Bolaindonesia

Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Bangladesh, Skuat Garuda Unggul Telak

Indonesia tercatat enam kali melawan Bangladesh.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan beraksi pasca unjuk gigi di Piala AFF 2020. Dalam waktu dekat, tim Merah Putih akan melaksanakan laga FIFA Matchday yang kemungkinan besar bersua Bangladesh.

Dijadwalkan Timnas Indonesia akan menghadapi Bangladesh sebanyak dua kali. Laga tersebut akan digelar pada 24 Januari dan 1 Februari 2022 mendatang di Bali.

"Untuk Januari ini kita lagi komunikasi dengan Bangladesh karena mereka mau ke sini (Indonesia), tapi dua kali main," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (6/1/2022).

"Jadi kalau Bangladesh minta dua kali main Brunei Darussalam tidak jadi, karena aturannya FIFA Match Day hanya dua kali match," tambahnya.

Laga ini sendiri menjadi laga penting bagi Timnas Indonesia guna mengatrol ranking FIFA. Sebagai informasi, skuat Garuda saat ini berada di peringkat ke-164.

Meski secara ranking Bangladesh berada di bawah Timnas Indonesia, namun kemenangan di laga nanti akan membuat rangking skuat Garuda merangkak naik dan bahkan bisa saja menggusur Singapura di peringkat ke-160.

Jika dilansir dari laman 11v11, Timnas Indonesia pernah berhadapan dengan Bangladesh sebanyak enam kali. Yang mana keduanya terakhir kali bertemu pada 2008 silam di laga Friendly Match.

Untuk itu, mari melihat kiprah Timnas Indonesia ketika melawan Bangladesh dalam enam laga tersebut.

1. Turnamen Merdeka 29 Juli 1975: Timnas Indonesia 4 – 0 Bangladesh
2. Friendly Match 10 Agustus 1984: Timnas Indonesia 2 – 1 Bangladesh
3. Kualifikasi Piala Dunia 1986 zona Asia 18 Maret 1985: Timnas Indonesia 2 – 0 Bangladesh
4. Kualifikasi Piala Dunia 1986 zona Asia 02 April 1985: Bangladesh 2 – 1 Timnas Indonesia
5. Trofi Quaid E Azam 23 April 1985: Bangladesh 1 – 1 Timnas Indonesia
6. Friendly Match 13 November 2008: Bangladesh 0 – 2 Timnas Indonesia

Dengan kata lain, Timnas Indonesia memiliki rekor empat kemenangan, sekali hasil imbang dan sekali kekalahan saja ketika bertemu Bangladesh.

Dalam enam pertemuan itu, Timnas Indonesia bahkan mampu melesakkan 12 gol dan hanya kebobolan empat gol saja dari Bangladesh. Dengan catatan ini, skuat besutan Shin Tae-yong makin percaya diri saat berhadapan di Bali nanti.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini