Bolaindonesia

Update Ranking FIFA Tertinggi di Asia Tenggara, Timnas Indonesia Masuk 5 Besar

Timnas Indonesia masih kalah dari Malaysia.

Husna Rahmayunita

Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Berikut ini ranking FIFA tertinggi yang dimiliki oleh negara-negara Asia Tenggara, di mana peringkat Timnas Indonesia melonjak drastis.

Perhelatan laga internasional yang melibatkan sederet negara telah usai seiring berakhirnya kalender internasional FIFA.

Nantinya, setiap negara akan kembali merumput di kalender internasional FIFA pada September 2022 mendatang.

Dalam kalender FIFA lalu, negara dari setiap benua melakoni beberapa laga internasional resmi FIFA. Sebagai contoh Eropa dengan UEFA Nations League, Asia dengan Kualifikasi Piala Asia, dan Afrika dengan Kualifikasi Piala Afrika.

Tak cukup sampai di situ, kalender internasional FIFA juga digunakan sebagai ajang untuk menggelar laga persahabatan maupun laga resmi lainnya sepert Play Off Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dengan banyaknya jadwal di kalender internasional FIFA ini, beberapa negara memanfaatkannya tak hanya untuk meraih posisi atau mendapat tiket lolos ke ajang yang diikuti.

Adapun, gelaran internasional yang telah berlangsung sebelumnya juga digunakan untuk mengatrol posisinya di ranking FIFA.

Beberapa negara Asia Tenggara yang notabene berada di ranking bawah FIFA pun mencoba menggunakan momen ini untuk menaikkan poin rankingnya.

Lantas, bagaimana ranking FIFA negara-negara Asia Tenggara? Kira-kira negara mana saja yang punya ranking FIFA tertinggi dari 10 negara ASEAN? Berikut daftarnya per 17 Juni 2022.

1. Vietnam

Timnas Vietnam U-23 lolos ke final Piala AFF U-23 2022. (Twitter/AFFPresse)
Timnas Vietnam U-23 lolos ke final Piala AFF U-23 2022. (Twitter/AFFPresse)

Vietnam masih bisa menyebut dirinya sebagai raja sepak bola Asia Tenggara saat ini. Hal ini tak lepas dari ranking FIFA tim berjuluk The Golden Star yang ada di peringkat ke-97.

Vietnam menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang berada di 100 besar ranking FIFA saat ini. Keberhasilan The Golden Star berada di posisi ini tak lepas dari kiprahnya di ajang-ajang internasional.

Anak asuh Park Hang-seo mampu meraih titel skala regional yakni di ASEAN, sekaligus bisa mengalahkan tim-tim besar Asia lainnya, terutama pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 beberapa waktu lalu.

2. Thailand

Selebrasi pemain Timnas Thailand di Piala AFF 2020. (dok.AFF Suzuki Cup)
Selebrasi pemain Timnas Thailand di Piala AFF 2020. (dok.AFF Suzuki Cup)

Posisi Thailand sebagai raja sepak bola Asia Tenggara boleh saja direbut oleh Vietnam. Namun, tim berjuluk Gajah Perang ini tak tertinggal jauh dari rivalnya itu, dengan duduk di peringkat ke-111 FIFA.

Sejak dahulu, Thailand menjadi raksasa sepak bola Asia Tenggara berkat kiprah menawannya di pentas internasional. Selain itu, sepak bola negara satu ini tergolong maju berkat kompetisi yang baik.

Karenanya, ranking FIFA Thailand ini tergolong tinggi, mengingat tim Gajah Perang bisa menggungguli tim seperti Uzbekistan dalam hal peringkat FIFA.

3. Filipina

Timnas Filipina U-23 di SEA Games 2021. (Dok. PFF)
Timnas Filipina U-23 di SEA Games 2021. (Dok. PFF)

Filipina pun menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang punya ranking cukup tinggi, yakni berada di peringkat ke-133.

Keberhasilan Filipina mencapai titik ini tak lepas dari kebijakan pemerintah untuk kemajuan sepak bolanya, salah satunya dengan memainkan pemain naturalisasi.

Tercatat, Filipina banyak punya pemain keturunan yang kemudian dinaturalisasi. Salah satunya adalah Neil Etheridge yang merupakan kiper berpengalaman di pentas Liga Inggris.

4. Malaysia

Timnas Malaysia kalahkan Filipina 2-0 di laga uji coba. (Twitter/FAM)
Timnas Malaysia kalahkan Filipina 2-0 di laga uji coba. (Twitter/FAM)

Tetangga Indonesia ini juga tengah berbenah untuk menjadi salah satu tim terbaik di Asia Tenggara. Saat ini, Malaysia berada di peringkat ke-147 FIFA.

Ranking FIFA Malaysia yang berada di atas Indonesia ini tak lepas dari keberhasilan mereka menembus Piala Asia 2023 dengan mengalahkan lawan-lawan kuat.

Karenanya, ranking Malaysia kemudian naik dan berhasil mengungguli negara-negara lain seperti Kuwait, Yaman, hingga Afghanistan.

5. Indonesia

Pemain Timnas Senior Indonesia. [ANTARA FOTO/M Agung Rajasa]
Pemain Timnas Senior Indonesia. [ANTARA FOTO/M Agung Rajasa]

Timnas Indonesia pun masuk dalam daftar lima negara Asia Tenggara dengan peringkat tertinggi di FIFA, usai posisinya naik ke peringkat ke-155.

Sebelum menduduki posisi ini, Indonesia berada di peringkat ke-175 tahun lalu. Dalam waktu singkat, skuat Garuda berhasil mengatrol posisinya hingga 20 peringkat.

Keberhasilan ini tak lepas dari kiprah Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong yang mampu meraih kemenangan atas lawan-lawan kuat seperti Kuwait, serta lawan-lawan yang secara peringkat berada di atas dan di bawahnya.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini