Bolaindonesia

5 Pemain Keturunan yang Bisa Dicoba Shin Tae-yong di Piala AFF U-23

Berikut pemain keturunan yang bisa perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022.

Rauhanda Riyantama

Pemain kelturunan Indonesia, Jelte Pal. (Instagram/jelte_pal)
Pemain kelturunan Indonesia, Jelte Pal. (Instagram/jelte_pal)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 akan berlaga di Piala AFF U-23 2022 dan SEA Games 2021. Sebanyak 5 pemain keturunan bisa jadi alternatif pelatih Shin Tae-yong untuk masuk dalam daftar pemain.

Beberapa waktu belakangan, Shin dan PSSI memang getol mencari pemain keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri. Selain itu, pelatih asal Korea Selatan ini juga meminta federasi untuk menaturalisasi beberapa pemain.

Berikut lima daftar pemain keturunan yang bisa dipanggil oleh Shin untuk memperkuat Timnas U-23. Berikut ulasannya.

1. Jalte Pal

Jalte Pal adalah pemain blasteran Indonesia-Belanda. Usianya juga masih sangat muda yakni 19 tahun dan kini bermain untuk Willem II U-21.

Musim ini, Pal sudah mentas sebanyak 10 kali dan mencetak 1 gol. Dari penuturannya ketika diwawancarai oleh Yusaa Nugraha di akun Youtube pribadinya, Pal mengaku tertarik membela Garuda Muda.

“Tentu senang jika suatu hari nanti menerima undangan dari federasi (PSSI). Tapi, tentu saya akan membicarakannya dengan agen saya dan keluarga," kata Jelte Pal.

2. Jim Croque

Sama seperti Pal, Jim Croque adalah pemain berdarah Belanda-Indonesia. Yang membedakan adalah segi usia yakni 17 tahun.

Terkini, Croque bermain untuk Vitesse U-18. Dan penampilannya terbilang ciamik dengan menorehkan 5 gol dan 3 assist musim ini.

Pada November 2021, Croque sempat menyampaikan keinginannya untuk menjadi pemain Timnas Indonesia.

“Kita ada kompetisi sekarang dan Nay Giro Sambo (rekan setimnya) bergabung bersama Curacao U20 dan dia akan pergi selama tiga minggu lamanya. Jadi, saya pikir mereka (Indonesia) hanya harus mengundang saya. Setidaknya, mereka bisa mencobanya,” ujar Croque kepada @footballtalentnesia.

3. Daniel Klein

Daniel Klein adalah pemain keturunan Jerman-Indonesia. Darah Indonesia sendiri datang dari ibunya yang berasal dari Bali.

Sayang, Klein masih memprioritaskan Timnas Jerman sebagai pilihan utamanya. Artinya, ia masih belum mau berseragam Garuda Muda.

4. Ivar Jenner

Jenner saat ini bermain untuk FC Utrecht U-18. Usianya masih sangat muda yakni 18 tahun.

Jenner juga merupakan pemain blasteran. Darah Indonesia didapatkannya dari sang kakek yang berasal dari Kencong, Kediri, Jawa Timur.

Oh, ya, Jenner sudah mentas untuk Timnas Belanda U-15 saat imbang 1-1 kontra Belgia U-15 pada 7 Maret 2019. Meski begitu, tidak menutup peluang untuk membela Timnas Indonesia di masa depan.

5. Mees Hilgers

Hilgers kian santer dikabarkan akan segera dinaturalisasi. Pemain blasteran Belanda-Indonesia itu kini main di FC Twente di Liga Belanda 2021-2022.

Baru berumur 20 tahun, tetapi Hilgers kerap mendapatkan kepercayaan untuk mengawal jantung pertahanan Twente. Dia sudah 17 kali main dengan torehan satu gol dan satu assist.

Saat ini, proses naturalisasi Hilgers sedang berlangsung. Jika proses naturalisasinya sudah rampung, Mees Hilgers bisa menjadi andalan di jantung pertahanan Timnas Indonesia U-23.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini