Bolaindonesia

Piala Presiden 2022 Digelar Terlalu Malam, APPI Sebut Pemain Mengeluh: Baru Bisa Tidur Subuh

APPI mengakui bahwa banyak pemain yang mengeluh terkait jam tanding Piala Presiden 2022 yang terlalu malam.

Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha

Gelandang Arema FC, Gian Zola, dalam laga melawan Persikabo di Piala Presiden 2022. (Instagram/@aremafcofficial)
Gelandang Arema FC, Gian Zola, dalam laga melawan Persikabo di Piala Presiden 2022. (Instagram/@aremafcofficial)

Bolatimes.com - Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) mengungkapkan keluhan para pemain terkait jadwal Piala Presiden 2022 yang terlalu malam. Sebagaimana diketahui, pertandingan kedua digelar pukul 20.30 WIB.

Belakangan, waktu bertanding Piala Presiden 2022 yang sedang berlangsung memang tengah menjadi perbincangan.  Banyak yang merasa kick-off saat jam tersebut merugikan banyak hal, di antaranya kesehatan pemain serta tidak ideal bagi penonton terutama yang hadir ke stadion.

Karena hal tersebut sempat muncul gerakan boikot dari pencinta sepakbola Indonesia melalui sosial media kepada pemegang hak siar resmi Piala Presiden 2022. Mereka dianggap hanya mementingkan rating semata.

Merespons persoalan tersebut, CEO APPI, Hardika Aji mengakui bahwa memang ada laporan pemain yang mengeluh. Oleh sebab itu, ia mau ada kajian lebih jauh soal kapan waktu bermain yang tepat.

"Perlu kajian mendalam mengenai bahasan waktu pertandingan, terutama dari sisi kesehatan," ucap Aji, dikutip dari Instagram APPI.

"Tapi laporan pemain mereka mengeluhkan tanding jam terlampau larut karena baru bisa tidur saat subuh menjelang," terangnya.

Memang, selepas pertandingan pemain tidak bisa langsung istirahat. Mereka harus terlebih dahulu menjalani konferensi pers, perjalanan dari venue ke hotel, dan mandi yang tentu menyita banyak waktu.

Menurut Medical Officer APPI, dr. Maria Lestari, waktu laga yang terlalu malam berdampak pada performa pemain. Sebab, waktu tidur pemain berkurang karena mereka harus bangun pagi buat menjalani serangkaian agenda tim.

"Pertandingan malam memiliki pengaruh yang nyata pada kualitas tidur yang pada akhirnya akan mempengaruhi performa bermain," ucapnya.

Adapun selama fase grup, Piala Presiden 2022 berlangsung di empat kota. Yakni Solo, Bandung, Semarang, dan Samarinda.

Berita Terkait

Berita Terkini