Bolaindonesia

5 Fakta Menarik Jelang Duel Timnas Indonesia vs Kamboja, Tak Pernah Kalah

Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja pada laga perdana Grup B Piala AFF 2020

Irwan Febri Rialdi

Gelandang timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (kedua dari kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Taiwan dalam laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam WIB. [PSSI]
Gelandang timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (kedua dari kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Taiwan dalam laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam WIB. [PSSI]

Bolatimes.com - Sejumlah fakta menarik tersaji menjelang pertandingan antara timnas Indonesia versus Kamboja pada laga babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020.

Menurut jadwal, duel antara timnas Indonesia melawan Kamboja akan diselenggarakan di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021).

Menjelang pertandingan ini, ada beberapa catatan menarik yang patut diperhatikan menjelang duel antara kedua tim tersebut.

Catatan-catatan ini meliputi rekor pertemuan, sejarah kedua tim, hingga kondisi terbaru skuad Kamboja pada Piala AFF 2020.

Berikut Bolatimes.com menyajikan fakta-fakta menarik menjelang pertandingan antara timnas Indonesia melawan Kamboja di Piala AFF 2020.

1. Kamboja Jadi Lumbung Gol Timnas Indonesia

Dalam catatan pertemuan kedua tim, gawang Kamboja selalu menjadi bulan-bulanan timnas Indonesia saat mereka bertanding.

Bisa dibilang, Kamboja menjadi salah satu lumbung gol skuad Garuda saat keduanya berjumpa dalam berbagai ajang.

Pasalnya, laga antara Indonesia versus Kamboja sering kali diwarnai dengan skor akhir dengan margin gol yang sangat mencolok.

Setidaknya, lima kemenangan terbesar timnas Indonesia atas Kamboja pernah terjadi dengan skor 7-0, 9-2, 8-0, hingga 10-0.

Skor yang disebut terakhir itu terjadi saat timnas Indonesia dan Kamboja berjumpa pada ajang SEA Games 1995. Saat itu, skuad Merah Putih sukses menang sepuluh gol tanpa balas.

2. Timnas Indonesia Tak Pernah Kalah dari Kamboja

Sepanjang catatan sejarah, timnas Indonesia dan Kamboja sudah pernah berjumpa sebanyak 16 kali di berbagai ajang.

Dari seluruh pertemuan itu, timnas Indonesia memiliki catatan yang sangat impresif ketika berjumpa Kamboja. Sebab, tak ada satu pun kekalahan yang dialami skuad Merah Putih dari Kamboja.

Merujuk pada data yang dimuat 11v11, 15 pertandingan dari 16 kali pertemuan timnas Indonesia melawan Kamboja berakhir dengan kemenangan. Sementara itu, satu laga sisanya berakhir imbang.

3. Kamboja Diasuh Pemain Legendaris

Pada Piala AFF 2020, timnas Kamboja bakal berada di bawah asuhan mantan pemain timnas Jepang, Keisuke Honda. Dia akan bekerja sama dengan Ryu Hirose.

Sebelum menjadi pelatih, Keisuke Honda merupakan pemain asal Asia yang sukses menancapkan kariernya di beberapa klub besar Eropa.

Dia tercatat pernah memperkuat tim-tim seperti CSKA Moscow hingga AC Milan. Bersama I Rossoneri, lelaki berusia 35 tahun ini pernah mempersembahkan gelar Supercoppa Italiana 2016.

4. Catatan Buruk Kamboja jelang Piala AFF 2020

Setelah Ryu Hirose ditunjuk sebagai pelatih menemani Keisuke Honda, timnas Kamboja tak kunjung mendapatkan hasil yang memuaskan.

Satu-satunya hasil positif yang diraih Kamboja ialah ketika mengikuti ajang play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Saat menghadapi Guam pada dua leg, Kamboja sukses menyapu bersih seluruhnya dengan kemenangan, yakni dengan skor 2-1 pada leg pertama, dan 1-0 pada leg kedua.

Sementara pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Ryu Hirose gagal membawa Kamboja menjadi tim yang disegani.

Sebab, Kamboja di bawah asuhannya menelan tiga kekalahan beruntun dengan skor yang terhitung mencolok, yakni kalah 0-8 dari Bahrain, 1-4 dari Iraq, dan dihajar sepuluh gol tanpa balas oleh Iran.

5. Kamboja Tak Punya Pemain yang Berkarier di Luar Negeri

Timnas Kamboja telah membawa 30 nama pemain untuk tampil pada kejuaraan Piala AFF 2020. Dari 30 nama tersebut, tak ada satu pun pemain Kamboja yang berkarier di luar negeri. Seluruhnya berkompetisi di liga lokal.

Klub-klub yang menyumbang pemain terbanyak untuk timnas Kamboja ialah Visakha FC, Prey Veng FC, Boeung Ket FC, Preah Khan Reach Svay Rieng FC, Phnom Penh Crown FC.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini