Bolaindonesia

5 Pemain yang Gagal Seleksi Timnas Indonesia namun Sukses Gabung Klub Luar Negeri

Meski gagal seleksi Timnas Indonesia, 5 pemain ini berhasil membuktikan diri untuk meraih kesuksesan.

Rauhanda Riyantama

Terens Puhiri bergabung dengan klub Thailand, Port FC
Terens Puhiri bergabung dengan klub Thailand, Port FC

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain yang sempat gagal lolos seleksi Timnas Indonesia, tapi malah berhasil menjalani kariernya dengan bergabung klub luar negeri.

Mendapat panggilan membela tim nasional adalah mimpi para pesepak bola. Tak terkecuali para pesepak bola asal Indonesia.

Untuk menembus tim nasional sendiri, setiap pesepak bola harus menunjukkan kemampuan dan performanya di level klub.

Penampilan konsisten pun nyatanya tak menjamin bahwa seorang pemain bisa berseragam tim nasional. Sebab, para pemain harus menjalani seleksi melawan puluhan hingga ratusan pemain lainnya.

Di tahap ini, seorang pemain harus bersaing dengan para pemain lainnya yang berasal dari seluruh penjuru negeri. Hal ini berlaku baik di tim nasional kelompok umur dan juga tim utama.

Sebagian ada yang berhasil dan dipilih untuk berseragam tim nasional, sebagian lainnya malah harus pulang dengan tangan hampa dan mengubur mimpinya untuk membela negara.

Dalam seleksi untuk Timnas Indonesia, tak terhitung sudah berapa banyak pemain yang gagal berseragam tim nasional karen tak lolos tahap seleksi.

Meski demikian, para pemain ini tak patah semangat dan bahkan ada pula yang berhasil menembus serta bermain di klub luar negeri.

Lantas, siapa sajakah para pemain yang gagal membela Timnas Indonesia namun justru berkarier di luar negeri? Berikut daftarnya.

1. Terens Puhiri

Pemain Timnas Indonesia, Terens Puhiri merayakan gol ke gawang Timor Leste, Minggu (30/1/2021). (PSSI, vidio.com)
Pemain Timnas Indonesia, Terens Puhiri merayakan gol ke gawang Timor Leste, Minggu (30/1/2021). (PSSI, vidio.com)

Terens Puhiri merupakan salah satu pemain yang sempat gagal mengikuti seleksi tim nasional Indonesia, hingga akhirnya ia pun dipanggil ke Timnas di era Shin Tae-yong.

Saat Terens Puhiri gagal dalam seleksi Timnas Indonesia, ia pun tak patah arang dan malah makin bersinar dengan direkrut untuk membela klub Thailand, Port FC.

Kerja keras dan usaha Terens Puhiri demi bisa berseragam Timnas Indonesia pun membuahkan hasil di 2022 ini, di mana ia dipanggil dan dimainkan oleh Shin Tae-yong saat skuat Garuda bersua Timor Leste.

2. Nicholas Pambudi

Nicholas Pambudi merupakan salah satu pemain yang juga pernah mengalami kegagalan bermain untuk Timnas Indonesia usai gagal lolos tahap seleksi.

Meski begitu kegagalan itu membawa Nicholas Pambudi fokus mengembangkan kariernya yang kini berakhir di luar negeri, tepatnya bersama klub Yunani, Aris Thessaloniki.

Dengan berkarier di luar negeri, Nicholas Pambudi tentunya punya harapan besar bisa mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia.

3. Rafid Habibie

Cucu almarhum BJ. Habibie, Rafid Habibie, resmi dikontrak Borneo FC hingga akhir kompetisi Shopee Liga 1 2019 dengan opsi perpanjangan, Senin (16/6/2019). (HO/Instagram Borneo FC)
Cucu almarhum BJ. Habibie, Rafid Habibie, resmi dikontrak Borneo FC hingga akhir kompetisi Shopee Liga 1 2019 dengan opsi perpanjangan, Senin (16/6/2019). (HO/Instagram Borneo FC)

Dari namanya saja para pendukung Timnas Indonesia tentu sudah bisa menebak siapa sosoknya. Ya, Rafid Habibie merupakan cucu Presiden Indonesia ke-3, BJ Habibie.

Rafid Habibie sendiri saat ini menggeluti dunia sepak bola, di mana ia sempat dipanggil untuk mengikuti seleksi Timnas Indonesia pada 2017. Sayangnya, ia gagal dalam seleksi itu.

Meski begitu Rafid Habibie terus menekuni sepak bola hingga kini dirinya berkesempatan membela salah satu klub asal Italia, Santarcangelo Calcio.

4. Nathan Muskitta

Nathan Muskitta sempat menjadi perbincangan seluruh penikmat sepak bola Tanah Air karena bakat yang ia miliki di lapangan hijau.

Kendati punya bakat besar, Nathan Muskitta ternyata pernah merasakan kegagalan lolos seleksi untuk membela Timnas Indonesia.

Meski gagal, nyatanya pemain berusia 22 tahun ini malah mendapatkan jalan bermain di luar negeri serta sempat menjalani trial di Ajax Amsterdam dan West Ham United.

5. Charalambos Elias David

Charalambos Elias David bisa dikatakan pemain paling apes. Sebab, ia dua kali tercatat gagal lolos seleksi Timnas Indonesia U-19.

Meski begitu, nasib membawa Charalambos Elias David ke sepak bola Eropa, di mana dirinya dikontrak salah satu klub Yunani, Agia Paraskevi FC.

Kini ia pun ingin terus tampil konsisten di klubnya dan berharap mendapat panggilan untuk bisa berseragam Merah Putih dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di atas lapangan.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini