Bolaindonesia

Beda Nasib antara Timnas Futsal dan Sepak Bola Indonesia di SEA Games 2021

Timnas Futsal Indonesia menuai hasil lebih bagus di SEA Games 2021.

Rauhanda Riyantama

Timnas Futsal Indonesia vs Thailand di SEA Games 2021. (Twitter/dok.AFF)
Timnas Futsal Indonesia vs Thailand di SEA Games 2021. (Twitter/dok.AFF)

Bolatimes.com - Perbedaan hasil yang didapatkan Timnas Futsal Indonesia dan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 pun menuai pujian dan hujatan ke masing-masing federasi cabang olahraga tersebut.

Perjalanan Timnas Futsal dan Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021 bisa dikatakan bak langit dan bumi dari segi prestasi.

Timnas Futsal mampu berbicara banyak dalam pesta olahraga dua tahunan itu, kendati hanya bisa meraih medali perak.

Sedangkan Timnas Indonesia U-23 dari cabang sepak bola, malah harus gugur lebih awal dan maksimal hanya bisa meraih medali perunggu.

Timnas Futsal Indonesia sendiri yang mendapat medali perak, panen pujian dari para penikmat olahraga, karena dianggap tampil baik dan memenuhi target.

Apalagi jika mengingat sebelumnya Timnas Futsal tak akan diberangkatkan oleh Kemenpora karena dianggap minim prestasi.

Sedangkan Timnas Indonesia U-23 yang selalu mendapat Spotlight berlebih, justru melempem dan gagal menuntaskan puasa medali emasnya.

Timnas Indonesia U-23 harus mengubur mimpi meraih medali emas usai dikalahkan oleh Thailand di semifinal sepak bola putra SEA Games 2021.

Alhasil, Timnas Indonesia U-23 hanya berpeluang meraih medali perunggu. Itu pun jika berhasil mengalahkan Malaysia di perebutan tempat ketiga.

Perbedaan prestasi dan sepak terjang kedua cabor yang bak langit dan bumi ini membuat banyak penikmat olahraga Indonesia memberikan beragam komentar.

FFI Panen Pujian, PSSI Banjir Hujatan

Komentar dari para penikmat olahraga Tanah Air dituangkan di berbagai media sosial, di mana intinya para netizen menyoroti kinerja dua induk organisasi olahraga tersebut.

FFI selaku Federasi Futsal Indonesia, panen pujian dari warganet berkat sepak terjang Timnas Futsal yang mampu berbicara banyak dan merepotkan tim kuat sekelas Thailand.

Sepanjang SEA Games 2021, Timnas Futsal belum pernah tumbang dengan catatan dua kemenangan dan dua hasil imbang.

Selain itu, Timnas Futsal juga baru saja memastikan tempat di Piala AFC Futsal, usai menjadi Runner Up Piala AFF Futsal 2022 lalu pasca tumbang lewat adu penalti dari Thailand.

Karena prestasinya sepanjang 2022 ini, FFI pun mendapat apresiasi besar-besaran dari warganet yang diklaim telah menyentuh level Asia.

Sedangkan hasil yang didapat Timnas Indonesia baik tim senior dan kelompok umur di tahun 2022 ini membuat warganet mengutuk PSSI selaku induk sepak bola Indonesia.

Warganet menyoroti kinerja PSSI yang buruk sehingga berimbas pada buruknya hasil yang didapat Timnas Indonesia di ajang seperti Piala AFF 2020 lalu dan SEA Games 2021 ini.

Bahkan, netizen banyak yang meminta agar PSSI melakukan perombakan dan berbenah agar Timnas Indonesia bisa berprestasi kembali di level internasional.

Selain mengirim kritik ke PSSI, netizen banyak yang meminta Shin Tae-yong untuk tetap bertahan, karena masih mempercayai proses di bawah arahan juru taktik asal Korea Selatan itu.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini