Bolaindonesia

Namanya Jawa Banget, Pemain Liga Jerman Ini Justru Dianggap Orang Vietnam

Dia adalah Robin Soeradhiningrat. Berposisi sebagai kiper, dia berkarier di Liga Jerman

Irwan Febri Rialdi

Robin Soeradhiningrat ialah kiper yang bermain di kasta keempat Liga Jerman. (Twitter/@FT_IDN)
Robin Soeradhiningrat ialah kiper yang bermain di kasta keempat Liga Jerman. (Twitter/@FT_IDN)

Bolatimes.com - Di Liga Jerman, ada pemain yang namanya sangat Indonesia atau bahkan Jawa banget, yakni Robin Soeradhiningrat. Namun, dalam Transfermarkt, kewarganegaraannya disebut Jerman dan Vietnam.

Pemain berdarah Indonesia tersabar di sejumlah negara di dunia. Di Eropa, cukup banyak pemain berdarah Indonesia yang saat ini tengah merintis karier. Salah satu negara yang cukup banyak pemain berdarah Indonesia ialah Belanda.

Selain Belanda, ada juga Jerman. Di Jerman terdapat pemain berdarah Indonesia seperti Kelana Noah Mahessa yang bermain untuk SPVG Frechen 1920.

Tidak hanya Kelana, ada juga pemain berposisi kiper bernama Daniel Klein yang saat ini berusia 20 tahun dan bermain di klub Bundesliga, FC Augsburg.

Sayangnya, Daniel Klein sempat menegaskan bahwa ia menolak untuk membela timnas Indonesia. "Aku tidak tahu untuk saat ini, aku pikir aku akan tetap di tim nasional Jerman,” kata Daniel Klein mengutip dari akun Twitter @FT_IDN.

Daniel Klein mungkin bukan satu-satunya kiper berdarah Indonesia di Jerman. Ada juga nama seorang kiper yang sangat Indonesia yakni Robin Soeradhiningrat.

Saat ini Robin bermain untuk klub kasta keempat Liga Jerman, FC Germania Egestorf/Langreder. Menariknya meski memiliki nama yang sangat khas dengan orang Indonesia, dikutip dari data Transfermarkt, Robin memiliki kewarganegaran Jerman dan Vietnam.

Robin Soeradhiningrat. (Transfermarkt)
Robin Soeradhiningrat. (Transfermarkt)

Sejak Mei 2020 lalu, Robin naik promosi membela tim utama FC Germania Egestorf/Langreder. Ia dipromosikan dengan dua pemain lainnya, Dominik Swientek dan Hannes Milan.

Bisa promosi untuk bermain di tim utama, Robin yang masih berusia 20 tahun mengaku sangat senang. "Saya sangat menantikan untuk bekerja dengan dua pelatih kiper berpengalaman seperti Christoph Raum dan Markus Straten-Wolf," ucapnya.

Terkait namanya yang sangat Indonesia, belum diketahui pasti apakah ia memang benar memiliki darah Indonesia atau tidak. Di halaman resmi DFB, Robin hanya disebutkan memiliki kewarganegaraan Jerman.

Sebelum membela klub FC Germania Egestorf/Langreder, Robin sempat semusim membela Hannover 96 U-17 dan melakoni 3 pertandingan untuk musim 2017-18.

Akan tetapi akun Twitter @FT_IDN sempat mengatakan bahwa Robin memang memiliki darah Indonesia.

"Robin Soeradhiningrat (19) Penjaga Gawang muda Indonesia berpaspor Jerman. Tiga bulan lalu Ia mengatakan bahwa Kedua orang tuanya adalah WNI yang menetap di Jerman," kicau akun @FT_IDN pada Januari tahun lalu.

(Suarabekaci.id/Galih Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini