Bolaindonesia

Dua Pelatih Mundur usai Timnya Dihajar Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Terbaru, Tan Cheng Hoe mundur sebagai pelatih Timnas Malaysia.

Husna Rahmayunita

Pelatih Timnas Singapura, Tatsuma Yoshida. (Dok. FA Singapura)
Pelatih Timnas Singapura, Tatsuma Yoshida. (Dok. FA Singapura)

Bolatimes.com - Dua pelatih memutuskan menanggalkan jabatannya maupun dipecat sebagai juru taktik tim nasional usai mengalami kegagalan di Piala AFF 2020. Ada Tan Cheng Hoe dan Tatsuma Yoshida.

Sesaat setelah Piala AFF 2020 usai, sepak bola Asia Tenggara dikejutkan dengan kabar mundurnya Tan Cheng Hoe dari kursi kepelatihan tim nasional Malaysia.

Keputusan mundurnya Tan Cheng Hoe diamini oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Saifuddin Abu Bakar.

"Tan Cheng Hoe telah mengadakan perbincangan dengan pihak FAM dan menyatakan niatnya untuk mundur menyusul kegagalan skuatnya melangkah ke semifinal Piala Suzuki AFF 2020 di Singapura, baru-baru ini," ujar Saifuddin Abu Bakar dikutip dari laman media Malaysia, Semuanya BOLA.

Keputusan mundurnya Tan Cheng Hoe sendiri lantas mengakhiri kebersamaannya dengan tim Harimau Malaya yang telah berlangsung sejak 2017.

Pelatih berusia 53 tahun ini punya rekam jejak tak buruk selama menukangi Malaysia. Bersamanya tim Harimau Malaya mampu menembus final Piala AFF 2018 sebelum tumbang dari Vietnam.

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. (Dok. FAM).
Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. (Dok. FAM).

Tak cukup sampai di situ, Tan Cheng Hoe juga sempat membawa Malaysia bertengger di puncak klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, di atas Vienam, Thailand, dan Uni Emirat Arab.

Sayangnya pencapaian apik di masa lampau milik Tan Cheng Hoe seketika sirna tatkala Malaysia terseok-seok di Piala AFF 2020.

Malaysia harus gagal lolos dari fase grup B usai tumbang dari Vietnam dengan skor 0-3 dan Timnas Indonesia dengan skor 1-4.

Nyatanya, tak hanya Tan Cheng Hoe saja pelatih yang memilih mundur setelah gelaran Piala AFF 2020. Ia menyusul Tatsuma Yoshida yang lebih dulu menanggalkan jabatan sebagai pelatih.

Tatsuma Yoshida, Pelatih Pertama di Piala AFF 2020

Pelatih asal Jepang, Tatsuma Yoshida juga memilih mundur usai gagal membawa tuan rumah Singapura lolos ke final Piala AFF 2020.

Tatsuma Yoshida memilih mengundurkan diri sesaat setelah tumbang di semifinal Piala AFF 2020 secara agregat dari Timnas Indonesia.

Ia mengakhiri petualangannya bersama tim nasional Singapura yang telah ditukanginya selama 2,5 tahun sejak Mei 2019.

Awalnya keputusan mundur ini ditengarai karena pelatih berusia 47 tahun ini ingin menghabiskan waktu dengan keluarga di Jepang.

Namun, beberapa hari pasca mundur dari kursi kepelatihan tim nasional Singapura, Tatsuma Yoshida malah bergabung dengan klub J2 League, Ventforet Kofu.

Ventforet Kofu sendiri bukanlah klub yang asing bagi mantan pelatih Kashiwa Reysol itu. Ia pernah menukangi klub J2 League tersebut pada periode 2017-2018.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini