banyak pemain yang berkarier di liga top Eropa.

Meski cuma memiliki penduduk sekitar 100 ribu orang, beberapa penggawa timnas Curacao seperti Kenji Gorre, Kevin Felida, Jurien Gaari, Vurnon Anita dan Juninho Bacuna sukses menembus liga top Eropa.

Baca Juga: Akhirnya, PT LIB Umumkan Kapan Liga 2 2022 Digelar

Kenji Gorre yang saat ini bermain untuk klub Liga Portugal, Boavista, sempat berkarier di Inggris bersama Swansea City pada 2015 silam.

Sementara Kevin Felida, Jurien Gaari dan Vurnon Anita merupakan penggawa dari tim Eredivisie atau Liga Belanda, RKC Waalwijk.

Sedangkan Juninho Bacuna saat ini berkompetisi di Liga Inggris dengan memperkuat tim Championship, Birmingham City.

Baca Juga: Prediksi Timnas Indonesia U-16 vs Singapura, Garuda Asia bakal Menang Mudah?

Winger belia Manchester United, Tahith Chong (foto: Sky Sports)
Winger belia Manchester United, Tahith Chong (foto: Sky Sports)

Di luar nama-nama itu, timnas Curacao sejatinya memiliki nama lain yang juga berkompetisi di liga top Eropa. Bahkan, pemain ini bermain di klub raksasa Liga Inggris, Manchester United.

Dia adalah Tahith Chong, winger muda Manchester United yang dalam beberapa musim terakhir, kerap menjalani masa peminjaman di tim-tim besar seperti Werder Bremen, Club Brugge dan Birmingham City.

Merujuk data Transfermarkt, Tahith Chong yang kini berusia 22 tahun, tercatat telah membela tim senior Manchester United sebanyak 16 kali di semua kompetisi dengan torehan dua assist.

Baca Juga: Teja Paku Alam Berpeluang Tampil Lawan Borneo FC, Persib Bandung Auto Menang?

Meski punya portofolio mentereng, Tahith Chong nyatanya belum pernah membela timnas Curacao. Pemain yang lahir di Ibu kota Curacao, Willemstad, lebih memilih peruntungan di Belanda.

Ya, kedua orang tua Tahith Chong berasal dari Curacao tetapi sang pemain memilih untuk memperkuat timnas Belanda. Sejauh ini, dua sudah bermain disemua kelompok umur Tim Oranje dari U-15, U-16, U-17, U-19, U-20, hingga U-21.

Namun sayangnya, kesempatan Tahith Chong untuk membela timnas senior Belanda belum juga terbuka. Hal itu membuat isu bahwa dirinya ingin mengganti kewarganegaraan menjadi Curacao menyeruak.

Baca Juga: Buntut Kericuhan di Yogyakarta, Satu Suporter PSS Sleman Meninggal Dunia

Melansir De Telegraf via UnitedFocus, Rabu (3/8/2022), Tahith Chong disebut pernah masuk ke dalam skuad bayangan timnas Curacao jelang tampil di ajang Cup tahun lalu.

Namun, pada akhirnya nama Chong menghilang dari daftar resmi timnas Curacao dan hingga kini masih berstatus sebagai warga negara Belanda.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sebelumnya memastikan timnas Indonesia akan menghadapi Curacao dua kali pada laga persahabatan FIFA Matchday periode September mendatang.

Hal itu disampaikan Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Dia menyebut pihaknya hingga kini masih terus berkomunikasi dengan Curacao terkait laga tersebut.

"Dua pertandingan bulan September rencananya menghadapi Curacao," ujar Yunus Nusi di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (31/7/2022) sebagaimana dikutip dari Antara.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak