Bolaindonesia

Anggap Remeh Indonesia, Vietnam Pede Bisa Pertahankan Gelar Piala AFF

Vietnam yakin bisa juara lagi di Piala AFF 2020 dengan materi pemain di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Striker Timnas Vietnam U-22, Ha Duc Chinh (nomor 9). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
Striker Timnas Vietnam U-22, Ha Duc Chinh (nomor 9). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).

Bolatimes.com - Sang juara bertahan Piala AFF, Vietnam, yakin bisa mempertahankan gelar di edisi 2020 ini dan terus menjaga reputasinya sebagai yang terbaik di Asia Tenggara.

Vietnam pun mulai serius menyambut Piala AFF 2020 dengan memanggil 33 pemain yang sebagian besar juga bermain di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Setelah gagal mencapai raihan apik di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022, Vietnam pun akan memfokuskan diri ke Piala AFF 2020.

Hal ini terlihat dari keseriusan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) yang mengubah format jadwal kompetisi agar pemain terpilih bisa meninggalkan klub mereka untuk Piala AFF 2020.

Keseriusan ini pun menjadi bukti bahwa Vietnam tak akan main-main dan akan benar-benar menjaga reputasinya sebagai juara bertahan Piala AFF.

"Kami adalah juara bertahan Piala AFF, jad reputasi dan citra kami harus dipertahankan," ujar Tran Quoc Tuan selaku Wakil Presiden VFF.

Vietnam pun pede bisa menjaga reputasi itu. Apalagi secara status, saat ini Pasukan The Golden Warriors arahan Park Hang-seo merupakan negara sepak bola terbaik di Asia Tenggara.

Bersama Thailand, Vietnam menjadi unggulan teratas masing-masing grup dan jadi unggulan pertama  untuk menjuarai Piala AFF 2020.

Tanda ini bisa menjadi alarm bahaya bagi Indonesia dan Shin Tae-yong yang berhasrat mengakhiri puasa gelar di Piala AFF 2020.

Sejak Piala AFF digelar pada tahun 1996, Indonesia belum sekalipun menjadi juara. Pencapaian terbaik skuad Merah Putih hanyalah sebagai Runner Up saja.

Pembagian Grup

Piala AFF 2020 sendiri akan digelar pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. 10 negara peserta pun telah terbagi dalam dua grup yakni grup A dan grup B.

Untuk grup A akan diisi oleh tuan rumah Singapura yang kemudian disusul oleh Thailand, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

Sedangkan Indonesia tergabung di grup B dan akan menghadapi lawan berat seperti Vietnam, Malaysia, Laos dan Kamboja.

Nantinya, masing-masing juara dan Runner Up grup akan melaju ke babak semifinal yang berlangsung dua leg untuk berebut tiket ke final.

Piala AFF 2020 sendiri akan diselenggarakan di satu tempat saja, yakni Singapura. Dua stadion terpilih sebagai tempat penyelenggaraan yakni Stadion Nasional Singapura dan Bishan Stadium.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini