Bolaindonesia

Profil Nooa Laine, Eks Timnas Finlandia U-17 yang Bela Malaysia di SEA Games 2021

Demi bisa mengalahkan Indonesia, Malaysia membawa pemain naturalisasi untuk SEA Games 2021

Irwan Febri Rialdi

Nooa Laine gabung TC timnas Malaysia U-23. (Instagram/nooa.laine)
Nooa Laine gabung TC timnas Malaysia U-23. (Instagram/nooa.laine)

Bolatimes.com - Sesi pemusatan latihan timnas Malaysia U-23 untuk menghadapi SEA Games 2021 kedatangan mantan pemain timnas Finlandia U-17, Nooa Laine.

Selain Nooa Laine, dua nama pemain lainnya juga sudah bergabung dengan pemusatan latihan timnas Malaysia U-23 yang digelar di bawah pantauan langsung pelatih Brad Maloney.

Meskipun mengikuti pemusatan latihan, tetapi Nooa Laine tampaknya tidak akan dibawa Brad Maloney untuk tampil di SEA Games 2021 bersama timnas Malaysia U-23.

"Gelandang berusia 19 tahun keturunan Malaysia-Finlandia tidak akan melakukan debut timnas di Hanoi karena tidak terdaftar," tulis laporan bernama.com dikutip pada Rabu (27/4/2022).

Kendati begitu, performa Noaa Laine akan dipantau oleh Brad Maloney. Besar kemungkinan pelatih Australia itu bakal memanggilnya ke skuad Piala Asia U-23.

“Dia tidak akan bermain untuk SEA Games. Kami akan mempertimbangkannya untuk Piala Asia U-23,” kata Brad Maloney dikutip dari New Strait Times.

“Kami di sini untuk membantunya tetap bugar selama kunjungan singkatnya di sini. Laine masih muda dan bermain sepak bola reguler di Finlandia. Jadi, dia pasti punya kualitas,” ia melanjutkan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan profil Nooa Laine, mantan pemain timnas Finlandia U-17 yang akan dinaturalisasi Malaysia untuk SEA Games 2021.

Nooa Laine merupakan pesepak bola keturunan Finlandia-Malaysia yang lahir di Jyvaskyla, Finlandia, pada 22 November 2002.

Dia lahir dari seorang ibu berkebangsaan Finlandia dan ayah yang berbangsa Malaysia. Hasilnya, ia memegang dua kewarganegaraan, yakni Finlandia dan Malaysia.

Sementara itu, Nooa Laine mulai berlatih sepak bola sejak usianya baru menginjak enam tahun bersama sebuah tim di kota kelahirannya, Jyvaskyla.

Sementara itu, kariernya bermula bersama JJK Jyvaskyla pada 2018. Dia mencatat 15 penampilan dan mencetak satu gol.

Lalu, pada April 2019, gelandang berpostur 177 cm ini bergabung dengan klub Klubi 04, klub cadangan dari HJK Helsinki. Di sana, ia mencatat 23 penampilan dan menyumbang empat gol.

Kemudian, Laine memulai petualangan barunya bersama klub Divisi Pertama alias kasta tertinggi di Liga Finlandia, SJK Seinajoki, pada Januari 2021. 

Namun, saat ini dia juga memperkuat SJK Akatemia, alias klub keduanya SJK Seinajoki. Mereka berkompetisi di Ykkonen, kasta kedua Liga Finlandia.

Sejauh ini, ia sudah mencatat satu penampilan di Ykkonen (Liga Finlandia), tiga laga di Ykkonen Cup, dan dua penampilan di Liigacup (Piala Liga).

Sementara itu, kariernya bersama tim nasional telah dimulai pada tahun 2018 silam. Saat itu, Laine memperkuat timnas Finlandia U-17 dan mencatatkan satu gol dalam empat penampilan.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini