Bolaindonesia

5 Alasan Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Perempatfinal Piala Asia 2023

Efek tangan dingin Shin Tae-yong, Timnas Indonesia diprediksi bisa lolos ke perempatfinal Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama

Timnas Indonesia menang atas Kuwait. (PSSI)
Timnas Indonesia menang atas Kuwait. (PSSI)

Bolatimes.com - Berikut deretan alasan mengapa Timnas Indonesia bisa berbicara banyak dan bahkan lolos ke babak perempatfinal Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia belum lama ini menorehkan prestasi dengan kembali tampil di Piala Asia untuk kelima kalinya sepanjang sejarah turnamen.

Timnas Indonesia berhasil kembali ke pentas Piala Asia usai menjadi Runner Up grup terbaik di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Tergabung bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal, skuat Garuda berhasil merebut satu dari 11 tiket tersisa dengan aksi heroik.

Usai menang 2-1 atas Kuwait di laga perdana, Timnas Indonesia sempat kalah 0-1 dari Yordania, sebelum memastikan diri lolos ke putaran final usai menang 7-0 atas Nepal.

Meski telah berhasil menembus Piala Asia 2023, masih ada rasa kekhawatiran berlebih bahwa Timnas Indonesia hanya akan menjadi bulan-bulanan di fase grup seperti empat edisi sebelumnya.

Sebagai informasi, di empat edisi sebelumnya Timnas Indonesia hanya mampu finis di peringkat ketiga dan keempat saja, tanpa pernah bisa lolos babak grup dan bermain di babak Knock Out.

Meski begitu, ada secercah harapan bahwa Timnas Indonesia bisa mencetak sejarah untuk lolos dari babak grup, atau bahkan bisa menembus babak perempatfinal.

Harapan ini lahir dari sederet alasan yang terangkum dalam lima poin berikut ini.

1. Tekad Shin Tae-yong

Shin Tae-yong tak ingin Timnas Indonesia hanya menjadi peserta saja di Piala Asia 2023. Meski berstatus terlemah karena peringkatnya yang rendah, ia ingin membawa skuat Garuda melangkah jauh.

Bahkan Shin Tae-yong berjanji ia dan anak asuhnya akan menunjukkan kekuatan Timnas Indonesia di ajang antarnegara terbesar se Asia tersebut.

2. Shin Tae-yong Tahu Cara ke Perempatfinal

Selama menukangi Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mampu membawa Timnas Indonesia minimal melangkah ke semifinal, yakni Piala AFF 2020 dan SEA Games 2021.

Meski levelnya berbeda dengan Piala Asia, tetap saja pengalaman membawa Timnas Indonesia ke babak semifinal dan bahkan final akan menjadi modal berharga di ajang empat tahunan tersebut.

3. Hadirnya Para Pemain Naturalisasi

Di Piala Asia 2023 nanti, Timnas Indonesia berpotensi dibela oleh para pemain keturunan yang bermain di Eropa dan tengah menjalani proses naturalisasi.

Para pemain naturalisasi ini pun tak main-main, yakni Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama yang mentas di level teratas kompetisi Eropa dan punya pengalaman segudang.

4. Shin Tae-yong Telah Mengenal Karakter Pemain Indonesia

Selama hampir dua tahun menukangi Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tentu mulai paham akan karakter anak asuhnya, baik itu kekurangan maupun kelemahannya.

Pemahaman akan karakter pemain ini akan membantu Shin Tae-yong dalam meramu taktik dan menerapkannya sehingga bisa berbicara banyak di Piala Asia 2023.

5. Penggawa Timnas Indonesia yang Makin Kuat

Sejak kedatangan Shin Tae-yong, para penggawa Timnas Indonesia pun mengalami perubahan terutama soal stamina dan cara bermain.

Kombinasi inipun membuat Timnas Indonesia makin solid dan makin kuat, sehingga akan memberi dampak ke skuat Garuda di Piala Asia 2023 mendatang.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini