Bolaindonesia

Profil Zanadin Fariz, Wonderkid Persis Solo yang Dipanggil ke Timnas Indonesia U-19

Zanadin Fariz mendapat panggilan ke Timnas Indonesia U-19 setelah permainan mengesankan bersama Persis Solo

Irwan Febri Rialdi

Wonderkid Persis Solo, Zanadin Fariz. (Dok. Persis)
Wonderkid Persis Solo, Zanadin Fariz. (Dok. Persis)

Bolatimes.com - Seusai menampilkan performa impresif bersama Persis Solo pada gelaran Piala Presiden 2022, pemain muda potensial, Zanadin Fariz, kini resmi dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia U-19.

Sebab, Zanadin Fariz menjadi salah satu nama pemain terbaru yang dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia U-19 jelang gelaran Piala AFF U-19 2022.

Zanadin Fariz menjadi salah satu nama yang muncul dalam daftar 30 nama pemain yang dirilis oleh PSSI baru-baru ini, Senin (20/6/2022).

Sebelumnya, Zanadin Fariz sempat mencuri perhatian dan menuai decak kagum lantaran performa impresifnya bersama Persis Solo pada laga pembuka Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan.

Pada duel yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (11/6/2022) itu, Zanadin Fariz menampilkan kemampuan yang luar biasa saat menggiring bola.

Bahkan, tiga pemain PSS sampai diganjar kartu kuning lantaran harus melakukan pelanggaran untuk menghentikan pergerakan pemain asal Persis Solo Youth tersebut.

Profil Zanadin Fariz

Zanadin Fariz merupakan salah satu pemain muda jebolan Persis Solo Youth yang mendapat kesempatan promosi ke tim senior Laskar Sambernyawa.

Sebagai informasi, pemain yang akrab disapa Ucil ini tercatat lahir di Bekasi, Jawa Barat, pada 31 Mei 2004. Awalnya, dia berlatih sepak bola bersama sekolah sepak bola (SSB) Kalpataru.

Setelah itu, Zanadin Fariz sempat menimba ilmu di Ragunan Soccer School. Bersama klub tersebut, Ucil terus mengikuti sejumlah kejuaraan level junior.

Mulai dari Piala Yon Zikon U-12 hingga Piala Seroja pada 2016. Lewat aksi impresifnya, Ucil sukses menyabet gelar sebagai Pemain Terbaik di dua kejuaraan tersebut.

Pada 2017, ia juga masih memperkuat Ragunan Soccer School saat tampil di ajang Liga Topskor U-13. Dari sana, bakatnya terus terasah dan dimatangkan.

Ucil sempat bergabung dengan tim junior Badak Lampung pada ajang Elite Pro Academy (EPA U-16 pada tahun 2019. Pada tahun yang sama, ia sempat dipanggil seleksi timnas Indonesia U-16.

Sayangnya, pada momen seleksi untuk skuad Piala AFF U-15 2019 itu, Ucil harus tersisih. Dia juga belum mendapat keberuntungan ketika mengikuti seleksi Garuda Select jilid ketiga.

Meskipun demikian, pemain yang kini berusia 18 tahun itu terus mengasah kemampuannya bersama Porkas Jaya di ajang Liga Topskor U-17.

Lewat penampilan debutnya bersama Persis Solo di ajang Piala Presiden 2022 itu, Zanadin Fariz diyakini bisa menjadi salah satu pemain yang bersinar.

Bahkan, dia juga layak mendapat kesempatan untuk tampil bersama timnas Indonesia di kelompok usia muda. Setidaknya, pandangan ini disampaikan oleh Jacksen F Tiago, pelatih Persis Solo.

“Zanadin bisa menjadi motivasi para pemain lain di youth dan pesepak bola muda. Saya harap, Zanadin bisa tetap menjadi dirinya sendiri,” kata Jacksen.

“Dia juga menjadi aset berharga buat Persis Solo. Bahkan, bisa menjadi andalan (timnas) Indonesia,” pelatih asal Brasil itu melanjutkan.

Kontributor: Muh Adif Setiawan 

Berita Terkait

Berita Terkini