Bolaindonesia

Dikritik Haruna, Shin Tae-yong Curhat Begini ke Media Korea Selatan

Shin Tae-yong curhat ke media Korea Selatan dan kirim pesan ke suporter Timnas Indonesia usai dikritik Haruna Soemitro.

Rauhanda Riyantama

Anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, dan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat rapat evaluasi (dok. Mochamad Iriawan).
Anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, dan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat rapat evaluasi (dok. Mochamad Iriawan).

Bolatimes.com - Penikmat sepak bola Tanah Air sempat digegerkan dengan kritik Exco PSSI, Haruna Soemitro kepada Shin Tae-yong. Konflik ini lantas membuat media Korea Selatan mengadakan sesi wawancara untuk mengetahui perasaan juru latih Timnas Indonesia itu.

Sebelumnya, penikmat sepak bola Tanah Air dibuat naik pitam dengan beredarnya pernyataan Haruna Soemitro selaku Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Salah satu dari pernyataan yang dilontarkan Direktur Madura United itu adalah kritikannya kepada Shin Tae-yong serta komentarnya terhadap kinerja juru latih asal Korea Selatan itu bersama Timnas Indonesia.

Kritikan itu dilontarkan Haruna saat Rapat Evaluasi PSSI yang kemudian ia sampaikan dalam acara bincang-bincang dengan media JPNN.com di kanal YouTube-nya.

Kritik tersebut antara lain mengenai kiprah Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang menjadi Runner Up hingga menyebut kehadiran Shin Tae-yong tak memberi manfaat ke klub-klub Liga 1.

“Saya tadi sampaikan dalam rapat evaluasi, kalau hanya Runner Up, tidak perlu Shin Tae-yong, karena kita sudah beberapa kali jadi Runner Up (Piala AFF),” salah satu pernyataan Haruna.

Nyatanya, kritikan yang dilancarkan Haruna Soemitro ini melebar hingga Korea Selatan. Hal ini membuat media asal negaranya yakni JoongAng Daily pun mewawancarainya untuk mengetahui reaksi Shin Tae-yong terhadap kritik itu.

Shin Tae-yong bersama Alfeandra Dewangga dan Ramai Rumakiek. (Instagram/@shintaeyong7777)
Shin Tae-yong bersama Alfeandra Dewangga dan Ramai Rumakiek. (Instagram/@shintaeyong7777)

Kirim Pesan untuk Suporter Timnas Indonesia

Dalam wawancaranya bersama JoongAng Daily, Shin Tae-yong tak mau berkata banyak atas kritikan dari Haruna Soemitro. Bahkan ia menyebut bahwa konflik ini membuat perasaannya (Mood) tidak baik.

“Saya sedang tidak dalam mood yang baik, tapi saya tidak akan mengatakan sesuatu yang spesial,” tutur Shin Tae-yong terkait kritik Haruna Soemitro.

Malahan, Shin Tae-yong memuji dan mengapresiasi dukungan pendukung Timnas Indonesia kepadanya. Ia berterima kasih kepada para pendukung skuat Garuda yang mendukungnya dan berada di belakangnya saat Haruna mengkritiknya.

“Saya hanya ingin berterima kasih ke suporter karena mengetahui bahwa tim kami bekerja keras dan (sudah) mendukung kami,” ucap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sendiri saat ini tengah disibukkan dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Bali jelang agenda FIFA Matchday.

Adapun lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia adalah Timor Leste, menyusul batalnya pertandingan melawan Bangladesh akibat aturan selama pandemi Covid-19.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini