Profil Ahmad Bustomi, Pemain Baru Persija yang Nyaris Pensiun akibat Cedera

Ahmad Bustomi didatangkan Persija untuk mengarungi putaran kedua Liga 1 2021.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 29 Desember 2021 | 14:30 WIB
Pemain baru Persija Jakarta, Ahmad Bustomi. (Dok. Persija)

Pemain baru Persija Jakarta, Ahmad Bustomi. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Persija Jakarta terus menambah kekuatan jelang putaran kedua Liga 1 2021. Teranyar klub berjuluk Macan Kemayoran itu merekrut gelandang gaek, Ahmad Bustomi.

Ahmad Bustomi resmi diperkenalkan sebagai pemain anyar Persija pada Selasa (28/12/21). Hal ini diketahui dari unggahan di akun Instagram klub asal ibu kota tersebut.

Pemain berusia 36 tahun ini direkrut usai berstatus bebas transfer. Bustomi pun menjadi rekrutan ketiga Persija sepanjang Desember ini.

Baca Juga: Mantan Anak Didik Shin Tae-yong Kembali Jadi Pemain Terbaik Korea Selatan

Sebelum merekrut Bustomi, Persija telah mendatangkan dua pemain yakni Ichsan Kurniawan dan Samuel Cristianson Simanjuntak.

Kepindahan Bustomi ke Persija pun akhirnya terealisasi di tahun ini. Sebelumnya, Macan Kemayoran telah beberapa kali ingin memboyongnya ke ibu kota.

Pemain baru Persija Jakarta, Ahmad Bustomi. (Dok. Persija)
Pemain baru Persija Jakarta, Ahmad Bustomi. (Dok. Persija)

“Sebenarnya sudah beberapa kali sempat hampir ke Persija. Alhamdulillah jodohnya tahun ini,” ujar Bustomi dilansir dari laman resmi klub.

Baca Juga: Park Hang-seo Dikabarkan akan Dipecat Vietnam usai Gagal di Piala AFF 2020

Bustomi pun mengaku tertantang untuk mengangkat derajat Persija di klasemen Liga 1 2021-2022 yang saat ini tertahan di peringkat ke-8.

“Insyaallah bisa. Kami masih ada putaran kedua, sekitar 17 pertandingan lagi. Saya lihat materi Persija bagus. Banyak pemain muda potensial dan dihuni beberapa pemain senior yang mumpuni," lanjutnya.

Bergabung di usia 36 tahun, banyak yang menduga Bustomi telah habis. Apalagi mantan penggawa Timnas Indonesia ini pernah mengalami cedera parah semasa bermain.

Baca Juga: Persija Jakarta Resmi Datangkan Gelandang Timnas Mali, Makan Konate

Tak tanggung-tanggung, cedera itu hampir membuat Bustomi pensiun dini dari dunia sepak bola yang membesarkan namanya. Berikut profil lengkap Ahmad Bustomi, termasuk riwayat cedera yang ia miliki.

Ahmad Bustomi, Dirijen Permainan yang Akrab dengan Cedera

Ahmad Bustomi lahir di Jombang pada 13 Juli 1985. Pria yang akrab disapa Cimot ini mengawali karier sepak bolanya di Persema Malang.

Baca Juga: Jelang Duel Lawan Timnas Indonesia, Striker Thailand Tengah Dimabuk Asmara

Diasuh oleh pelatih legendaris sekelas Danurwindo di Persema, membuat Bustomi pun menjadi pemain yang matang dan membuatnya dilirik tim besar.

Pada 2008 Bustomi menyeberang ke rival, Arema Indonesia yang saat itu tengah serius membangun skuat untuk meraih gelar juara.

Bustomi pun menjadi andalan pelatih saat itu, Robert Rene Alberts, yang memasangkannya dengan pemain kawakan seperti Roman Chmelo dan Esteban Guillen.

Apiknya penampilan Bustomi dengan deretan bintang ternama di Arema pun membuat trofi Liga Indonesia (saat itu bernama ISL) datang ke Malang.

Persija memperkenalkan gelandang barunya, Ahmad Bustomi pada Selasa (28/12/2021). (ANTARA/HO/Persija)
Persija memperkenalkan gelandang barunya, Ahmad Bustomi pada Selasa (28/12/2021). (ANTARA/HO/Persija)

Setelahnya Bustomi kerap bergonta-ganti klub di mana Arema selalu menjadi tempat kepulangannya. Pada 2011 ia bergabung di Mitra Kukar dan kembali ke Singo Edan pada 2014.

Pada 2016, ia bergabung Madura United. Namun setengah musim berselang Bustomi memutuskan kembali ke Arema.

Pada 2018, Bustomi kembali ke Mitra Kukar dan bertahan cukup lama yakni hingga 2020, sebelum memutuskan kembali ke Jawa Timur dengan bergabung Persela Lamongan.

Penampilan impresif Bustomi di level klub membuatnya mendapat kepercayaan untuk membela tim nasional Indonesia di kelompok umur maupun senior.

Panggilan bela negara pertama yang diterimanya adalah untuk membela Indonesia bersama tim U-23 di Asian Games, SEA Games, dan Pra Olimpiade.

Adapun debutnya di Timnas senior terjadi pada 8 Oktober 2010. Tak tanggung-tanggung, debutnya kala itu melawan Uruguay di SUGBK.

Sebagai pesepak bola, Bustomi pun tak bisa terhindar dari cedera. Namun cedera yang didapatkannya dalam kariernya terbilang tak biasa untuk pemain Indonesia dan hampir membuatnya pensiun.

Cedera terparah yang diterima Bustomi adalah cedera ACL yang ia dapat pada gelaran ISL 2014. Cedera inilah yang hampir membuatnya berhenti berkarier menjadi pesepak bola.

Bagaimana tidak, setelah melewati pengobatan alternatif dan dinyatakan sembuh, Bustomi kembali mengalami cedera lainnya yakni cedera lutut usai bertabrakan dengan Osvaldo Haay.

Cedera ACL yang jadi momok pesepak bola pun kembali kambuh pada 2018 saat ia membela Mitra Kukar. Akhirnya, Bustomi mantap mengambil jalur operasi agar tak kambuh.

Alhasil, Bustomi pun harus menepi dalam waktu yang lama dan absen sepanjang 2018 guna menjalani pemulihan pasca operasi.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak