Bolaindonesia

Mengenal Rifal Lastori, Pemain Spesialis Promosi Liga 1

Rifal Lastori baru saja mengantar Rans Cilegon FC promosi ke Liga 1 musim depan.

Rauhanda Riyantama

Aksi Rifal Lastori saat Rans Cilegon FC kalahkan PSIM Yogyakarta 3-0 di semifinal Liga 2 2021. (Instagram/rans.cilegonfc.official)
Aksi Rifal Lastori saat Rans Cilegon FC kalahkan PSIM Yogyakarta 3-0 di semifinal Liga 2 2021. (Instagram/rans.cilegonfc.official)

Bolatimes.com - Liga 2 2021 telah menemukan tiga tim yang akan promosi ke pentas Liga 1 musim depan. Nama Rifal Lastori pun menjadi perbincangan karena lagi-lagi ia membawa tim yang dibelanya promosi.

Tiga tim Liga 2 2021 yakni Persis Solo, RANS Cilegon FC dan Dewa United dipastikan akan berlaga di kompetisi teratas sepak bola Tanah Air.

Kepastian ini didapatkan oleh ketiga tim setelah menjalani babak semifinal yang berlangsung pada Senin (27/12/21) dan pada Kamis (30/12/21) kemarin.

RANS Cilegon FC menjadi tim pertama Liga 2 yang memastikan promosi ke Liga 1 pasca meraih kemenangan 3-1 atas PSIM Yogyakarta.

Keberhasilan klub berjuluk The Prestige Phoenix promosi ini pun mampu disusul oleh Persis Solo yang pada babak semifinal berhasil mengalahkan Dewa United dengan skor 2-1.

Kemenangan RANS Cilegon FC dan Persis Solo tersebut membuat satu tiket tersisa pun harus diperebutkan oleh PSIM Yogyakarta dan Dewa United.

Di perebutan tempat ketiga yang berlangsung Kamis (30/12/21), Dewa United berhasil memastikan satu tiket tersisa usai menundukkan PSIM dengan skor 1-0.

Alhasil, Dewa United menemani RANS Cilegons FC dan Persis Solo sebagai tim yang akan berkancah di panggung Liga 1 musim depan.

Di balik promosinya ketiga tim tersebut, ada fakta menarik yang tercipta. Hal ini menyangkut nama penggawa Borneo FC yang dipinjamkan ke RANS Cilegon FC, yakni Rifal Astori.

Keberhasilan RANS Cilegon FC promosi lantas membuat Rifal Astori menjadi pemain yang paling banyak mengantarkan tim promosi ke Liga 1.

Pemain PSS Sleman, Cristian Gonzales, Rangga Muslim dan Rifal Lastori (Stephanus Aranditio/Bolatimes.com)
Pemain PSS Sleman, Cristian Gonzales, Rangga Muslim dan Rifal Lastori (Stephanus Aranditio/Bolatimes.com)

Spesialis Promosi

Rifal Lastori bukan sekali saja membawa tim yang ia bela promosi ke Liga 1. Total sudah tiga kali tim yang dibelanya naik kasta ke kompetisi teratas.

Sebelum RANS Cilegon FC, pemain berusia 24 tahun ini sebelumnya mampu membawa PSIS Semarang promosi ke Liga 1 pada 2017 dan PSS Sleman promosi pada 2018.

Uniknya lagi, Rifal Lastori membawa PSIS, PSS Sleman dan RANS Cilegon FC promosi ke Liga 1 dengan status pemain pinjaman dari Borneo FC.

Sebagai informasi tambahan, Rifal Lastori merupakan pemain jebolan akademi Borneo FC. Ia sempat berpetualang ke Semen Padang sebelum kembali ke pangkuan klub berjuluk Pesut Etam itu.

Usai kembali ke Borneo FC pada awal tahun 2017, Rifal Astori dipinjamkan ke PSIS Semarang di mana ia berhasil membawa Laskar Mahesa Jenar promosi.

Tahun berikutnya pada 2018, Borneo FC meminjamkannya ke PSS Sleman. Lagi-lagi Rifal Lastori berhasil membawa Super Elang Jawa ke kompetisi teratas dengan status juara Liga 2.

Setelahnya, Rifal Lastori pun tak dipinjamkan dan bermain untuk Borneo FC sejak akhir tahun 2018 hingga pertengahan tahun 2020.

Di pertengahan tahun 2020, Rifal Lastori pun sempat dipinjamkan ke Sulut United. Namun, akibat tak ada kejelasan kompetisi akibat pandemi membuatnya kembali ke Borneo FC di akhir tahun.

Pada April 2021, Rifal Lastori kembali dipinjamkan ke RANS Cilegon FC. Di sinilah ia mencatatkan diri sebagai spesialis promosi karena berhasil membawa The Prestige Phoenix promosi ke Liga 1 dengan status Runner Up Liga 2 2021.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini