Punya Kecepatan, Ini 5 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Ancaman Kuwait

5 pemain Timnas Indonesia ini berpotensi jadi ancaman Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 08 Juni 2022 | 15:02 WIB
Aksi Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia hajar Laos 5-1 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Aksi Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia hajar Laos 5-1 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Berikut lima pemain Timnas Indonesia yang bisa menjadi ancaman Kuwait di laga pertama grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dalam hitungan jam, Timnas Indonesia akan beraksi untuk membuktikan diri mereka pantas lolos ke Piala Asia 2023 saat menghadapi Kuwait, Rabu (8/6) malam WIB.

Laga perdana skuat Garuda ini dianggap sebagai laga penentuan tentang bagaimana laju Timnas Indonesia di dua laga lanjutan.

Baca Juga: Menyentuh, Ini Alasan Robin van Persie Tolak Kerja Sama dengan Erik Ten Hag di Manchester United

Selain Yordania, Kuwait dianggap sebagai salah satu lawan berat di grup A yang bisa jadi batu sandungan Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2023.

Hal senada juga diamini oleh Kuwait melalui sang pelatih, Vitezslav Lavicka. Menurut pelatih berkebangsaan Republik Ceko ini, Timnas Indonesia juga bisa pengganjal mimpi tuan rumah lolos ke putaran final.

Bahkan, secara khusus Lavicka menyoroti keunggulan Timnas Indonesia, yakni berupa kecepatan yang dianggapnya bisa merepotkan Kuwait.

Baca Juga: Kuwait vs Timnas Indonesia: Mengenang Gol Tendangan Salto Widodo Cahyono Putro yang Spektakuler

Melihat ketakutan dari Lavicka itu, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia bisa mencoba menghadirkan mimpi buruk tersebut untuk Kuwait di lagan anti.

Shin Tae-yong bisa mengandalkan lima pemain berikut yang bakal menjadi ancaman khususnya bagi Lavicka dan Kuwait pada umumnya.

Kira-kira, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang dimaksud? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Belum Bisa Gabung, Jordi Amat Cs Semangati Timnas Indonesia Lawan Kuwait

1. Terens Puhiri

Pemain Timnas Indonesia, Terens Puhiri merayakan gol ke gawang Timor Leste, Minggu (30/1/2021). (PSSI, vidio.com)
Pemain Timnas Indonesia, Terens Puhiri merayakan gol ke gawang Timor Leste, Minggu (30/1/2021). (PSSI, vidio.com)

Berbicara soal kecepatan, nama Terens Puhiri tentu akan jadi nama pertama yang muncul di benak pendukung Timnas Indonesia.

Pemain berusia 25 tahun ini menancapkan namanya di kancah sepak bola berkat kecepatannya menyisir sisi lapangan dan insting mencetak gol yang baik.

Baca Juga: 3 Pelatih Asing yang Cocok Gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Senior

Andai Shin Tae-yong menerapkan serangan balik di laga kontra Kuwait nanti, Terens Puhiri akan menjadi andalan untuk mengancam pertahanan tuan rumah nanti.

2. Irfan Jaya

Timnas Indonesia tak pernah kehabisan winger yang tajam nan cepat. Selain Terens Puhiri, masih ada nama Irfan Jaya.

Irfan Jaya terbukti ampuh saat menempati posisi sayap. Selain itu ia juga terbilang tajam, jika menilik sepak terjangnya di Piala AFF 2020 lalu.

Hanya saja, pemain milik Bali United ini harus sedikit menurunkan egonya dan bermain lebih kolektif agar Timnas Indonesia bisa mendapatkan hasil dari skema serangan balik yang dilakukan.

3. Saddil Ramdani

Penyerang timnas Indonesia, Saddil Ramdani (kanan) coba melewati pemain Vietnam dalam matchday pertama Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5/2022) malam WIB. Indonesia kalah 0-3 di laga ini. [PSSI]
Penyerang timnas Indonesia, Saddil Ramdani (kanan) coba melewati pemain Vietnam dalam matchday pertama Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5/2022) malam WIB. Indonesia kalah 0-3 di laga ini. [PSSI]

Saddil Ramdani juga merupakan pemain yang punya kecepatan di Timnas Indonesia. Tak hanya cepat, pemain Sabah FC ini juga andal dalam mengolah bola.

Keunggulan Saddil ada pada kemampuannya dalam melakukan Dribbling atau menggiring bola. Kemampuan ini bisa menjadi ancaman bagi pertahanan Kuwait.

Dengan kemampuan itu, Saddil bisa merusak pertahanan Kuwait dengan mudah dan menarik lawan untuk membuka ruang bagi rekan-rekannya.

4. Witan Sulaeman

Berbeda dengan tiga nama sebelumnya, Witan Sulaeman memang tak tergolong pemain cepat. Tapi, ia merupakan pemain berbahaya, terutama di kotak 16.

Kemampuan Witan dalam melakukan Build Up permainan dan mengolah bola juga bisa menjadi ancaman bagi pertahanan Kuwait.

Selain itu, ia juga cerdas dalam mengeksplorasi ruang di garis pertahanan lawan. Sehingga kemampuan ini bisa membuat pertahanan Kuwait kocar-kacir.

5. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam dalam sesi latihan bersama Timnas Indonesia U-23 di Vietnam. (Dok. PSSI)
Asnawi Mangkualam dalam sesi latihan bersama Timnas Indonesia U-23 di Vietnam. (Dok. PSSI)

Bergeser ke belakang, Timnas Indonesia juga punya pemain yang cepat dalam diri Full Back mudanya, Asnawi Mangkualam.

Selain punya kecepatan, Asnawi juga merupakan tipikal pemain petarung. Ia tak segan berduel dengan lawan yang lebih besar darinya.

Selain itu, Asnawi juga kerap melakukan Overlapping yang bisa membahayakan pertahanan Kuwait dan kreativitas dalam menciptakan peluang untuk rekannya.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak