Bek Singapura Harus Mengakhiri Perjalanannya di Piala AFF 2020 Lebih Cepat

Bek andalan Singapura harus mengakhiri perjalanannya di Piala AFF 2020 ini karena mengalami cedera parah.

Selasa, 21 Desember 2021 | 15:30 WIB
Shakir Hamzah alami cedera ACL, sehingga perjalannya di Piala AFF 2020 harus berakhir. (Facebook/FAS)

Shakir Hamzah alami cedera ACL, sehingga perjalannya di Piala AFF 2020 harus berakhir. (Facebook/FAS)

Bolatimes.com - Jelang semifinal Piala AFF 2020, timnas Indonesia mendapatkan keuntungan karena bek andalan Singapura, Shakir Hamzah, harus menyudahi perjalanannya di sisa turnamen.

Timnas Indonesia yang menjadi juara grup B akan bertemu dengan Singapura yang menempati runner up grup A. Laga semifinal ini akan berlangsung dua leg pada 22 dan 25 Desember.

Jelang pertandingan itu, Singapura mendapatkan kabar buruk. Sebab, bek andalannya bernama Shakir Hamzah mengalami cedera parah.

Baca Juga: Sering Mangkir Latihan, Nerius Alom Diputus Kontrak oleh PSIS Semarang

Dalam pernyataan Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS), Minggu (19/12/2021), menyebutkan bahwa bek berusia 29 tahun itu mengalami cedera ligamen anterior cruciatum (ACL) serta ligamen kolateral medial dan meniskus di lutut kanannya.

Pada laga terakhir grup A melawan Singapura, Shakir ditandu keluar lapangan pada menit ke-12 usai bertabrakan dengan Thitiphan Puangchan.

Pelatih Singapura Tatsuma Yoshida mengaku kehilangan sosok Shakir. Dia menyayangkan pemainnya itu tak bisa melanjutkan sisa turnamen.

Baca Juga: Klopp Ogah Rekrut Pemain yang Belum Divaksi di Bursa Transfer Januari

“Kita semua tahu apa yang dia bawa ke tim; sejak Juni, dia mendapatkan kembali kepercayaan kami dan sikap serta komitmennya terhadap tim telah meningkat secara besar-besaran," ucap Yoshida dikutip dari The Straits Times, Selasa (21/12/2021).

Bek Timnas Singapura, Shakir Hamzah, dalam pertandingan melawan Timor Leste di Piala AFF 2020. (Dok. FAS)
Bek Timnas Singapura, Shakir Hamzah, dalam pertandingan melawan Timor Leste di Piala AFF 2020. (Dok. FAS)

"Shakir telah berkembang menjadi pemain kunci di tim dan kami akan merasakan ketidakhadirannya baik di dalam maupun di luar lapangan," imbuhnya.

Yoshida kemudian mendoakan yang terbaik untuk anak asuhnya. Dia berharap Shakir akan segera pulih dan bangkit dari situasi buruk ini.

Baca Juga: Diserang Netizen karena Aksinya Pamer Kemaluan, Ini Respons Patrich Wanggai

Dengan absennya bek andalan Singapura itu, tentu timnas Indoensia bisa mengambil keuntungan. Shin Tae-yong bisa memanfaatkan kecepatan yang dimiliki anak asuhnya untuk membongkar lini pertahanan The Lions.

Apalagi di skuat Singapura hanya memiliki Nur Adam Abdullah yang punya posisi alami untuk menggantikan Shakir.

Di luar itu, Yoshida memang punya beberapa pemain lain seperti Zulfahmi Arifin dan Zulqarnaen Suzliman, dan Tajeli Salamat. Namun, mereka tidak berposisi murni sebagai bek tengah.

Baca Juga: Sabreena Dressler dan 4 Pemain Lain Dipulangkan dari TC Timnas Indonesia

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak