Bolaindonesia

6 Pesepak Bola Top Dunia yang Pernah Berkunjung ke Indonesia, Terbaru Ada Ronaldinho

Ronaldinho jadi sosok pesepak bola top yang kekinian mengunjungi Indonesia.

Rauhanda Riyantama

Ronaldinho bela Rans Nusantara FC di laga trofeo. (Instagram/rans.nusantara)
Ronaldinho bela Rans Nusantara FC di laga trofeo. (Instagram/rans.nusantara)

Bolatimes.com - Berikut enam pesepak bola top dunia yang pernah menginjakkan kakinya ke Indonesia, seiring hadirnya Ronaldinho ke Tanah Air.

Bukan rahasia lagi, animo besar masyarakat Indonesia terhadap sepak bola terkadang membuat beberapa pemain top dunia berkunjung dan menginjakkan kakinya ke Tanah Air.

Para pemain top dunia yang berkunjung ini tak sekadar melakukan laga persahabatan bersama tim atau negaranya, melainkan juga untuk menjalani serangkaian agenda ataupun berlibur.

Terbaru ada Ronaldinho yang datang ke Indonesia untuk memenuhi undangan salah satu klub Liga 1, RANS Nusantara FC.

RANS Nusantara FC mengundang Ronaldinho untuk Launching jersey tim musim depan dan juga melakoni laga amal.

Mantan pemain Barcelona dan Timnas Brasil itu pun terlihat senang dengan kunjungannya ke Indonesia dan mencoba berbagai hal baru yang belum pernah dirasakannya.

Kehadiran Ronaldinho ini pun membuat banyak masyarakat tertarik untuk menonton aksi peraih Ballon d’Or 2005 tersebut, terutama saat menjalani laga amal.

Ronaldinho bukanlah satu-satunya pemain top dunia yang pernah berkunjung ke Indonesia untuk menjalani agenda ataupun berlibur.

Ada beberapa pemain top lain sebelumnya yang juga pernah menginjakkan kakinya ke Indonesia. Siapa saja mereka?

1. Cristiano Ronaldo

Pemain terbaik dunia lima kali, Cristiano Ronaldo merupakan pesepak bola top dunia yang bisa dikatakan kerap berkunjung ke Indonesia.

Ia pertama kali tiba ke Indonesia pada 2006, saat tsunami menerjang Aceh. Kemudian ia datang kembali pada 2013 untuk mengikuti kegiatan menanam Mangrove di Bali.

2. Dani Alves

Dani Alves merupakan salah satu pilar kesuksesan Barcelona mendominasi sepak bola di Spanyol, Eropa dan dunia.

Pemain asal Brasil ini juga pernah kedapatan berkunjung ke Indonesia, yakni ke Bali untuk berlibur pada 2019 lalu bersama sang istri.

3. Michael Essien

Berbeda dengan mantan rekannya di Real Madrid, Cristiano Ronaldo, Michael Essien pernah berkunjung ke Indonesia untuk melanjutkan kariernya.

Mantan pemain Chelsea ini datang ke Indonesia pada 2017 usai direkrut oleh Persib Bandung, di mana ia menghabiskan satu musim penuh bersama Si Pangeran Biru.

4. Mesut Ozil

Belum lama ini, Mesut Ozil menjadi pemain top dunia yang mampir ke Indonesia. Ia berkunjung ke Tanah Air pada bulan Mei lalu.

Adapun kunjungan Ozil ke Indonesia dikarenakan tugasnya sebagai Brand Ambassador sebuah merek terkemuka dan juga mengadakan kegiatan sosial.

5. Radja Nainggolan

Mantan penggawa Inter Milan dan AS Roma, Radja Nainggolan juga merupakan pemain top dunia yang pernah berkunjung ke Indonesia.

Ia datang ke Indonesia pada 2013 untuk mengunjungi tanah leluhurnya, dan menjalani serangkaian kegiatan seperti masuk dalam sebuah acara televisi serta melakoni pertandingan persahabatan.

6. Chris Smalling

Keindahan alam Indonesia memang banyak membuat pesepak bola top dunia mau berkunjung ke Tanah Air. Tak hanya Dani Alves, Chris Smalling pun juga pernah berlibur di Nusantara.

Ia berlibur ke Indonesia pada 2016 silam, tepatnya di Bali. Nahasnya, liburan itu berujung petaka karena Smalling terluka akibat disengat ubur-ubur sehingga masuk rumah sakit.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini