Bolaindonesia

Tak Pedulikan Skor, Timnas Indonesia U-23 Harus Menang Lawan Filipina dan Myanmar

Timnas Indonesia U-23 wajib meraih dua kemenangan untuk lolos ke semifinal

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memberikan arahan kepada para pesepak bola asuhannya saat melawan Timnas Vietnam dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). FOTO/Aditya Pradana Putra/nym. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memberikan arahan kepada para pesepak bola asuhannya saat melawan Timnas Vietnam dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). FOTO/Aditya Pradana Putra/nym. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tak peduli dengan selisih gol. Ia meminta skuadnya wajib memenangi dua laga pamungkas Grup A SEA Games 2021 yakni melawan Filipina dan Myanmar berapa pun skornya.

“Pemain harus memikirkan kemenangan. Kami tak terlalu mementingkan selisih gol,” ujar Shin, dikutip dari keterangan PSSI yang diterima di Jakarta, Selasa.

Indonesia kini berada di peringkat keempat Grup A setelah mengoleksi tiga poin dari dua laga. Kemenangan dari pertandingan menghadapi Filipina, Jumat (13/5), dan Myanmar, Minggu (15/5), mutlak diperlukan demi menjaga peluang lolos ke semifinal.

Saat ini, Myanmar menjadi pemimpin Grup A dengan enam poin dari dua laga, diikuti Filipina di peringkat kedua dengan empat poin dari tiga pertandingan, lalu Vietnam di posisi ketiga yang juga memiliki empat poin, dari dua laga, tetapi kalah agresivitas gol dari Filipina.

Di SEA Games 2021, jika ada dua tim yang memiliki poin serupa, maka posisi ditentukan selisih gol. Andai masih identik, maka agresivitas atau jumlah memasukkan gol akan menjadi acuan.

Menurut Shin, yang terpenting saat ini adalah merebut tiga poin terlebih dahulu. Akan tetapi, dia pun mengingatkan bahwa hasil positif hanya bisa diraih jika skuadnya memperbaiki performa.

Pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut masih belum puas dengan penampilan anak-anak asuhnya saat kalah 0-3 dari Vietnam, Jumat (6/5) dan ketika menundukkan Timor Leste 4-1, Selasa (10/5).

“Kami harus bekerja keras meningkatkan performa. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik untuk dua laga itu,” tutur Shin.

Meski demikian, timnas U-23 sepertinya dalam kondisi timpang menjelang pertandingan melawan Filipina karena, Shin menyebut, pemain sayap Saddil Ramdani harus kembali ke Malaysia untuk memperkuat klubnya, Sabah FC.

Sementara bek tengah yang merumput di klub Inggris, Ipswich Town, Elkan Baggott pun belum dapat dipastikan kapan bisa bergabung dengan skuad SEA Games 2021.

“Saddil akan berangkat ke Malaysia dan kembali ke SEA Games setelah jadwalnya di sana selesai. Untuk Elkan, saya belum bisa memastikan kapan dia sampai di Vietnam,” kata Shin.

Jika Saddil dan Elkan tak ada di tim, maka Indonesia hanya akan diperkuat 18 pemain saat melawan Filipina.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini