Bolaindonesia

Tanggapi Santai Kekalahan Timnas Indonesia U-23 Atas Vietnam, Shin Tae-yong: Ini Bukan Akhir

Timnas Indonesia U-23 dihajar Vietnam 0-3.

Rauhanda Riyantama

Penyerang timnas Indonesia, Saddil Ramdani (kanan) coba melewati pemain Vietnam dalam matchday pertama Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5/2022) malam WIB. Indonesia kalah 0-3 di laga ini. [PSSI]
Penyerang timnas Indonesia, Saddil Ramdani (kanan) coba melewati pemain Vietnam dalam matchday pertama Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5/2022) malam WIB. Indonesia kalah 0-3 di laga ini. [PSSI]

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menanggapi dengan tenang kekalahan telak atas Vietnam di laga perdana Grup A SEA Games 2021. Ia menegaskan bahwa ini bukanlah akhir perjalanan untuk lolos ke fase knock out.

Timnas Indonesia U-23 hancur lebur ketika menghadapi Vietnam dalam matchday pertama Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5/2022). Mereka kalah telak 0-3 setelah gawang Adi Satrio dibobol Nguyen Tien Linh (54'), Do Hung Dung (74') dan Le Van Do (87').

Kekalahan ini membuat timnas Indonesia U-23 terpuruk di peringkat empat klasemen Grup A dengan koleksi nol poin dari satu laga, alias cuma lebih baik dari Timor Leste yang dimatchday pertama kalah 0-4 dari Filipina.

Sementara itu, raupan poin penuh membuat Vietnam menempel ketat Filipina di posisi kedua. Tim asuhan Park Hang-seo mengoleksi tiga poin dari satu laga, hanya kalah selisih gol dari Filipina.

Indonesia akan memainkan laga kedua melawan Timor Leste, Selasa (10/5) pukul 18.15 WIB. Untuk menjaga harapan lolos, tim Garuda Muda wajib mengalahkan mantan provinsi ke-27 Republik Indonesia itu.

"Kekalahan dari Vietnam U-23 bukanlah akhir. Saya yakin kami akan melangkah jauh," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca laga dikutip dari media Vietnam, Zing News, Jumat (6/5/2022).

Menurut Shin Tae-yong, timnas Indonesia U-23 akan dalam kondisi lebih baik saat memainkan matchday kedua Grup A kontra Timor Leste. Selain mendapat waktu istirahat, skuad Garuda Muda juga sudah diperkuat Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam.

"Pertandingan berikutnya melawan Timor Leste, kami akan memiliki lebih banyak waktu untuk pulih dan bersiap lebih baik. Dua pemain hebat kami Elkan dan Asnawi akan bergabung dengan tim tepat setelah pertandingan ini," beber Shin Tae-yong.

"Saya yakin kami akan menang. [Kami] akan lebih baik lagi di pertandingan berikutnya," tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Lebih jauh, Shin Tae-yong mengklaim bahwa kekalahan Indonesia dari Vietnam sedikit banyak dipengaruhi oleh kualitas persiapan kedua tim. Indonesia diketahui mendapat lapangan latihan yang jauh dari standar jelang laga ini.

"Dalam sepak bola, Anda bisa menang atau kalah. SEA Games 31 diadakan di kandang, jadi Vietnam U-23 harus menang atau kalah. Mereka memiliki banyak keuntungan. Mereka memiliki lapangan yang lebih baik, jadi mereka lebih siap daripada kami," ujar Shin.

"Kami telah berlatih di tempat latihan yang sangat buruk dalam beberapa hari terakhir. Namun, dengan level pemain Indonesia U-23, saya yakin kami akan mengatasi kesulitan untuk menyelesaikan tujuan," tambahnya.

(Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini