Bolaindonesia

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Nepal, Shin Tae-yong Terapkan Formasi Berbeda

Timnas Indonesia akan melakoni laga penentuan lawan Nepal demi lolos ke Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama

Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Berikut prediksi susunan pemain yang akan digunakan Timnas Indonesia saat menjalani laga hidup mati melawan Nepal di laga pamungkas grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Laga pamungkas grup A babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 akan menjadi laga penentuan bagi Timnas Indonesia dalam usahanya tampil di Piala Asia 2023 tahun depan.

Di partai pamungkas ini, Timnas Indonesia akan bersua Nepal yang berstatus juru kunci grup A. di duel ini, skuat Garuda membutuhkan kemenangan atas lawannya itu.

Kemenangan menjadi harga mati bagi Timnas Indonesia agar bisa membuka asa meraih tiket ke Piala Asia 2023 melalui jalur lima Runner Up grup terbaik.

Di grup A saat ini, tiket ke Piala Asia 2023 dari jalur tersebut masih diperebutkan oleh Timnas Indonesia dan Kuwait.

Sehingga, tak hanya menang atas Nepal saja, Timnas Indonesia juga harus berharap Kuwait tergelincir dan tak menang atas Yordania di laga terakhir grup A.

Tak sampai di situ saja, jika skenario itu terjadi, Timnas Indonesia juga membutuhkan rival-rivalnya dari grup lain seperti Malaysia dan Filipina tergelincir di partai terakhir grup masing-masing.

Sebab, kedua rivalnya di Asia Tenggara itu unggul dalam ranking enam Runner Up grup saat ini dengan keunggulan selisih gol dan poin atas Timnas Indonesia.

Terlepas dari hasil grup lain, Timnas Indonesia harus terlebih dulu mengantongi kemenangan atas Nepal untuk membuka harapan meraih tiket ke Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia pun harus turun dengan komposisi terbaiknya saat ini dan bermain menyerang agar bisa meraih kemenangan dengan skor besar atas Nepal.

Namun, kekuatan Timnas Indonesia bisa saja tergerus dengan cederanya Pratama Arhan di partai kedua. Sehingga, Shin Tae-yong harus melakukan perombakan dan menggantinya dengan pemain yang ada.

Melihat skuat Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong diyakini tak akan melakukan banyak perubahan dalam Starting XI nya.

Untuk posisi Pratama Arhan yang bakal absen, nama Alfeandra Dewangga akan dipercaya oleh Shin Tae-yong. Lalu pos bek kanan akan ditempati Asnawi Mangkualam.

Dengan masuknya Alfeandra Dewangga dan Asnawi Mangkualam, maka ada kemungkinan Elkan Baggott tak bermain, karena Shin Tae-yong akan menerapkan pola empat bek sejajar.

Lalu, untuk bermain menyerang, Shin Tae-yong akan mengandalkan tiga pemain tengah dan tiga penyerang di laga kontra Nepal nanti.

Trio Persib Bandung, yakni Rachmat Irianto, Marc Klok dan Ricky Kambuaya diyakini akan dipercaya mengisi tiga slot di lini tengah.

Lalu, di lini serang nama Saddil Ramdani bakal kembali dipercaya bersama Stefano Lilipaly sebagai ujung tombak, dan Irfan Jaya sebagai winger kiri.

Beriku prediksi Starting Line Up Timnas Indonesia kontra Nepal nanti.

Timnas Indonesia (4-3-3)

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly, Irfan Jaya

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini