Bolaindonesia

Kenapa Tidak Ada Sponsor di Jersey Tim Nasional?

Pernah heran ngga? Ini penjelasannya

Irwan Febri Rialdi

Timnas Indonesia U-23 melawan klub Korea Selatan, Daejon Citizen dalam laga uji coba di Daejon World Cup Stadium, Korea Selatan, Rabu (27/4/2022). [PSSI]
Timnas Indonesia U-23 melawan klub Korea Selatan, Daejon Citizen dalam laga uji coba di Daejon World Cup Stadium, Korea Selatan, Rabu (27/4/2022). [PSSI]

Bolatimes.com - Kenapa tidak ada sponsor di jersey tim nasional? Padahal jersey di klub banyak sekali sponsor yang terkadang menempel di jersey mereka.

Para penggemar sepak bola pasti sering mengamati seragam jersey kesebelasan yang dikenakan oleh Timnas  saat berlaga di lapangan hijau.

Tentu, mereka akan melihat pemandangan jersey kosong tanpa kehadiran satu logo sponsor satupun yang terpampang. Berbeda dengan jersey yang dikenakan oleh berbagai klub dalam negeri dengan tempelan logo sponsor yang memenuhi seragam mereka.

Seperti yang dapat kita amati, jersey Timnas hanya menampakkan logo Timnas, logo apparel, nama, serta nomor pemain yang tampil dada dan punggung kaos.

Padahal, menggandeng sebuah sponsor adalah kesempatan emas yang dapat diambil bagi sebuah federasi sepak bola suatu negara untuk mendukung pemasukan kas. 

Ternyata, ada alasan tertentu mengapa tidak ada logo sponsor di seragam Timnas andalan mereka.

Berkat aturan FIFA

Penampakan logo Timnas tunduk pada aturan FIFA yang hanya memberikan izin untuk menampakkan logo federasi sepak bola suatu negara atau bendera kebangsaan dan logo apparel yang memproduksi jersey tersebut.

Selain itu, FIFA menilai bahwa setiap negara memiliki sumber pendanaan yang datang langsung dari negara, seperti di Timnas Indonesia yang mendapatkan aliran dana dari APBN melalui PSSI. Sehingga, menggandeng sponsor dinilai tidak diperlukan untuk kebutuhan kas sebuah timnas.

Alasan lain logo sponsor tidak diizinkan untuk terpampang di logo jersey timnas adalah menjaga ekslusivitas sponsor yang mendukung penyelenggaraan turnamen FIFA. Selain itu, FIFA tidak diuntungkan jika suatu federasi menggandeng sponsor.

FIFA masih memberi keleluasaan

Di sisi lain, FIFA tetap memberi keleluasaan bagi federasi sepak bola negara-negara yang tergabung dalam FIFA untuk menggandeng merek dagang dengan menampakkan di jersey latihan dan di pinggir lapangan.

FIFA juga tidak melarang bagi federasi sepak bola suatu negara untuk memunculkan logo merek dagang dalam unggahan media sosial akun resmi federasi tersebut.  Konten berupa foto maupun video rilis media sosial sebuah federasi sepak bola diperbolehkan menampilkan logo sponsor.

Meskipun Timnas diperbolehkan tampil dengan jersey yang terpampang logo sponsor saat latihan, aturan tersebut tidak berlaku saat bertanding. Sehingga, jersey yang digunakan oleh suatu timnas saat ajang pertandingan sepak bola mewakili negaranya harus steril dari logo sponsor.

(Yoursay/Armand Ilham & Farah Nabila)

Berita Terkait

Berita Terkini