Bolaindonesia

Dugaan Main Mata di Piala AFF U-19 2022, AFF Putuskan Vietnam dan Thailand Tak Lakukan Pelanggaran

AFF nyatakan Vietnam dan Thailand fairplay.

Husna Rahmayunita

Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)
Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) akhirnya merespons protes PSSI terkait laga Timnas Vietnam dan Thailand di Piala AFF U-19 2022. AFF menyatakan kedua tim tak melanggar aturan fairplay.

Diketahui, Vietnam dan Thailand sempat dicurigai sengaja bermain mata demi lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022, hingga membuat Timnas Indonesia U-19 tersingkir.

Sebelumnya, PSSI mengirimkan surat kepada AFF yang isinya mempertanyakan laga Timnas Vietnam kontra Thailand di Piala AFF U-19 2022.

Saat itu, PSSI menduga Vietnam dan Thailand tidak berniat memenangkan pertandingan terakhir mereka di Grup A ketika laga mereka imbang 1-1 pada 10 Juli 2022 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.  Hasil tersebut bertahan sampai tuntas yang membuat Indonesia gagal lolos ke semifinal.

Mengutip laman PSSi, Sabtu (20/7/2022), terbaru, AFF menegaskan tidak ada peraturan yang diabaikan dalam pertandingan Vietnam versus Thailand tersebut.

AFF menanggapi surat PSSI dengan menunjuk pihak ketiga yakni Sports Radar untuk melihat apakah ada tanda-tanda kecurangan dalam pertandingan tersebut.

Bukan cuma itu, AFF juga melibatkan pakar teknis untuk melihat dan mempelajari laporann dari pengawas serta perangkat pertandingan.

AFF pun meminta masukan dari Ketua Komite Hukum AFF yang juga Ketua Komite Disiplin AFC. Hasilnya, AFF tidak menemukan perbuatan melanggar regulasi termasuk pada 12 menit menjelang pertandingan berakhir.

Atasan putusan tersebut, PSSI mengapresiasi AFF dan menganggap persoalan tersebut sudah selesai.

"Kami berterima kasih kepada AFF karena sudah merespons surat resmi dari PSSI. Kini semua sudah jelas dan tidak ada masalah lagi," ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI sekaligus manajer timnas Indonesia Endri Erawan.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini