Profil Gong Oh-kyun, Eks Asisten Pelatih Timnas Indonesia yang Membelot ke Vietnam

Dulu dibawa Shin Tae-yong ke Indonesia. Ia kini bakal dilantik jadi pelatih baru Timnas Vietnaam U-23

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 24 Februari 2022 | 14:49 WIB
Shin Tae-yong bersama Gong Oh-kyun. (Dok. PSSI)

Shin Tae-yong bersama Gong Oh-kyun. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Mantan asisten pelatih Shin Tae-yong di timnas Indonesia, Gong Oh-kyun, telah resmi ditunjuk sebagai pelatih timnas Vietnam U-23 setelah ajang SEA Games 2022.

Dilansir dari Bongda24h, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) telah resmi menunjuk Gong Oh-kyun untuk menggantikan Park Hang-seo di timnas Vietnam U-23.

Dari laporan tersebut, Park Hang-seo dan VFF telah sepakat untuk tak lagi menangani timnas Vietnam U-23 setelah SEA Games 2022.

Baca Juga: Madam Bo, Bos Klub Sepak Bola yang Janjikan Bonus ke Timnas Laos U-23

Namun, Park Hang-seo mendapat tugas untuk mencarikan penggantinya. Salah satu nama yang diusulkan dan akhirnya dipilih oleh VFF ialah Gong Oh-kyun.

Lalu, bagaimana sepak terjang Gong Oh-kyun selama masih aktif bermain maupun melanjutkan kariernya di dunia kepelatihan. Berikut Bolatimes.com menyajikan profilnya.

Profil Gong Oh-kyun

Baca Juga: Jebol Gawang Arema FC, Samsul Arif Semakin Rajin 'Sakiti' Mantan Timnya

Saat masih aktif bermain, Gong Oh Kyun merupakan seorang striker yang menghabiskan sepuluh musim awalnya bersama Daejeon Citizen FC.

Selama bermain untuk Daejeon, Gong Oh-kyun mencatatkan 291 pertandingan, mencetak 38 gol, dan menyumbangkan 18 assist.

Setelah itu, ia sempat singgah ke Gyeongnam FC sebelum akhirnya mencari petualangan baru di Liga Australia bersama Sunshine Coast FC.

Baca Juga: Tampil Ajaib, Laos Dijanjikan Bonus Fantastis Andai Lolos ke Final Piala AFF U-23

Setelah satu musim bermain untuk Sunshine Coast FC, Gong Oh-kyun akhirnya memutuskan gantung sepatu alias pensiun pada awal tahun 2010.

Setelah pensiun, dia fokus mencari pengalaman untuk melanjutkan karier di dunia kepelatihan. Awalnya, dia mendapatkan lisensi pelatih fisik level 2 dan Lisensi Kepelatihan A AFC.

Dengan lisensi A AFC, Gong Oh-kyun sudah memenuhi standar untuk menjadi pelatih klub profesional. Selain itu, dia juga terhitung moncer di dunia akademik.

Baca Juga: Operasi Militer Rusia, Daria Bilodid Ketakutan: Hentikan, Saya Masih Ingin Hidup!

Sebab, Gong Oh-kyun memiliki gelar Sarjana Pendidikan Fisik dari Kwandong University setelah lulus studi pada tahun 1997. Saat itu, dia masih aktif bermain sebagai pesepak bola.

Lelaki berusia 47 tahun itu juga sempat melanjutkan studi di jenjang Pascasarjana di bidang Kesehatan Masyarakat di Universitas Konyang.

Dia tercatat lulus pada tahun 2006 dengan tesis berjudul “Penelitian tentang Perbaikan Pola Makan dan Status Asupan Makanan Fungsional pada Pemain Sepak Bola Dewasa”.

Karier kepelatihannya bermula ketika ditunjuk sebagai asisten pelatih Lee Im-saeng di Shenzhen FC, klub sepak bola profesional di China.

Satu tahun kemudian, dia menjadi asisten pelatih timnas Korea Selatan U-18 saat membantu Chung Jung-yong pada tahun 2016.

Gong Oh-kyun sempat naik kasta ke timnas Korea Selatan U-20 saat membantu Shin Tae-yong. Pada momen itu, ia turut mengantarkan skuad Negeri Ginseng itu menjadi runner up Piala Dunia U-20 2019.

Kedekatannya dengan Shin Tae-yong pun terus berlanjut, baik saat naik level ke timnas Korsel U-23 maupun ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia.

Shin Tae-yong turut membawanya ketika mendapatkan pekerjaan dari PSSI pada akhir tahun 2019. Namun, dia memutuskan untuk mundur pada akhir tahun 2020.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak