Bolaindonesia

Profil Stadion My Dinh, Arena Kebanggaan Masyarakat Vietnam yang Akrab dengan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia U-23 akan berjuang melawan Malaysia dalam perebutan perunggu di My Dinh

Irwan Febri Rialdi

Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam. (Dok. Antara)
Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam. (Dok. Antara)

Bolatimes.com - Stadion My Dinh, Hanoi, bakal menjadi saksi bisu perjuangan timnas Indonesia U-23 melawan Malaysia dalam perebutan medali perunggu cabor sepak bola putra SEA Games 2021.

Menurut jadwal, duel antara timnas Indonesia U-23 vs Malaysia itu bakal terselenggara di Stadion My Dinh, Hanoi, Minggu (22/5/2022) sore hari WIB.

Sebagai informasi, Stadion My Dinh merupakan stadion sepak bola terbesar kedua di Vietnam yang mampu menampung hingga 40 ribu penonton.

Stadion kebanggaan masyarakat Negeri Paman Ho ini memang dibangun pada tahun 2003 secara khusus untuk menjadi tuan rumah penyelenggara SEA Games 2004.

Itulah sebabnya, Stadion My Dinh terletak di jantung Vietnam’s National Sports Complex yang berlokasi di Ibu Kota Hanoi.

Saat pembangunannya, pemerintah Vietnam menunjuk empat calon kontraktor, yakni Hanoi International Group (HISG – China), Philipp Holzmann (Jerman), Bouygues (Prancis), dan Lemna-Keystone (Amerika Serikat).

Namun, proses tendernya sempat diselimuti kontroversi karena pelanggaran syarat teknis dan finansial yang dilakukan HISG dan Holzmann saat melakukan lelang.

Di tengah berbagai kontroversi itu, termasuk korupsi dan kurangnya transparansi dalam melakukan lelang, HSIG menjadi pemenang tendernya. Fase awal pembangunan stadion ini sudah dilakukan pada tahun 2003. 

Menariknya, 

Pada saat dibuka secara resmi pada 2 September 2003, Stadion Nam Dinh menggelar pertandingan persahabatan antara timnas Vietnam U-23 melawan klub Liga Super China, Shanghai Shenhua.

Menariknya, justru timnas Indonesia U-23 lah yang menjadi tim yang tampil pada pertandingan resmi pertama yang terselenggara di Stadion Nam Dinh.

Saat itu, Indonesia berjumpa Laos pada pertandingan pembuka babak penyisihan Grup A cabor sepak bola putra SEA Games 2003 yang berlangsung pada 30 November 2003.

Indonesia sebetulnya punya catatan yang apik ketika tampil di Stadion Nam Dinh. Pertama, skuad Merah Putih pernah menang 3-0 atas Vietnam pada ajang Piala Tiger 2004.

Satu-satunya kekalahan yang pernah dialami Indonesia terjadi pada tahun 2016, yakni ketika kalah 2-3 dari tim tuan rumah pada laga persahabatan.

Pada Piala AFF 2014, Indonesia pernah bermain imbang 2-2 melawan Vietnam, tetapi justru dihajar empat gol tanpa balas oleh Filipina pada babak penyisihan grup.

Adapun pada Piala AFF 2016, timnas Indonesia pernah menahan imbang Vietnam 2-2 di stadion ini pada babak semifinal.

Dengan skor itu, Indonesia berhak melaju ke partai final Piala AFF 2016 karena menang secara agregat 3-4 atas Vietnam.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini