Bolaindonesia

Timnas Indonesia Ungguli Malaysia dan Thailand di Klasemen Akhir Runner-up Terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia membuktikan diri lebih baik dari Malaysia dan Thailand di Kualifikasi Piala Asia 2023

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)
Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia sukses mengungguli sejumlah negara Asia Tenggara, termasuk Malaysia dan Thailand, pada klasemen akhir runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023.

Hasil itu diraih setelah timnas Indonesia mampu meraih kemenangan telak pada laga pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Nepal.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB itu, timnas Indonesia sukses menang dengan skor 7-0.

Hasil ini membawa timnas Indonesia mengunci peringkat kedua klasemen akhir Grup A dengan koleksi enam poin dari dua pertandingan.

Selain itu pula, posisi ini turut mengantarkan anak asuh Shin Tae-yong merebut satu tiket untuk tampil di putaran final Piala Asia 2023 via jalur runner-up terbaik.

Pasalnya, dengan hasil ini, timnas Indonesia sukses mengunci peringkat kedua klasemen akhir runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023.

Skuad Garuda hanya kalah dari Kirgistan yang berada di puncak dengan koleksi tujuh poin dari tiga pertandingannya di Grup F.

Hebatnya lagi, timnas Indonesia berhasil mengungguli para pesaingnya yang berasal dari Asia Tenggara di daftar klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Malaysia, misalnya, berada satu strip di bawah timnas Indonesia. Harimau Malaya memang meraih enam poin dari tiga laga. Namun, mereka kalah selisih gol.

Sebab, timnas Indonesia memiliki selisih gol +7, sedangkan timnas Malaysia hanya punya +4. Selain Malaysia, Thailand juga berada di bawah Indonesia.

Skuad Gajah Perang yang tergabung di Grup C sukses lolos ke putaran final Piala Asia 2023 via jalur runner-up terbaik. Mereka juga punya enam poin dari tiga laga, tapi selisih golnya hanya +3.

Sementara itu, satu tim lainnya yang sukses lolos via jalur runner-up terbaik ialah Hong Kong yang tergabung di Grup D. Mereka juga memiliki enam poin dari dua laga. 

Satu-satunya negara Asia Tenggara yang menjadi runner-up di Kualifikasi Piala Asia 2023 tetapi gagal lolos ialah Filipina. Sebab, The Azkals hanya mampu meraup empat poin dari tiga laga.

Dengan demikian, lima runner-up terbaik ini akan menemani enam juara grup Kualifikasi Piala Asia 2023 untuk tampil di putaran final

Keenam juara grup yang dimaksud ialah Yordania (Grup A), Palestina (Grup B), Uzbekistan (Grup C), India (Grup D), Bahrain (Grup E), dan Tajikistan (Grup F).

Klasemen Akhir Runner-up Terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023

1. Kirgizstan: 7 Poin (4 gol, satu kebobolan, selisih gol +3)

2. Indonesia: 6 Poin (9 gol, dua kebobolan, selisih gol +7)

3. Malaysia: 6 Poin (8 gol, 4 kebobolan, selisih gol +4)

4. Thailand: 6 Poin (5 gol, 2 kebobolan, selisih gol +3)

5. Hong Kong: 6 Poin (5 gol, 5 kebobolan, selisih gol 0)

6. Filipina: 4 Poin (1 gol, 4 kebobolan, selisih gol -3)

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini