Daftar Penyerang Timnas Indonesia yang Pernah Bobol Gawang Timor Leste

Berikut daftar striker timnas yang pernah jebol gawang Timor Leste.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 25 Januari 2022 | 16:00 WIB
Cristian Gonzales kala membobol gawang Filipina di Piala AFF 2018. (Bay Ismoyo/AFP).

Cristian Gonzales kala membobol gawang Filipina di Piala AFF 2018. (Bay Ismoyo/AFP).

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan bersua Timor Leste di ajang FIFA Matchday. Berikut kami sajikan daftar pemain tim Merah Putih yang pernah membobol gawang calon lawannya itu di masa silam.

Timnas Indonesia akan menjalani laga FIFA Matchday saat berhadapan dengan Timor Leste pada tanggal 27 dan 30 Januari 2022 nanti. Laga ini sendiri akan digelar di Bali, tepatnya di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar.

Sejatinya, Timor Leste bukanlah lawan pilihan pertama Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday. Sebelumnya, skuat Garuda dijadwalkan akan berhadapan dengan Bangladesh.

Baca Juga: Karim Konate, Bocah 17 tahun yang Masuk Skuat Pantai Gading di Piala Afrika

Hanya saja, akibat regulasi terkait pandemi Covid-19 dan situasi yang dimiliki para pemain Bangladesh, laga pun dibatalkan dan Timor Leste dipilih menjadi lawannya.

Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi Taiwan. (Dok. PSSI)
Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi Taiwan. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia sendiri membutuhkan kemenangan di laga FIFA Matchday kali ini, mengingat skuat Garuda membutuhkan poin guna menaikkan ranking FIFA.

Jika berhasil meraih kemenangan di laga FIFA Matchday melawan Timor Leste, maka Timnas Indonesia akan naik peringkat dan bisa masuk ke Pot 3 Drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 menggeser Singapura yang ada di ranking 160.

Baca Juga: Fani Supriyanto, Kiper Timnas Putri Indonesia yang Pernah Jadi Pemain Voli

Misi meraih kemenangan pun tak pelak menjadi barang wajib bagi Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong. Demi meraih kemenangan itu, skuat Garuda pun mau tak mau harus tampil menyerang dan mencetak gol.

Oleh karenanya, lini depan Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong yang saat ini didominasi pemain muda, ada baiknya melihat kembali kiprah para seniornya yang pernah membobol gawang Timor Lester.

Berikut deretan pemain Timnas Indonesia yang pernah menjebol gawang Timor Leste.

Baca Juga: Banyak Versi, Berapa Sebenarnya Usia Bintang Timor Leste Gali Freitas?

1. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas. (Twitter/@theafcdotcom).
Bambang Pamungkas. (Twitter/@theafcdotcom).

Pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa Timnas Indonesia ini menjadi salah satu penyerang skuat Garuda yang kerap membobol gawang Timor Leste.

Total dua gol telah dilesakkan Bambang Pamungkas ke gawang Timor Leste yakni satu gol pada 21 November 2010 di laga uji coba dan satu gol lagi di ajang Piala AFF 2012.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Timor Leste, Ada Nama Debutan

2. Cristian Gonzales

Penyerang naturalisasi Indonesia, Cristian Gonzales juga berhasil mengikuti jejak Bambang Pamungkas dan melesakkan dua gol ke gawang Timor Leste.

Dua gol yang dicetak penyerang berjuluk El Loco ini dicetak pada 21 November 2010 saat Timnas Indonesia menghajar Timor Leste dengan skor 6-0 di laga uji coba.

3. Yongki Ariwibowo

Selain Bambang Pamungkas dan Cristian Gonzales, bomber Timnas Indonesia lainnya yang ikut berpesta gol ke gawang Timor Leste pada uji coba tahun 2010 lalu adalah Yongki Ariwibowo.

Mantan penyerang PSIS Semarang ini menjadi pencetak gol terakhir Timnas Indonesia dalam kemenangan besar setengah lusin gol itu.

4. Sergio van Dijk

Pemain timnas Indonesia Sergio Van Dijk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
Pemain timnas Indonesia Sergio Van Dijk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Penyerang naturalisasi lainnya yang pernah menciptakan gol ke gawang Timor Leste adalah Sergio van Dijk. Total sebiji gol mampu dilesakkannya ke gawang tim berjuluk The Rising Sun itu.

Sergio van Dijk mampu mencetak gol ke gawang Timor Leste saat kedua negara bertemu di ajang uji coba jelang Piala AFF 2014. Ia menyumbangkan satu gol dari kemenangan 4-0 Timnas Indonesia.

5. Syamsul Arif

Tak hanya penyerang naturalisasi saja, penyerang lokal seperti Samsul Arif juga tak mau ketinggalan menorehkan gol ke gawang Timor Leste.

Sama seperti Sergio van Dijk, Samsul Arif mencatatkan sebiji gol ke gawang Timor Leste saat kedua negara bertemu jelang Piala AFF 2014.

6. Beto Goncalves

Alberto Goncalves alias Beto. (Sumber: Instagram).
Alberto Goncalves alias Beto. (Sumber: Instagram).

Nama terakhir di daftar penyerang ganas Timnas Indonesia yang pernah membobol gawang Timor Leste adalah Beto Goncalves.

Penyerang naturalisasi ini menyumbangkan satu gol di lanjutan grup B Piala AFF 2018 saat Timnas Indonesia mengalahkan Timor Leste dengan skor 3-1.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak