Bolaindonesia

Tak Cuma Penggembira, Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia Bisa Bersaing di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia bakal tampil di Piala Asia 2023. Shin Tae-yong yakin anak asuhnya bisa bersaing

Irwan Febri Rialdi

Tim sepak bola Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz
Tim sepak bola Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, optimis anak asuhnya bakal siap menghadapi Piala Asia 2023. Ia yakin skuat Garuda bakal semakin kuat di kejuaraan tersebut.

“Mental dan fisik pemain terus membaik. Para penggemar bisa melihat itu secara langsung. Kami pun akan kedatangan pemain naturalisasi yang membuat tim lebih kuat dari pada saat ini,” ujar Shin di Jakarta, Kamis.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menyadari Piala Asia 2023 tidak akan mudah bagi skuadnya karena kualitas lawan jauh lebih baik daripada saat kualifikasi.

Akan tetapi Shin tak pernah ragu dengan para pemainnya. Dia bahkan yakin, dengan menjalani latihan keras dan pertandingan-pertandingan uji coba, skuad “Garuda” dapat “sekelas” dengan tim-tim tangguh lain di Asia.

Apalagi, menurut pria berusia 52 tahun itu, PSSI dan pemerintah Indonesia sangat memerhatikan kebutuhan timnas dan tak pernah setengah-setengah dalam memberikan sokongan.

“PSSI, mulai dari ketua umum hingga staf membantu dan mendukung penuh timnas. Itu membuat timnas saat ini sangat berkembang ke arah yang positif,” tutur Shin.

Indonesia mengunci slot di Piala Asia 2023 lantaran berhasil merebut status sebagai salah satu dari lima peringkat kedua terbaik, dari enam grup yang ada di putaran ketiga kualifikasi.

Dengan demikian, Indonesia sudah mencatatkan lima kali penampilan di Piala Asia. Sebelumnya, skuad “Garuda” berkompetisi pada edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Nantinya, di Piala Asia 2023, timnas Indonesia kemungkinan besar dapat diperkuat para pemain naturalisasi seperti Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Jordi dan Sandy sebenarnya direncanakan bermain di Kualifikasi Piala Asia 2023, tetapi tak terjadi lantaran pewarganegaraan mereka belum tuntas.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini