Boladunia

Ancaman Indonesia di Piala AFF 2020, Thailand Panggil 5 Pemain Luar Negeri

Thailand bakal tampil dengan skuat terbaik di Piala AFF 2020.

Rauhanda Riyantama

Gelandang Timnas Thailand, Tae Jaroensak Wonggorn. (Instagram/@taejaroensak_11)
Gelandang Timnas Thailand, Tae Jaroensak Wonggorn. (Instagram/@taejaroensak_11)

Bolatimes.com - Usaha timnas Indonesia untuk merengkuh gelar juara di Piala AFF 2020 pun akan bertambah sulit seiring keputusan rivalnya, Thailand, yang memanggil beberapa pemainnya di luar negeri.

Indonesia dalam waktu dekat akan berkecimpung di Piala AFF 2020. Ajang sepak bola terbesar di Asia Tenggara ini akan diselenggarakan 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 mendatang.

Ini akan menjadi keikutsertaan Indonesia yang ke-13 sejak ajang ini digelar pada tahun 1996. Dalam 12 edisi sebelumnya, skuad Garuda belum pernah merasakan gelar juara.

Di edisi ke-13 ini, Indonesia pun menargetkan bisa menjadi juara demi menancapkan diri sebagai salah satu negara sepak bola terbaik di Asia Tenggara.

Sayangnya, keinginan Indonesia ini bisa saja tak tercapai. Hal ini lantaran rival-rival skuad Merah-Putih juga serius dalam menyambut ajang ini.

Salah satunya adalah Thailand. Kampiun terbanyak Piala AFF ini bahkan memanggil pemain-pemainnya yang berkarier di luar negeri.

Hal ini diketahui setelah pelatih timnas Thailand, Mano Polking, memanggil 30 pemain untuk Piala AFF 2020. Dari 30 pemain itu, lima pemain di antaranya berkarier di luar negeri.

Ada Kawin Thamsatchanan yang bermain untuk OH Leuven di Belgia, Chanathip Songkrasin dan Theerathon Bunmathan yang bermain untuk tim J-League, Hokkaido Consadole Sapporo dan Yokohama F Marinos.

Theerathon Bunmathan berduel dengan Hulk. (Karim Jaafar/AFP)
Theerathon Bunmathan berduel dengan Hulk. (Karim Jaafar/AFP)

Lalu dua pemain lainnya adalah Thanawat Suengchitthawon yang bermain untuk Leicester City dan Jonathan Khemdee yang bermain di Denmark bersama Odense BK.

Memang Thailand tak berada dalam satu grup dengan Indonesia. Namun seandainya dua tim lolos dari fase grup, ada kemungkinan kedua negara bertemu di babak gugur.

Tentu pemanggilan ini menjadi kabar buruk bagi Indonesia yang lebih banyak bermaterikan pemain lokal dalam menyambut Piala AFF 2020.

Tak Hanya Thailand

Nyatanya, tak hanya Thailand saja negara Asia Tenggara yang memanggil pemain-pemainnya yang berkarier di luar negeri.

Lawan Indonesia di babak grup seperti Malaysia pun mulai berbenah dan juga dilaporkan memanggil pemainnya yang berkarier di Eropa, salah satunya adalah Ryan Lambert yang bermain di Belanda.

Tak hanya Malaysia, di Piala AFF 2020 Laos pun juga akan diperkuat mantan penyerang Ligue 1 Prancis pada sosok Billy Ketkeophomphone.

Kepastian ini pun didapat setelah Billy dinaturalisasi oleh Laos. Dirinya pun sudah diperkenalkan di Kedutaan Besar Laos untuk Prancis.

Saat ini, Billy tercatat masih bermain di Prancis untuk USL Dunkerque yang merupakan klub kasta kedua Prancis atau Ligue 2.

Dalam kariernya, Billy pernah bermain di Ligue 1 Prancis bersama SCO Angers di musim 2015-2016 hingga 2018-2019.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini