Bolaindonesia

3 Alasan Asnawi Mangkualam Mungkin bakal Dicadangkan Lawan Timor Leste

Asnawi Mangkualam sepertinya tidak akan turun dalam pertandingan melawan Timor Leste

Irwan Febri Rialdi

Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia U-23. (Instagram/asnawi_bhr)
Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia U-23. (Instagram/asnawi_bhr)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 mendapatkan suntikan tenaga baru setelah Asnawi Mangkualam Bahar sudah bergabung dengan rekan-rekannya di Vietnam.

Asnawi tiba di Vietnam untuk bergabung dengan rombongan SEA Games 2021 pada Minggu (8/5). Bek sayap berusia 23 tahun itu pun langsung mengikuti sesi latihan bersama tim. 

Hadirnya Asnawi menjadi suntikan tenaga positif buat Shin Tae-yong. Namun, kondisi Asnawi sempat dipertanyakan karena mengalami cedera saat Ansan Greeners melawan Anyang.

Pada pertandingan yang berakhir sama kuat 1-1 itu, Asnawi harus ditarik keluar pada pertengahan babak kedua usai salah jatuh setelah berduel udara dengan pemain lawan.

Meski sempat dikhawatirkan bakal absen membela Timnas Indonesia U-23. Asnawi sendiri menegaskan bahwa dirinya sudah siap bermain secepatnya jika dipercaya Shin Tae-yong.

Namun, Shin Tae-yong sepertinya tidak akan buru-buru memasang Asnawi di laga terdekat. Berikut 3 alasan Asnawi bakal dicadangkan dalam laga melawan Timor Leste pada 10 Mei mendatang. 

1. Masih Lelah

Asnawi hanya melakukan sesi latihan ringan dan terpisah dari rekan-rekan timnas Indonesia U-23 saat tiba di Vietnam. Maklum, stamina Asnawi harus dijaga karena baru tiba sehari sebelumnya.

Shin Tae-yong tentunya tak ingin mengambil risiko Asnawi akan terlalu lelah dengan menurunkannya di laga melawan Timor Leste.  Terlebih, dia baru saja menjalani laga di K League 2 dan melakukan penerbangan Korea Selatan-Vietnam.

2. Usai Cedera

Kondisi Asnawi Mangkualam juga tidak bisa dikatakan fit 100% karena insiden salah jatuh yang membikin mantan pemain Persiba Balikpapan itu harus ditarik keluar.

Meski Asnawi sendiri mengaku siap bermain, Shin Tae-yong harus berhati-hati dalam menurunkan Asnawi agar tidak mengalami cedera lebih serius.

3. Disimpan untuk Lawan Filipina

Tenaga Asnawi Mangkualam juga dibutuhkan untuk melawan Filipina dalam laga Grup A pada JUmat (13/5). Laga melawan Filipina akan sangat menentukan nasib Indonesia ke fase semifinal.

Filipina sendiri sudah mengoleksi 4 poin hasil dari mengalahkan Timor Leste dan menahan imbang Vietnam.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini