Bolaindonesia

Andalan Timnas Indonesia yang bakal Tergusur jika 4 Pemain Keturunan Datang

Berikut 4 pemain andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang berpotensi tergusur jika 4 pemain keturunan datang.

Rauhanda Riyantama

Penyerang Timnas Indonesia, Irfan Jaya berselebrasi bersama rekan-rekannya usai bobol gawang Malaysia. (Instagram/affsuzukicup)
Penyerang Timnas Indonesia, Irfan Jaya berselebrasi bersama rekan-rekannya usai bobol gawang Malaysia. (Instagram/affsuzukicup)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong tengah gencar memanggil pemain keturunan untuk membela Timnas Indonesia. Kondisi ini bisa saja berdampak pada pemain andalan skuat Garuda yang baru saja berpartisipasi Piala AFF 2020.

Sejauh ini Shin sudah mengantongi 4 nama pemain keturunan dan naturalisasi yang akan membela Timnas Indonesia. Mereka ialah Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (KAS Eupen), Ragnar Oratmangoen (Go Ahead Eagles) dan Mees Hilgers (FC Twente).

Terbaru,  persyaratan data Walsh dan Amat yang dibutuhkan sudah lengkap. PSSI tinggal memproses naturalisasi dua pemain yang merumput di Liga Belgia tersebut.

Adapun, untuk Hilgers dan Oratmangoen, keduanya baru saja bersedia membela Timnas Indonesia setelah mendapat telepon langsung dari Shin. Dalam waktu dekat, dokumen keduanya bakal dikumpulkan PSSI untuk mengikuti jejak Walsh dan Amat.

Yang jadi soal, jika keempat pemain ini sudah berstatus WNI dan siap membela Timnas Indonesia, ada sejumlah pemain yang berpotensi tergeser. Berikut Bolatimes rangkum siapa-siapa saja pemainnya:

1. Asnawi Mangkualam

Aksi Asnawi Mangkualam saat laga Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. AFF)
Aksi Asnawi Mangkualam saat laga Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Asnawi sudah paten di pos bek kanan. Di Piala AFF, sebanyak 8 laga yang dijalaninya, ia nyaris tak tergantikan.

Jauh sebelum itu, Asnawi sudah terus berada di pos bek kanan. Mulai dari Kualifikasi Piala Dunia, Kualifikasi Pra Piala Asia, dan Piala Asia U-23.

Nah, posisi Asnawi akan rentan tergerus oleh Sandy Walsh. Sebab, pemain berpaspor Belgia ini ada di posisi bek kanan dan berpotensi dipasang di posisi tersebut.

2. Rizky Ridho dan Fachruddin Aryanto

Rizky Ridho jadi sorotan Piala AFF. (Dok. Piala AFF)
Rizky Ridho jadi sorotan Piala AFF. (Dok. Piala AFF)

Pos bek tengah selama Piala AFF dihuni oleh Rizky Ridho dan Fachruddin Aryanto. Namun, pemilik nama terakhir adalah pemain yang paling sering diturunkan oleh Shin.

Melihat usia Fachruddin yang tak lagi muda, kemungkinan besar peran bek tengah akan diemban oleh Rizky Ridho. Nah, yang jadi soal, posisinya kini terancam.

Pasalnya, Amat dan Hilgers sama-sama berposisi sebagai bek tengah. Kemungkinan mereka berduet amat besar lantaran pos tersebut bisa menutupi lubang yang cukup besar di Piala AFF.

Untuk Ridho, dia juga kudu bersaing dengan Elkan Baggott di pos bek tengah. Ini juga berat karena Elkan saja belum pernah menjadi starter di Piala AFF.

3. Ramai Rumakiek dan Irfan Jaya

Winger Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek, di Bandara Tajikistan. (Dok. PSSI)
Winger Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek, di Bandara Tajikistan. (Dok. PSSI)

Ramai dan Irfan berpotensi tergerus. Sebab, satu nama pemain naturalisasi yakni Oratmangoen akan mengisi posisi mereka.

Pemain Go Ahead Eagles ini dapat bermain di banyak posisi mulai dari gelandang sentral, gelandang serang hingga winger. Namun, ia lebih sering mentas sebagai winger kiri.

Karena itu, Ramai Rumakiek dan Irfan Jaya yang sering berposisi sebagai winger kiri dalam ancaman seiring kehadiran Oratmangoen.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini