Bolaindonesia

3 Negara yang Bisa Jadi Lawan Uji Coba Timnas Indonesia Sebelum ke Piala Asia 2023

Timnas Indonesia perlu lawan uji coba yang tangguh

Irwan Febri Rialdi

Son Heung-min saat berlaga di Piala Dunia 2018 (Benjamin Cremel/AFP)
Son Heung-min saat berlaga di Piala Dunia 2018 (Benjamin Cremel/AFP)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia masih punya cukup banyak waktu untuk mempersiapkan diri mentas di Piala Asia 2023. Terhitung masih ada waktu sekitar satu tahun.

Piala Asia 2023 atau edisi ke-18 ajang terbesar se-Asia ini bakal digelar pada 16 Juni tahun depan. Ajang ini bakal diikuti oleh 24 negara, termasuk Indonesia.

Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia 2023 usai menjadi salah satu runner-up terbaik di babak kualifikasi.

Ini menjadi kali pertama Timnas Indonesia mentas di Piala Asia sejak terakhir kali pada 2007. Saat itu Indonesia menjadi tuan rumah bersama Vietnam, Malaysia, Thailand.

Saat ini Timnas Indonesia menjadi peserta dengan ranking terendah di Piala Asia 2023. Dengan begini Saddil Ramdani dan kolega bakal mengisi pot 4.

Nah, dengan begitu tim-tim kuat sangat berpotensi menjadi lawan Timnas Indonesia di fase grup mendatang. Untuk mempersiapkan diri lebih baik, uji coba bisa menjadi salah satu caranya.

Merujuk pada kalender FIFA, hingga penyelenggaraan Piala Asia yang rencananya berlangsung pada 16 Juni, ada empat hingga lima kesempatan melakukan uji tanding internasional yakni pada 19-27 September, 20-28 Maret, dan pada pertengahan Juni sebelum pelaksanaan Piala Asia.

Kira-kira negara mana saja yang sebaiknya menjadi lawan uji tanding Timnas Indonesia dalam persiapan menuju Piala Asia tahun depan? Berikut ulasannya.

1. Korea Selatan

Dengan koneksi Korea Selatan yang dimiliki oleh Shin Tae-yong, Taeguk Warriors bisa menjadi salah satu negara kuat yang menjadi lawan uji coba Timnas Indonesia.

Korea Selatan kini menjadi salah satu kekuatan terbesar di Asia, mereka tidak pernah absen mentas di Piala Dunia sejak 1986.

2. Arab Saudi

Negara-negara dari Asia Barat juga berpotensi menjadi lawan Indonesia di Piala Asia nanti. Oleh karena itu Arab Saudi bisa menjadi lawan uji coba untuk mengukur kemampuan.

Indonesia bisa banyak belajar dari laga melawan negara Timur Tengah yang cenderung lebih mengandalkan kekuatan fisik.

3. Vietnam

Tidak jauh-jauh, negara tetangga di Asia Tenggara juga bisa menjadi lawan uji coba. Vietnam bisa dibilang menjadi negara Asia Tenggara paling kuat saat ini.

Mereka lolos ke Piala Asia setelah kualifikasi kedua menjadi bukti bahwa kemajuan sepak bola Negeri Paman Ho semakin melejit.

Kontributor: Aditia Rizki 

Berita Terkait

Berita Terkini