Bolaindonesia

5 Catatan Buruk Timnas Indonesia U-23 Usai Dibantai Vietnam 0-3

Duh, Timnas Indonesiaku

Irwan Febri Rialdi

Striker Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh. (Dok. VFF)
Striker Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh. (Dok. VFF)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 lagi-lagi menorehkan catatan buruk saat berhadapan melawan Vietnam, kali ini di laga perdana SEA Games 2021 tumbang dengan skor telak 0-3.

Sukses menahan imbang tanpa gol di babak pertama tak menjadi jaminan kekuatan timnas Indonesia U-23 dengan Vietnam setara di ajang SEA Games 2021.

Usai turun minum, skuat asuhan Shin Tae-yong dibombardir hingga terbantai dengan skor 0-3 oleh Vietnam di bawah komando Park Hang-seo.

Setidaknya ada 5 catatan buruk timnas Indonesia U-23 saat tak berdaya melawan pasukan muda The Golden Stars di ajang SEA Games 2021.

1. Kontribusi Minim Pemain Senior

Tiga pemain senior dipanggil Shin Tae-yong, Fachruddin Aryanto, Marc Klok dan Ricky Kambuaya untuk berlaga di SEA Games 2021.

Namun performa ketiga pemain ini justru berada di bawah kualitasnya, ketiga pemain ini dianggap gagal melaksanakan tugasnya masing-masing.

2. Pola Permainan Kacau

Perubahan komposisi pemain berdampak besar pada permainan timnas Indonesia U-23, meski diperkuat beberapa pemain andalan di Piala AFF 2020.

Pola permainan yang diusung Egy Maulana Vikri dkk belum terbentuk dan kacau, bahkan permainan dasar sepak bola pun terbilang tidak berjalan baik.

3. Park Hang-seo Semakin Jemawa

Rekor pertemuan melawan Indonesia berhasil diperbaiki Park Hang-seo, sebelum ini Shin Tae-yong lebih dominan dalam 12 pertemuan terakhir.

Delapan kemenangan ditorehkan Shin dengan dua kali imbang dan dua kali kalah, namun kekalahan di laga perdana SEA Games 2021 menambah.

Park Hang-seo sukses menambah satu kemenangan atas Shin, khususnya dalam tiga pertemuan terakhir.

4. Masih Bisa Lolos

Meski terbantai di laga perdana fase Grup A SEA Games 2021, timnas Indonesia U-23 masih berpeluang lolos dari babak penyisihan grup.

Tiga laga ke depan kontra Filipina, Myanmar dan Timor Leste harus diamankan dengan sapu bersih kemenangan.

5. Garuda Muda di Bawah Vietnam

Kualitas timnas Indonesia U-23 Indonesia bisa dibilang di bawah Vietnam, hal ini dilihat dari lima pertemuan terakhir yang tak pernah menang dari lawannya.

Empat kali Garuda Muda dibantai Vietnam dan hanya bisa satu kali menahan imbang, mulai dari SEA Games 2015, 2017, 2019 dan 2022.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini