5 Julukan Unik Legenda Timnas Indonesia, Bikin Susah Dilupakan

Berikut 5 julukan unik yang susah dilupakan para legenda Timnas Indonesia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 26 April 2022 | 19:00 WIB
Mantan penyerang Timnas Indonesia di Piala AFF 2008, Budi Sudarsono. (Adek Berry/AFP).

Mantan penyerang Timnas Indonesia di Piala AFF 2008, Budi Sudarsono. (Adek Berry/AFP).

Bolatimes.com - Berikut ini deretan julukan unik yang dimiliki oleh para legenda Timnas Indonesia semasa bermain, dan bahkan hingga saat ini.

Dalam sepak bola, para pemain tertentu akan mendapat julukan, baik itu diberikan oleh para pendukungnya maupun oleh media.

Julukan yang didapat para pesepak bola ini umumnya identik dengan gaya bermain, kisah hidup si pemain, ataupun fisik yang dimiliki pemain.

Baca Juga: Blak-blakan, Carlo Ancelotti Jagokan AC Milan Juara Liga Italia Musim Ini

Sebagai contoh, peraih tujuh penghargaan Ballon d'Or, Lionel Messi, mendapat julukan La Pulga atau yang memiliki arti Si Kutu, yang disadur dari Bahasa Spanyol.

Julukan La Pulga ini diberikan kepada Messi karena fisiknya yang kecil, namun gesit. Bahkan, julukan ini juga ditambah menjadi La Pulga Atomica atau Si Kutu Atom, yang menggambarkan fisiknya yang kecil, tapi kuat.

Lain halnya dengan Messi, Cristiano Ronaldo mendapat julukan CR7 atau singkatan dari namanya sendiri yang diimbuhi nomor.

Baca Juga: Sejarah Lahirnya SEA Games, Thailand Masih Jadi Raja ASEAN

Julukan ini diberikan kepadanya karena Trademark-nya sendiri yang kerap menggunakan nomor punggung 7. Sehingga jadilah Cristiano Ronaldo 7 atau CR7.

Seakan tak mau kalah dengan pesepak bola luar, pesepak bola Indonesia pun punya julukan sendiri, terutama julukan yang tersemat di para legenda Timnas Indonesia.

Setidaknya ada lima legenda Timnas Indonesia yang memiliki julukan khas, sehingga namanya pun melekat di para pecinta sepak bola.

Baca Juga: Pratama Arhan Absen di SEA Games 2021, Disebut Kabar Buruk bagi Timnas Indonesia U-23

Siapa sajakah legenda Timnas Indonesia yang memiliki julukan itu? Berikut daftarnya.

1. Atep

Atep (Twitter/Galih)
Atep (Twitter/Galih)

Atep merupakan salah satu legenda tim nasional Indonesia. Ia merupakan winger ikonik yang lama berseragam Persib Bandung.

Baca Juga: Sempat Dituduh Mangkir, Ramai Rumakiek Kini Siap Perkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Selama membela Persib, pria yang kini telah gantung sepatu itu mendapat julukan Lord Atep dari para pendukung Maung Bandung.

Julukan Lord Atep atau Raja Atep diberikan karena kharisma yang ia miliki, sehingga dirinya menjadi panutan bagi para pemain dan suporter.

2. Nuralim

Timnas Indonesia pada era 90 an memiliki pemain belakang yang hebat dalam diri Nuralim. Dirinya adalah salah satu bek terbaik di eranya.

Pria yang kini berusia 48 tahun tersebut tercatat banyak membela tim-tim besar Indonesia. Namun, kariernya lebih banyak dihabiskan di Persija Jakarta.

Semasa bermain, Nuralim mendapat julukan Si Jabrik. Julukan ini ternyata telah dimilikinya sejak masih kecil dan terus menempel hingga dirinya menjadi pemain profesional.

3. Budi Sudarsono

Budi Sudarsono/Instagram
Budi Sudarsono/Instagram

Budi Sudarsono merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Timnas Indonesia. Salah satu yang dikenang dari sosoknya adalah gol yang ia cetak ke gawang Bahrain di Piala Asia 2007.

Budi Sudarsono juga pemain yang malang melintang di sepak bola Indonesia. Tercatat ia pernah membela Persik Kediri, Persija dan Persib.

Karena gaya bermainnya yang mematikan dan sulit dihadang saat duel 1vs1, Budi Sudarsono lantas mendapat julukan Si Piton.

4. Simson Rumah Pasal

Tak hanya Nuralim, Timnas Indonesia juga punya palang pintu yang ditakuti para penyerang lawan, yakni Simson Rumah Pasal.

Meski bukan bek tengah, Simson sangat ditakuti oleh lawan ketika berduel satu lawan satu. Oleh karenanya ia mendapat julukan Palang Pintu.

Julukan ini dimilikinya selama berseragam Timnas Indonesia, di mana ia bermain sebagai penggawa skuat Garuda pada era 70 an.

5. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto. (Dok. MFL)
Kurniawan Dwi Yulianto. (Dok. MFL)

Tak hanya punya pemain legendaris di lini belakang, Timnas Indonesia juga punya penyerang andal seperti Kurniawan Dwi Yulianto.

Kurniawan Dwi Yulianto merupakan salah satu penyerang hebat yang dimiliki Indonesia. Kehebatannya bahkan sampai dirinya pernah bermain di Sampdoria dan FC Luzern.

Semasa bermain hingga saat ini, Kurniawan Dwi Yulianto punya sapaan akrab yakni Si Kurus, yang dipilih karena perawakannya yang kurus.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak