Naik Pot 3, Indonesia Potensial Masuk Grup Neraka di Kualifikasi Piala Asia

Berkat ranking FIFA naik, Indonesia beralih ke pot 3 untuk drawing Kualifikasi Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 01 Februari 2022 | 20:33 WIB
Timnas Indonesia berfoto bersama seusai pengalungan medali Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). ANTARA FOTO/Flona Hakim

Timnas Indonesia berfoto bersama seusai pengalungan medali Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). ANTARA FOTO/Flona Hakim

Bolatimes.com - Meski ranking FIFA yang naik membuat Timnas Indonesia masuk ke pot ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, tetap saja skuat Garuda punya potensi bergabung di grup neraka.

Timnas Indonesia berhasil menggeser Singapura dari pot ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 usai meraih dua kemenangan di ajang FIFA A Matchday melawan Timor Leste, 27 dan 30 Januari lalu.

Anak asuh Shin Tae-yong berhasil menggasak Timor Leste dalam dua kali pertemuang masing-masing dengan skor 4-1 dan 3-0.

Baca Juga: Tuai Kritikan karena Performa Menurun di Timnas, Evan Dimas Beri Pembelaan

Kemenangan atas Timor Leste ini membuat Timnas Indonesia meraih 7,65 poin. Tak pelak, penambahan poin ini membuat ranking tim Merah Putih melejit.

Dilansir dari laman FIFA, ranking Timnas Indonesia yang sebelumnya ada di peringkat ke-164, kemudian naik ke peringkat 160 menggeser Singapura.

Karena berhasil menggeser Singapura di ranking FIFA, alhasil Timnas Indoensia pun lantas masuk ke pot 3 guna drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 24 Februari 2022 mendatang.

Baca Juga: Kasus Covid Meningkat, Masih Amankah Liga 1 Digelar di Bali?

Naiknya Timnas Indonesia ke pot 3 otomatis membuat tim Merah Putih berkesempatan berada dalam satu grup dengan tim lemah dari pot ke-4.

Hanya saja hal tersebut tak menghilangkan fakta bahwa Timnas Indonesia tetap bisa saja tergabung ke grup neraka kendati ada di pot 3 Drawing Kualifikasi Piala Asia 2023.

Lantas, seberapa besar potensi Timnas Indonesia masuk ke grup neraka di Drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti?

Baca Juga: LIB Umumkan 52 Pemain dari 12 Klub Liga 1 2021 Dinyatakan Positif Covid-19

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]

Berpotensi Bertemu Negara-negara Besar di Pot 1 dan Pot 2

Sebagai informasi, drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 akan diikuti oleh 24 negara yang terbagi dalam empat pot. Adapun pembagian pot ini dibagi berdasarkan status setiap negara atau ranking FIFA.

Sebanyak 13 negara besar, termasuk tuan rumah China dan juga wakil ASEAN Vietnam, telah memastikan diri lolos lewat jalur Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Australia, dan Qatar.

Baca Juga: Avram Grant Pasrah, Aksi Pelecehan Seksualnya Dibongkar Jurnalis Wanita

Sisanya, akan diperebutkan oleh 24 tim lewat babak kualifikasi, di mana nantinya enam juara grup dan lima runner up terbaik akan melaju ke putaran final.

Jika dilihat dari pembagian pot yang ada, Timnas Indonesia berpotensi bertemu negara kuat Asia lainnya yang ada di pot 1 dan pot 2.

Di pot 1 ada enam negara kuat yakni Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kyrgyzstan, Palestina dan juga India. Sedangkan di pot 2 ada Tajikistan, Filipina, Turkmenistan, Kuwait, Hong Kong, dan rival Indonesia di ASEAN, Thailand.

Dengan kata lain, Timnas Indonesia berpeluang besar berhadapan dengan dua negara dari 12 negara di pot 1 dan pot 2 tersebut yang nantinya akan ditambah satu negara dari pot 4.

Jika melihat kekuatan dan nama besar setiap calon lawannya, Timnas Indonesia bisa dikatakan kalah. Sebagai contoh, Uzbekistan yang ada di pot 1 rata-rata pemainnya ada yang bermain di lima liga top Eropa seperti Eldor Shomurodov (AS Roma).

Lalu, ada pula India yang juga dianggap sebagai salah satu kekuatan di Asia. Belum lagi ada tim-tim dari asal Asia Utara yang punya perawakan Eropa seperti Turkmenistan, Kyrgyzstan, dan Tajikistan.

Selain itu, Timnas Indonesia juga berpotensi bertemu tim-tim Timur Tengah yang seperti Kuwait, Palestina, Yordania dan juga Bahrain.

Hanya saja, di Kualifikasi Piala Asia 2023 ini Timnas Indonesia dipastikan takkan bertemu Malaysia yang juga tergabung di pot 3.

Dengan perhitungan ini, Timnas Indonesia tetap punya kans lolos ke putaran final Piala Asia 2023 andai bisa menang dan setidaknya lolos dengan status Runner Up grup terbaik.

Peluang ini terbilang besar mengingat Timnas Indonesia akan berada dalam satu grup dengan tim dari pot 4 yang bisa dijadikan lumbung poin dalam babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak