3 Lawan Terberat Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022

Timnas Indonesia wajib mewaspadai tiga tim ini demi mempertahankan gelar juara Piala AFF U-23.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 11 Januari 2022 | 16:00 WIB
Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 akan segera beraksi di Piala AFF U-23 2022 di Kamboja. Demi mempertahankan gelar juara, skuat Garuda Muda harus mewaspadai tiga lawan berat di ajang ini.

Piala AFF U-23 2022 akan berlangsung sejak 14 hingga 26 Februari 2022 mendatang. Shin Tae-yong selaku pelatih dan Timnas Indonesia U-23 pun diunggulkan untuk menjadi juara ajang ini.

Bukan tanpa alasan Timnas Indonesia U-23 dijagokan menjadi juara. Sebab, Shin Tae-yong disebut akan memainkan beberapa pemain muda yang pernah unjuk gigi di Piala AFF 2020.

Baca Juga: Tulis Salam Perpisahan dengan PSIS, Dewangga Segera Gabung Klub Korsel?

Sebagaimana diketahui, di Piala AFF 2020 lalu Timnas Indonesia lebih banyak memainkan pemain muda ketimbang kontestan lainnya. Para pemain ini rata-rata berada di bawah usia 23 tahun.

Maka tak mengherankan sama sekali jika Timnas Indonesia U-23 arahan Shin Tae-yong menjadi unggulan teratas untuk menjuarai ajang ini.

Meski punya status unggulan teratas, Timnas Indonesia U-23 dan Shin Tae-yong tetap wajib waspada agar tak tergelincir di babak grup maupun di babak selanjutnya.

Baca Juga: Dibercandain Deddy Corbuzier Soal Korea Utara, Shin Tae-yong Beri Nasihat

Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia harus mewaspadai setidaknya tiga pesaing berat di Piala AFF U-23 2022 di Kamboja nanti.

Lantas, siapa saja para pesaing terberat di Piala AFF U-23 2022 itu?

1. Vietnam

Baca Juga: Belum Lancar Berbahasa Indonesia, Celetukan Shin Tae-yong Undang Tawa

Meski tanpa kehadiran Park Hang-seo dan hanya memainkan pemain U-21, Vietnam tetap wajib diwaspadai karena punya perkembangan paling apik dibanding negara Asia Tenggara lainnya.

Vietnam sendiri memilih menurunkan pemain U-21 demi mempersiapkan para pemainnya tersebut jelang SEA Games 2023.

Dengan rataan pemain yang masih muda dan minim pengalaman, Vietnam bisa menjadi ganjalan bagi Timnas Indonesia U-23. Apalagi di usia U-21, para pemain The en Stars akan memiliki fisik yang prima selama bermain.

Baca Juga: Jadwal Timnas Putri Indonesia di Piala Asia 2022, Lawan Pertama Australia

2. Malaysia

Di fase grup, Timnas Indonesia U-23 harus mewaspadai kebangkitan Malaysia bersama tim U-23 nya. Apalagi, Harimau Malaya Muda akan dipimpin oleh Brad Maloney.

Sebagai catatan, Brad Maloney merupakan juru taktik yang berhasil membawa Malaysia lolos ke Piala Asia U-19 pada 2020 lalu.

Dengan pengalaman itu dan pemain bekas Piala Asia U-19, Brad Maloney juga bisa menjadi batu sandungan yang bisa saja menghentikan langkah Timnas Indonesia U-23 di babak grup.

3. Thailand

Selain Vietnam, Thailand menjadi negara kuat yang kerap menjadi batu sandungan bagi Timnas Indonesia  baik senior dan kelompok umur.

Thailand sendiri mematokkan gelar juara yang sebelumnya gagal diraih pada 2019 lalu. Anak asuh Worrawoot Srimaka bahkan telah mempersiapkan diri dengan baik jelang Piala AFF U-23 2022.

Salah satunya adalah dengan beruji tanding bersama Kuwait. Trial ini bisa memberikan suntikan kekuatan bagi Thailand jelang Piala AFF U-23 nanti.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak