Bolaindonesia

Profil Aidil Sharin, Pelatih Kedah FA yang Pernah Tolak Persija Jakarta

Aidil Sharin pernah menolak pinangan Persija tiga tahun silam.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Kedah FA, Aidil Sharin. (Instagram)
Pelatih Kedah FA, Aidil Sharin. (Instagram)

Bolatimes.com - Persija Jakarta sempat dikabarkan mengincar pelatih asal Singapura, Aidil Sharin Sahak, sekitar tiga tahun silam.

Aidil mendapat penawaran dari agen sebagai perantaranya. Namun, saat itu tawaran dari tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut ditolak oleh Aidil Sharin.

Penolakan Aidil saat itu beralasan karena masih terikat kontrak dengan klub asal Malaysia, Kedah FA. Aidil sendiri memang punya rekam jejak menarik.

Dia pernah membawa klub terdahulunya, Home United, menyingkirkan Persija di semifinal Piala AFC 2018 Zona ASEAN. Di tahun yang sama, dia membawa Home United hingga ke semifinal Inter Zona.

Lantas, siapa sebetulnya Aidil Sharin ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Aidil Sharin

Aidil Sharin Sahak merupakan sosok kelahiran Singapura pada 9 Juli 1977. Dia merupakan salah satu mantan pesepak bola yang aktif pada meido 2000an.

Dia memulai karier sebagai sepak bola bersama Tiong Bahru United, lalu pindah ke Home United pada 1997. Hanya satu musim, dia kembali pindah ke Tanjong Pagar.

Aidil pindah lagi ke Tanjong Pagar, lalu pindah lagi ke Home United hngga pada 2001 memutuskan hengkang ke Tampines Rovers.

Setelah dari Tampines Rovers, Aidil kembali ke Home United. Kali ini dia bertahan cukup lama yaitu selama 5 musim di Home United.

Pada 2007 Aidil kemudian memutuskan pindah ke Armed Forces FC lalu memilih gantung sepatu pada 2008. Setelah pensiun, dia tidak langsung terjun ke dunia kepelatihan.

Baru di tahun 2012 Aidil menjajal dirinya untuk menjadi asisten pelatih Home United. Setelah empat tahun, dia ditunjuk menjadi pelatih kepala pada 2016.

Bersama Home United, Aidil membawa timnya melaju hingga final Piala AFC Zona ASEAN. Total dia mendampingi Home United dalam 91 pertandingan dengan catatan 50 kali menang, 17 kali imbang, dan 24 kekalahan.

Aidil lantas ditunjuk sebagai pelatih Kedah FA pada Oktober 2018. Bersama Kedah, Aidil membawa timnya menjadi kampiun Malaysia FA Cup 2019.

Aidil Sharin lalu menjadi pelatih Singapura pertama yang bisa membawa tim non-Singapura ke Liga Champions Asia saat membawa Kedah ke playoff Liga Champions Asia 2020.

Sejauh ini Aidil sudah melakoni 92 pertandingan bersama Kedah FA, dengan catatan 49 kemenangan, 19 kali imbang, dan 24 kekalahan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini