Bolaindonesia

4 Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Belum Punya Klub

Berikut 4 pemain Timnas Indonesia U-19 yang belum memiliki klub.

Rauhanda Riyantama

Potret pemain Timnas Indonesia U-19 yang diperkuat tiga pemain keturunan, Kai Boham, Jim Croque dan Max Christoffel. (Instagram/tim.nasional)
Potret pemain Timnas Indonesia U-19 yang diperkuat tiga pemain keturunan, Kai Boham, Jim Croque dan Max Christoffel. (Instagram/tim.nasional)

Bolatimes.com - Berikut ini empat penggawa Timnas Indonesia U-19 yang ternyata tak berasal dari klub-klub profesional Tanah Air, alias tak memiliki klub.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 tengah menjalani pemusatan latihan (TC) bersama Shin Tae-yong guna menghadapi Piala AFF U-19.

Seperti yang diketahui, dalam waktu dekat Indonesia akan menggelar hajat kompetisi antar pemain U-19 negara-negara Asia Tenggara, atau Piala AFF U-19.

Perhelatan ini sendiri dijadwalkan akan digelar pada 2-15 Juli 2022 nanti dan bertempat di Bekasi dan Jakarta.

Bertindak sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-19 dan Shin Tae-yong jelas akan mematok target tinggi, yakni menjadi juara.

Target ini dipatok menyusul keberhasilan Timnas Indonesia U-19 arahan Indra Sjafri yang juga berhasil menjadi juara pada Piala AFF U-19 edisi 2013.

Karenanya, Shin Tae-yong selaku pelatih memanggil putra-putra terbaik bangsa. Total 30 pemain telah dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan (TC).

30 pemain tersebut mayoritas merupakan pemain-pemain muda yang dimiliki oleh klub-klub profesional Tanah Air.

Namun, ada beberapa pemain yang tergabung di dalamnya ternyata tak membela klub profesional apapun alias tak punya klub.

Setidaknya, ada empat penggawa Timnas Indonesia U-19 yang tak memiliki klub dan mendapat panggilan untuk memperkuat skuat Garuda Muda.

Siapa sajakah mereka?

1. Ahmad Rusaidi

Ahmad Rusaidi merupakan penggawa Timnas Indonesia U-19 yang tak berasal dari klub profesional di Tanah Air, namun mendapat panggilan dari Shin Tae-yong.

Diketahui,  pemain berusia 19 tahun ini merupakan penggawa tim Liga 3 atau tim amatir bernama Belitong FC, yang ternyata akademinya dipimpin oleh legenda Timnas Indonesia, Budi Sudarsono.

2. Faiz Maulana

Berbeda dengan Ahmad Rusaidi, Faiz Maulana benar-benar tak memiliki klub profesional. Tercatat, ia merupakan penyerang dari klub amatir bernama Bina Taruna.

Meski begitu, Faiz Maulana punya kiprah mentereng. Ia tercatat sebagai salah satu jebolan program Garuda Select pada tahun 2020 lalu.

3. Mikael Tata

Dari Indonesia Timur, ada nama Mikael Tata yang juga tak membela klub profesional. Ia sendiri merupakan penggawa dari klub amatir bernama Wanaal Bintuka.

Pemain yang berposisi sebagai bek ini boleh jadi membela klub amatir. Namun, ia punya rekam jejak sebagai salah satu jebolan akademi Persipura Jayapura.

4. Dimas Juliono

Dibanding tiga pemain di atas, Dimas Juliono menjadi penggawa Timnas Indonesia U-19 yang benar-benar tak memiliki klub.

Pemain yang berperan sebagai gelandang ini sendiri punya riwayat mentereng, di mana ia tercatat merupakan produk akademi Persib Bandung dan pernah terdaftar sebagai bagian dari skuat utama klub berjuluk Si Pangeran Biru tersebut.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini