5 Striker Kenamaan yang Pernah Jebol Gawang Indonesia di Laga Resmi, Ada Arjen Robben

Arjen Robben bobol gawang Indonesia bersama Timnas Belanda di laga uji coba.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 16 Maret 2022 | 20:00 WIB
Pemain Bayern Munchen, Arjen Robben (AFP)

Pemain Bayern Munchen, Arjen Robben (AFP)

Bolatimes.com - Melihat kembali lima penyerang top dunia yang pernah membobol gawang Timnas Indonesia di pertandingan resmi FIFA.

Menjelang FIFA Matchday, Timnas Indonesia sejatinya mencari calon lawan yang levelnya di atas. Beberapa negara sepak bola papan atas dunia seperti Kroasia pun sempat diajak untuk beruji tanding di FIFA Matchday nanti.

Selain Kroasia, Timnas Indonesia sempat disebut-sebut akan beruji tanding melawan Bosnia-Herzegovina, Suriname, dan juga Kazakhstan.

Baca Juga: Mengenal Derby Corsica, Pertandingan Paling Mencekam di Liga Prancis

Namun semuanya sirna, karena pelatih Shin Tae-yong memutuskan Timnas Indonesia tidak mengikuti FIFA Matchday di bulan Maret ini. Penyebabnya karena ia sedang fokus TC Timnas U-19 dan U-23 di Korea Selatan.

Hal ini sejatinya bukan barang baru. Sebab di masa silam, Timnas Indonesia pernah berhadapan dengan negara yang lebih kuat dan bahkan merupakan finalis Piala Dunia.

Perbedaan level yang cukup jauh ini membuat gawang Timnas Indonesia pun kerap kebobolan oleh penyerang-penyerang top dunia yang membela negara-negara kuat tersebut.

Baca Juga: Klasemen Terbaru Liga 1 2021: Bhayangkara FC Tersingkir dari Persaingan Juara usai Dikalahkan Persipura

Lantas, siapa saja penyerang top dunia yang pernah membobol gawang Timnas Indonesia?

1. Vincent Aboubakar (Kamerun)

Penyerang Timnas Kamerun, Vincent Aboubakar (kiri) meluapkan kegembiraan usai cetak gol tendangan penalti keduanya ke gawang Burkina Faso dalam laga pembukaan Piala Afrika 2021 di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun, Minggu (9/1/2022) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Thaier Al-Sudani)
Penyerang Timnas Kamerun, Vincent Aboubakar (kiri) meluapkan kegembiraan usai cetak gol tendangan penalti keduanya ke gawang Burkina Faso dalam laga pembukaan Piala Afrika 2021 di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun, Minggu (9/1/2022) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Thaier Al-Sudani)

Timnas Indonesia pernah beruji coba dengan Timnas Kamerun pada 25 Maret 2015 silam. Saat itu, skuat Merah Putih tumbang dengan skor 0-1.

Baca Juga: Hasil Liga 1 2021: Tundukkan Bhayangkara FC, Persipura

Adapun gol tunggal Kamerun dicetak oleh  Vincent Aboubakar yang tak lain merupakan top skor Piala Afrika 2021 kemarin.

Vincent Aboubakar bahkan mampu mengalahkan nama-nama besar di Piala Afrika 2021 seperti Sadio Mane dan Mohamed Salah.

2. Siem de Jong (Belanda)

Baca Juga: Skenario Persib Bandung Juara Liga 1 2021, Berharap Keajaiban

Pada 2013 lalu, finalis Piala Dunia 2010, Belanda, menjalani laga persahabatan melawan Timnas Indonesia di Gelora Bung Karno.

Dalam laga itu, Timnas Indonesia takluk dengan skor 0-3 dari Belanda, di mana dua gol di antaranya  dicetak oleh Siem de Jong.

Siam de Jong sendiri merupakan bomber kenamaan Belanda yang pernah membela Ajax Amsterdam dan Newcastle United.

3. Arjen Robben (Belanda)

Pemain Bayern Munchen, Arjen Robben bersama maskot Bayern Munchen setelah laga melawan FC Augsburg di  Bundesliga Jerman (AFP)
Pemain Bayern Munchen, Arjen Robben bersama maskot Bayern Munchen setelah laga melawan FC Augsburg di Bundesliga Jerman (AFP)

Selain gol dari Siem de Jong, tiga gol yang masuk ke gawang Timnas Indonesia yang dijaga Kurnia Meiga itu  juga datang dari kaki Arjen Robben.

Mantan winger Bayern Munich ini mampu melesakkan gol di menit ke-89 yang memastikan kemenangan Belanda atas Timnas Indonesia.

Dalam kariernya, Robben dikenal sebagai winger lincah dan juga cepat. Karena permainannya itu, ia mampu meraih beragam gelar bergengsi di level klub.

4. Edinson Cavani (Uruguay)

Pada Oktober 2010, Timnas Indonesia berhadapan dengan Uruguay dalam laga persahabatan yang masuk kalender FIFA Matchday.

Uruguay yang menorehkan tinta emas di Piala Dunia 2010 itu, membawa para pemain terbaiknya. Salah satunya adalah Edinson Cavani.

Cavani pun lantas mampu menyuguhkan kemampuannya mencetak gol, di mana ia mencetak Hattrick ke gawang Timnas Indonesia yang dijaga Markus Horison.

5. Luis Suarez (Uruguay)

Luis Suarez/Twitter
Luis Suarez/Twitter

Tak hanya Cavani, Luis Suarez pun tak mau ketinggalan untuk menunjukkan tajinya dalam mencetak gol di Gelora Bung Karno.

Dalam kemenangan 7-1 atas Timnas Indonesia itu, Suarez juga mencetak hattrick, di menit ke-43, 55 dan menit ke-70.

Usai berhadapan dengan Timnas Indonesia, Suarez menjalani kariernya yang melejit di mana ia membela Liverpool dan Barcelona, hingga kini berseragam Atletico Madrid.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak