5 Pemain Ini Jalani Debut Bareng Timnas Indonesia saat Hajar Timor Leste

Salah satunya da Ronaldo Kwateh yang jadi pemain debutan termuda di Timnas Indonesia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 28 Januari 2022 | 15:15 WIB
Pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste pada laga FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). (Dok PSSI)

Pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste pada laga FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). (Dok PSSI)

Bolatimes.com - Sebanyak lima pemain menjalani debutnya bersama Timnas senior Indonesia saat skuat Garuda menghajar Timor Leste. Siapa sajakah mereka?

Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan di laga FIFA Matchday pertamanya bulan ini kala menumbangkan Timor Leste di Bali, Kamis (27/01/22).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion I Wayan Dipta itu, Timnas Indonesia berhasil melumat tim berjuluk The Rising Sun tersebut dengan skor 4-1.

Baca Juga: Aston Villa Boyong Pemain Top Lagi, Kali Ini Calum Chambers dari Arsenal

Kemenangan Timnas Indonesia sendiri tak didapatkan secara muda. Pasalnya, anak asuh Shin Tae-yong sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Paulo Gali Freitas di menit ke-35.

Barulah di babak kedua Timnas Indonesia bisa mengejar ketertinggalan dan membalikkan keadaan atas Timor Leste. Masuknya Pratama Arhan menjadi kunci keberhasilan skuat Garuda melakukan comeback.

Pemain Timnas Indonesia berfoto menjelang menghadapi Timor Leste dalam pertandingan FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Kamis (27/1/2022). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp)
Pemain Timnas Indonesia berfoto menjelang menghadapi Timor Leste dalam pertandingan FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Kamis (27/1/2022). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp)

Timnas Indonesia mampu menyamakan kedudukan lewat Ricky Kambuaya di menit ke-65. gelandang Persebaya Surabaya itu mampu disusul oleh gol Pratama Arhan lewat titik putih di menit ke-73.

Baca Juga: Akrab Banget, Anak Shin Tae-yong dan Asnawi Nobar Indonesia vs Timor Leste

Setelahnya, bek kiri PSIS Semarang ini mampu mengarsiteki dua gol tambahan Timnas Indonesia yang dicetak melalui gol bunuh diri Gerorgino da Silva di menit ke-77 dan Filomeno di menit ke-80.

Kemenangan ini pun menjadi kabar menggembirakan bagi pendukung Timnas Indonesia. Selain itu, kemenangan ini menjadi hasil manis bagi para debutan di skuat Garuda.

Tercatat, lima pemain melakukan debutnya bersama Timnas senior Indonesia di laga melawan Timor Leste. Tentu kemenangan ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi lima pemain tersebut di laga debutnya di pentas internasional.

Baca Juga: Tak Mau Salahkan Dedik, Shin Tae-yong Tegur Semua Pemain Timnas Indonesia

Lantas, siapa saja lima pemain debutan tersebut? Berikut daftarnya.

1. Marselino Ferdinan

Pemain berusia 17 tahun ini menjadi salah satu debutan yang diturunkan Shin Tae-yong di laga Timnas Indonesia vs Timor Leste.

Baca Juga: Jadi Bintang Kemenangan atas Timor Leste, Pratama Arhan Ogah Besar Kepala

Marselino Ferdinan sendiri diturunkan Shin Tae-yong di babak kedua, tepatnya di menit ke-66 menggantikan Evan Dimas.

Laga melawan Timor Leste ini pun menjadi debut Marselino Ferdinan bersama Timnas senior Indonesia. Debut ini pun menjadi pencapaian manis bagi dirinya yang baru berusia 17 tahun.

2. Ronaldo Kwateh

Tak hanya Marselino Ferdinan saja pemain berusia 17 tahun yang diturunkan Shin Tae-yong di laga Timnas Indonesia vs Timor Leste. Ada nama rekannya, Ronaldo Kwateh yang juga dimainkan.

Sama seperti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh masuk di paruh kedua, tepatnya di awal babak kedua di ke-46 menggantikan Ramai Rumakiek.

Debut yang didapatkannya itu menjadikan Ronaldo Kwateh pemain termuda sepanjang sejarah yang melakukan debut di Timnas Indonesia di ajang internasional dengan usia 17 tahun 3 bulan 8 hari, melewati catatan Asnawi Mangkualam (17 tahun 5 bulan 17 hari).

3. Sani Rizki

Pesepak bola Timnas Indonesia U-23 Sani Rizki Fauzi (kanan) menggiring bola dengan dibayangi pesepak bola Timnas Iran U-23 Aref Gholami pada pertandingan sepak bola persahabatan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (13/11/2019). Pertandingan uji coba menjelang Timnas Indonesia U-23 ke SEA Games 2019 itu berakhir imbang dengan skor 1-1. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/wsj.
Pesepak bola Timnas Indonesia U-23 Sani Rizki Fauzi (kanan) menggiring bola dengan dibayangi pesepak bola Timnas Iran U-23 Aref Gholami pada pertandingan sepak bola persahabatan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (13/11/2019). Pertandingan uji coba menjelang Timnas Indonesia U-23 ke SEA Games 2019 itu berakhir imbang dengan skor 1-1. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/wsj.

Berbeda dengan Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh yang masuk di babak kedua, Sani Rizki menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia dengan turun sebagai starter.

Pemain milik Bhayangkara FC ini diplot sebagai bek kanan di laga melawan Timor Leste, berdampingan dengan Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, dan Edo Febriansyah.

Meski sempat kikuk di awal-awal laga, Sani mampu tampil cukup solid setelahnya dan mengawal pertahanan Timnas Indonesia agar tak kebobolan lebih banyak gol.

4. Terens Puhiri

Terens Puhiri juga menjadi salah satu pemain berstatus debutan lainnya di laga Timnas Indonesia vs Timor Leste kemarin.

Ia melakukan debutnya di babak kedua, saat masuk menggantikan Irfan Jaya di 10 menit terakhir waktu normal pertandingan.

Pemain yang dikenal akan kecepatannya ini mampu unjuk gigi dan merepotkan pertahanan Timor Leste kendati dirinya tak mencetak gol maupun assist di laga ini.

5. Achmad Figo

Dibandingkan empat pemain sebelumnya, Achmad Figo mendapat debutnya di menit-menit akhir dan hanya bermain dalam rentang waktu yang relatif singkat.

Bek serba bisa milik Arema FC ini diturunkan Shin Tae-yong di menit ke-87 untuk menggantikan Rachmat Irianto.

Meski hanya bermain dalam waktu relatif singkat, debut ini menjadi kenangan manis dan apresiasi atas kinerjanya selama tampil bagi Arema FC di BRI Liga 1 2021-2022.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak